Daftar Domain CO ID yang Mudah dan Murah

daftar domain co id

Banyak perusahaan yang masih belum tahu bagaimana cara daftar domain co id. Sebagaimana diketahui, co id merupakan domain yang memang khusus untuk perusahaan atau usaha berbadan hukum di Indonesia.

Co id merupakan akronim dari Company Indonesia atau jika Anda artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya perusahaan Indonesia. Bagi perusahaan yang ingin membuat website, bisa menggunakan domain dengan ekstensi .co id.

Jumlah pengguna domain ini pun cukup banyak. Berdasarkan data dari PANDI, per Desember 2022 ada sekitar 97.379 pengguna yang memilih domain .co id. Bahkan, jumlah ini merupakan salah satu yang terbanyak, Sob.

Kelebihan Domain CO ID

Co id merupakan salah satu jenis domain ID yang tergolong domain Indonesia. Artinya, domain satu ini hanya khusus berlaku di Indonesia.

Sebenarnya, di negara lain pun ada domain dengan tipe yang sama, hanya saja kodenya yang berbeda. Domain ini memiliki banyak kelebihan yang mungkin belum kamu sadari sebagai seorang pengusaha. Apa sajakah berikut kelebihan domain co id itu?

1. Mendapatkan Kepercayaan

Ketika seseorang atau pengguna internet melihat sebuah website dengan akhiran .co.id, pastinya ada rasa kagum tersendiri karena website tersebut mereka anggap kredibel. Isi konten-konten lebih mendapatkan kepercayaan.

Fakta lainnya, domain satu ini memang banyak perusahaan bonafit yang memilikinya. Sebut saja Shopee, Lazada, IDX, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pengguna internet akan mudah membuka situs dengan ekstensi domain co id.

2. Berpeluang Meraih Ranking Tinggi di SERP

Memang domain bukan faktor terbesar dalam SEO, akan tetapi Google tetap memberikan penilaian website dari domainnya. Bagi kamu yang menargetkan pengunjung Indonesia, domain ini adalah pilihan tepat.

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan Domain .COM vs .ID, Pilih yang mana?

Co id termasuk dalam Country Code Top Level Domain (ccTLD). Mesin pencari lebih mengutamakan website dengan domain tersebut karena lebih relevan dengan pengguna internet di Indonesia.

3. Akses yang Cepat

Jika perusahaan kamu ingin website yang cepat, maka domain co id adalah pilihan terbaik. Sebab, domain ini servernya berada di Indonesia sehingga aksesnya langsung dan lebih cepat.

Selama tidak ada masalah dengan hosting website dan tema yang kamu gunakan ringan, kami bisa pastikan jika website kamu tidak lelet. Sebagaimana yang kita ketahui, kecepatan web merupakan salah satu faktor penting dalam SEO.

Kalau website kamu cepat Google pasti menyukainya dan lebih berpeluang mendapatkan peringkat tinggi di search engine, Sob. Kamu mendapatkan double keuntungan dalam hal ini.

4. Sangat Aman

Co id adalah domain yang aman karena terdaftar di Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Untuk kamu ketahui, PANDI berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Indonesia.

Hal ini membuat website dengan ekstensi domain co id tidak perlu kamu ragukan lagi keamanannya. Karena secara langsung diawasi oleh Kominfo.

Syarat Domain CO ID

Untuk bisa daftar domain co id, ada beberapa syarat yang harus bisa kamu penuhi. Ada beberapa dokumen yang harus kamu serahkan yaitu:

1. Surat Izin Usaha

Bagi kamu yang ingin mendaftarkan domain co id, wajib menyertakan dokumen surat izin usaha. Itulah mengapa domain ini hanya untuk perusahaan.

Surat izin ini bisa SIUP, TDP, Akta Notaris, atau NPWP. Tanpa salah satu dari dokumen tersebut, kamu tidak bisa memperoleh domain satu ini.

Sekalipun kamu mempunyai bisnis jika belum ada surat izin usahanya, tetap saja belum bisa. 

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan Shopify vs WooCommerce, Mana yang Terbaik?

Jadi, jika kamu menginginkannya sebaiknya mengurus surat legalitas usaha terlebih dahulu. Surat ini bisa kamu dapatkan secara online atau melalui notaris.

2. Kartu Tanda Penduduk

Syarat domain co id selanjutnya yaitu KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Sebagaimana kita ketahui, KTP merupakan identitas resmi Warga Negara Indonesia.

Pada dasarnya, domain ini hanya untuk orang-orang Indonesia yang memiliki perusahaan. Orang luar Indonesia tidak akan bisa memiliki domain co id karena tidak ada KTP.

Selain itu, syarat ini sebenarnya membuktikan bahwa domain ini hanya untuk orang yang berusia di atas 17 tahun. Karena syarat kepemilikan KTP di Indonesia harus berusia minimal 17 tahun.

Kalau kamu adalah seorang pengusaha atau wiraswasta yang memiliki izin usaha dan mempunyai KTP, secara administratif sudah memenuhi syarat mendaftar domain co id.

3. Sertifikat Merek

Apabila perusahaanmu mempunyai sertifikat merek, tidak ada salahnya untuk menyertakannya. Namun, persyaratan ini sifatnya opsional. Jika tidak ada pun tidak masalah.

Cara Mendapatkan Domain CO ID

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana supaya bisa memperoleh domain co id? Untuk bisa mendapatkannya, kamu harus menyewa di penyedia domain dan hosting. 

Memang kamu harus menyewa, tidak ada domain apapun dengan sistem sekali beli.

Sistem sewanya adalah minimal satu tahun dan dapat kamu perpanjang jika menginginkannya. Jika kamu tidak memperpanjangnya, maka orang lain berhak untuk mengambil alih.

Berhati-hatilah, jangan sampai Anda membeli di tempat yang salah. Sekarang banyak sekali penyedia domain abal-abal yang bisa merugikanmu. Domain sudah terbeli, tetapi website malah tidak bisa kamu akses.

Pastikan kamu hanya daftar domain co id di perusahaan domain dan hosting terpercaya yaitu Jagoan Hosting. Perusahaan Jagoan Hosting pastinya legal dan terdaftar di PANDI dan Kemenkominfo RI.

Dari proses pembelian sampai penautan ke website bisa dengan Jagoan Hosting. Kamu bisa dapatkan domain co id murah dari Jagoan Hosting.

Cek Konten Lainnya:
12+ Contoh Footer Website, Inspirasi Desain Unik dan Menarik

Cara Cek Domain CO ID

domain id

Sebelum melakukan pembelian domain co id, kamu harus mengecek ketersediannya terlebih dahulu. Misalnya setelah kamu cek domain “dodo.co.id” tidak tersedia, berarti domain tersebut sudah ada pemiliknya.

Untuk mengecek apakah domain co id incaran kamu sudah ada yang memiliki atau belum, kamu bisa mengeceknya lewat website Jagoan Hosting. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama, silakan buka https://www.jagoanhosting.com/domain-id/
  • Cari nama domain yang kamu inginkan di kotak yang tersedia. Pastikan ekstensi domainnya juga kamu tulis, contoh: perusahaanku.co.id
  • Berikutnya, klik cek domain.
  • Jika ada tulisan “domain tersedia”, maka kamu bisa membelinya. Namun, jika tulisannya “domain tidak tersedia” maka kamu harus mencari nama domain lainnya.

Cara Membeli Domain CO ID

harga domain id

Setelah kamu mengecek dan ternyata domain tersebut tersedia, kamu bisa langsung melakukan pembelian. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Setelah mendapatkan domain yang kamu inginkan, klik “amankan sekarang.”
  • Jika kamu baru pertama kali membeli domain, pilih “daftarkan domain baru.” Apabila ingin memindahkan domain dari perusahaan lain ke Jagoan Hosting, pilih “Transfer dari provider lain ke Jagoan Hosting.”
  • Selanjutnya kamu mendapatkan informasi berapa total biaya sewa yang harus kamu bayarkan. Terdiri atas biaya domain dan PPN 11%.
  • Klik “bayar sekarang” lalu selesaikan pembayarannya.
  • Berikutnya, kamu harus mengupload dokumen persyaratan seperti yang sudah kami jelaskan tadi.
  • Setelah semua proses selesai, domain tersebut resmi milik kamu dan bisa langsung dihubungkan dengan website.

Itulah dia informasi mengenai cara daftar domain co id dan persyaratannya. Mari kembangkan bisnismu dengan beli Domain ID termurah dari Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tld adalah
Read More
Apa itu TLD (Top Level Domain)? Contoh & Kelebihannya
TLD adalah bagian akhir pada suatu domain, seperti .com di google.com atau gov.id pada kemenparekraf.gov.id. TLD singkatan dari…
domain termahal
Read More
29+ Domain dengan Harga Termahal di Dunia
Bagi yang masih awam mungkin melihat domain pada website itu seolah hanya sebagai penamaan sehingga tidak dianggap signifikan.…