Domain .Cloud: Ini Keunggulan dan Harganya

domain .cloud

Bagi sebuah website, kehadiran domain memang menjadi hal yang sangat penting. Tipe domain pun sangat beraneka ragam dan bisa kamu pilih sesuai tipe website dan juga kebutuhan. Salah satunya adalah domain cloud (.cloud). 

Domain yang satu ini ternyata memiliki keunggulan tersendiri yang mungkin belum banyak orang ketahui. Lantas, apa kelebihan domain .cloud itu? Berapa harga yang harus kita bayar jika ingin menggunakannya? 

Berkenalan dengan Domain Cloud (.Cloud) 

Sebelumnya, perlu kamu pahami dulu bahwa domain adalah alamat yang ada di sebuah website. Bentuk domain adalah ringkasan dari alamat IP yang diciptakan untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses sebuah website. 

Jadi ibaratkan sebuah rumah, maka domain adalah alamat dari rumah tersebut. Dalam implementasi dan pemilihan domain, kamu pun tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Mengapa? 

Karena seperti melansir dari laman Domain.com, domain yang kuat bisa meningkatkan kredibilitas website bisnis dan membuatnya berbeda dari website-website biasa lainnya. 

Selain itu, domain yang bagus juga akan meningkatkan brand awareness dan menarik lebih banyak konsumen. Ada banyak sekali contoh domain yang selama ini umum kamu temui, seperti .com, .id, .net, .edu, .gov, hingga .cloud. 

.cloud adalah salah satu jenis dari generic Top Level Domain (gTLD) dan diperkenalkan pada tahun 2015 silam. Penggunaan domain ini banyak terkait pada layanan teknologi atau layanan yang berkaitan dengan cloud. 

Pihak yang mengelola domain cloud adalah anak perusahaan Aruba S.p.A yang merupakan perusahaan besar asal Italia. Perusahaan ini bergerak di bidang layanan cloud dan juga hosting web. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu jQuery? Kenali Fungsi, Cara Menggunakan dan Contoh

Adanya ekstensi .cloud, menjadi bukti bahwa perusahaan ini adalah salah satu penyedia layanan hosting terbesar yang ada di Eropa. 

Keunggulan .Cloud Domain 

Pada implementasinya, penggunaan .cloud sebagai domain pun memiliki banyak keunggulan yang belum tentu kamu dapatkan dari domain lainnya. Berikut adalah berbagai keunggulan tersebut:

1. Jangkauan Global 

Menggunakan domain .cloud sangat cocok untuk audiens atau pengunjung website internasional. Terutama jika memang bisnis yang kamu miliki menawarkan layanan cloud dalam skala yang besar. 

2. Ketersediaan Domain 

Memang tidak bisa dipungkiri, adanya ekstensi domain cloud masih relatif baru daripada berbagai ekstensi domain lainnya. Seperti .net, .org, .com, .org, dan lain sebagainya. 

Akan tetapi, hal ini juga bisa memberikan keuntungan karena artinya ketersediaan domain ini masih lebih banyak daripada domain-domain tersebut. Jadi, kamu bisa menggunakannya dengan lebih mudah dan bebas. 

3. Relevansi Industri 

Penggunaan domain cloud juga sangat ideal bagi berbagai bisnis atau layanan yang terkait dengan teknologi. Terutama bagi yang bergerak di bidang teknologi penyimpanan awan atau cloud. 

Dengan menggunakan ekstensi .cloud, website yang kamu miliki bisa tampil jauh lebih relevan baik dari segi reputasi ataupun kredibilitas. 

Harga .Cloud Domain 

harga domain .cloud

Mengingat perannya yang sangat penting bagi sebuah website, memang sudah sewajarnya kita membeli ekstensi domain. Nah, jika kamu tertarik untuk membeli domain .cloud untuk website, maka Jagoan Hosting adalah tempatnya. 

Jagoan Hosting menyediakan lebih dari 200 pilihan domain murah yang bisa membantu meningkatkan eksistensi dan visibilitas online. Berbagai domain tersebut juga hadir dengan harga yang beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan budget. 

Harga domain cloud di Jagoan Hosting adalah Rp399.000. Baik untuk domain register atau transfer, harganya tetap sama. Dengan harga tersebut kamu bisa mendapatkan ekstensi domain .cloud untuk kebutuhan website. 

Cek Konten Lainnya:
3 Tips untuk Remote Worker Biar Kerja Tetap Optimal!

Dapatkan Domain .Cloud di Jagoan Hosting 

domain

Cara membeli domain di Jagoan Hosting pun sangat mudah dan cepat, lho. Bahkan, kalau kamu pemula pun tidak perlu khawatir akan merasa kebingungan. Inilah cara membeli domain di Jagoan Hosting selengkapnya:

  1. Silahkan kunjungi halaman Domain TLD dari Jagoan Hosting
  2. Setelah itu, klik menu Domain dan pilih domain sesuai dengan kebutuhanmu. Disini tersedia banyak sekali pilihan domain mulai dari .com, .id, .net, .org, .co.id, .sch.id, dan lain sebagainya. Dalam hal ini kamu bisa langsung memilih ekstensi .cloud jika ingin membeli domain tersebut.
  3. Jika sudah, klik tombol berwarna merah muda di domain yang sudah kamu pilih.
  4. Kemudian lakukan pengecekan apakah domain yang kamu mau tersedia atau tidak. Jika tersedia, maka klik amankan domain.
  5. Setelah itu, klik tombol Lakukan Review Order. Di tahap ini, sebaiknya lihatlah detail harga dengan seksama karena biasanya akan ada PPN yang harus kamu bayarkan. 
  6. Apabila sudah, lanjutkan dengan mengisi data pembelian secara manual atau bisa juga dengan langsung login member dari Jagoan Hosting.
  7. Kemudian, kamu bisa melanjutkan tahap berikutnya yaitu melakukan pembayaran. Silahkan bayarkan biaya domain sesuai dengan nominal yang muncul pada invoice.
  8. Setelah pembayaran selesai, maka kamu pun sudah berhasil membeli domain cloud di Jagoan Hosting. 
  9. Kamu bisa mengecek statusnya secara berkala dengan cara login member Jagoan Hosting dan pilih menu Layanan kemudian klik opsi Domain.
  10. Nantinya disitu akan muncul status domain yang kamu beli. Apakah sudah Active, Expired, Pending, ataupun Cancelled. Mudah bukan?

Itulah informasi mengenai domain cloud lengkap dengan harga dan cara untuk membelinya. Dengan informasi ini diharapkan kamu bisa menggunakan domain ini sesuai dengan kebutuhan website yang kamu miliki.

Cek Konten Lainnya:
HTML: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara membuat website
Read More
Cara Membuat Website Sendiri dari Nol Tanpa Coding
Ingin memiliki sebuah website, tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Well, cara membuat website sebetulnya sangat mudah, Sob.…
biaya harga hosting
Read More
Biaya Harga Hosting & Domain Website di 2024 (Terupdate)
Untuk mengoperasikan website, diperlukan layanan hosting. Hosting website berperan sebagai tempat penyimpanan data. Untuk memilih penyedia web hosting…