Domain AC ID: Arti, Contoh, Syarat dan Cara Mendapatkan

domain ac id

Bagi kamu yang ingin membuat perguruan tinggi, penting sekali memiliki domain ac.id. Ini bukan sekedar supaya tampak keren tapi ada manfaat lain yang jauh lebih penting. Apa sajakah manfaatnya? Kamu akan temukan jawabannya dalam artikel ini. 

Tunggu dulu di  sini tidak membahas itu saja tapi lebih jauh juga akan membahas bagaimana cara mendapatkan domain ac. id. tersebut :

Definisi Domain .AC. ID.

Domain ac.id merupakan domain tingkat atas yang dipakai secara khusus dalam website yang dimiliki oleh perguruan tinggi di  Indonesia. Dengan kata lain suatu website perguruan tinggi baru bisa dikatakan resmi hanya jika sudah tersemat ac.id di bagian akhir alamat website-nya. 

Oleh karena sebagai salah satu tanda legalitas maka tentu saja memperoleh ac.id. tidak akan semudah .com maupun .co.id. Kamu harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu dulu. Apa sajakah itu? Nanti akan dibahas pada poin tersendiri.   

Mengapa Penting Bagi Perguruan Tinggi Memiliki Domain. AC. ID?

Kira-kira di masa sekarang yang sudah serba digital, apakah seharus itu memiliki website yang berlabel ac.id? Tidak bisakah pakai domain lain yang lebih tidak ribet pengurusannya?

Jawabannya adalah tidak bisa karena RNA menjelaskan beberapa fungsi yang krusial dari  domain ac id untuk apa : 

1. Sebagai Media Informasi Kampus

Dengan adanya website resmi maka mahasiswa sekarang tidak perlu lagi harus mendatangi instansi untuk mencari informasi seputar kampus. Cukup pakai smartphone, buka website, kamu bisa lihat-lihat informasi yang kamu mau sambil rebahan.   

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Aged Domain? Cara Cek dan Mencarinya

Pengaruhnya yang membuat pensosialisasian suatu informasi menjadi semakin efisien, membuat domain ac.id merupakan langkah yang tepat. Fungsi ini sangat terasa jika menyangkut informasi-informasi yang krusial seperti :  

  • Informasi pendaftaran mahasiswa baru 
  • Informasi penurunan UKT
  • Kalender akademik, dan lain sebagainya.

2. Mengenalkan Aktivitas Kampus 

Tidak berhenti pada penyampaian informasi kampus saja. Website domain ac.id pada perguruan tinggi juga amat bermanfaat terutama bagi mahasiswa baru yang ingin mengenal mereka lebih dalam situs web universitas dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mengenalkan aktivitas kampus. 

Contohnya seperti acara-acara apa saja yang pernah diselenggarakan, aktivitas sosial yang pernah universitas lakukan untuk berkontribusi bagi lingkungan, dll. 

Dengan kata lain adanya website resmi turut menjadi media untuk meningkatkan branding universitas itu sendiri. 

3. Meningkatkan Kredibilitas Kampus

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa domain ac.id menjadi penanda bahwa website tersebut memang resmi dimiliki perguruan tinggi bersangkutan. Hal ini menjadi begitu penting mengingat di masa sekarang banyak hoax yang beredar dan bisa menjatuhkan nama baik individu maupun lembaga tertentu.

Maka dari itu ac.id  akan menjadi rambu-rambu yang pasti buat user untuk memastikan dan percaya bahwa yang mereka akses itu website yang benar. 

Manfaat dari nomor 1 dan 2 sampai kapanpun tidak akan bisa diperoleh jika sedari awal user sulit untuk percaya keaslian website tersebut.  

Syarat Domain AC. ID.

Berikut bagi kamu yang ingin membuat domain ac.id, jagoan hosting  menyebut inilah beberapa persyaratan yang wajib kamu penuhi : 

  • KTP Republik Indonesia
  • SK Pendirian Lembaga dari Kementerian/Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan Perundang-Undangan.
  • Surat Keterangan Rektor atau Pimpinan Lembaga.

Mengapa Harus Ribet-Ribet Memenuhi Syarat-Syarat Itu ?

Mau tidak mau bagi yang ingin memperoleh domain tersebut harus mau repot mengurus persyaratannya karena tujuannya adalah

  • Menghindari Pelanggaran Hukum: sebenarnya bisa saja memperoleh ac.id tanpa memenuhi syarat-syaratnya. Namun ke depannya sangat berpotensi memperoleh tuntutan  pelanggaran hukum dan pencabutan izin domain.
  • Mempertahankan Kredibilitas:  membantu lembaga pendidikan mempertahankan kredibilitasnya dalam mata masyarakat dan dunia pendidikan.
  • Menghindari Sengketa: Memahami dan memenuhi syarat-syarat ini dapat menghindari sengketa yang mungkin timbul seiring waktu.

Cara Daftar Domain AC. ID

domain ac id

Setelah tahu persyaratannya, maka tunggu apalagi segera beli domain ac id-mu sendiri dengan beli lewat Domain ID di Jagoan Hosting. Daftarkan dirimu dengan mengikuti prosedur-prosedur ini : 

  1. Langkah pertama dalam Aktivasi Domain ID silahkan login ke member area, masukkan email dan password member Sobat Jagoan yang valid
  2. Ketika sudah berhasil login, pilih salah satu menu “Domain” lalu pilih Nama Domain terkait yang statusnya masih Pending, pastikan domain yang kamu pilih adalah domain .ac.id.
  3. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman Manage Overview Domain. Silakan kamu langsung saja pilih menu Upload Document yang ada pada menu sebelah kiri.
  4. Selanjutnya kamu  akan diarahkan ke halaman Upload Persyaratan, dengan langkah-langkah ini :
    • Klik “Choose File”, untuk upload dokumen persyaratan
    • Pilih Tipe Dokumen
    • Isikan nama File, misal KTP / SIUP, dst.
    • Cara Aktivasi Domain ID dengan Mudah
    • Upload Dokumen Persyaratan
    • Klik tombol “Submit” untuk mengunggah dokumen persyaratan domain Sobat Jagoan.
  5. Akhirnya silahkan tunggu hingga ada informasi status domain melalui email.
Cek Konten Lainnya:
Apa itu MVC? Manfaat & Contohnya pada Framework

Contoh Domain AC. ID.

Perguruan tinggi mana saja yang menggunakan domain ini untuk websitenya? Berikut beberapa di antaranya

1. UGM

Universitas Gadjah Mada atau UGM adalah perguruan tinggi yang memiliki situs web resmi. Situs web tersebut menggunakan domain ac.id serta mendapat peringkat teratas hasil pencarian search engine. Situs web tersebut menyajikan banyak sekali informasi seputar kampus. Mulai dari sejarah berdirinya universitas, jumlah mahasiswa, pengabdian mahasiswa, hingga penelitian – penelitian yang telah dan sedang dilakukan oleh mahasiswa UGM. 

2. UI

Universitas Indonesia atau UI adalah salah satu universitas populer yang diminati banyak orang. Banyak sekali siswa siswi sekolah menengah atas bermimpi untuk dapat meneruskan jenjang pendidikannya di Universitas Indonesia.

Dengan kepopulerannya atas kualitas pendidikan yang berkualitas, Universitas Indonesia tentu saja memiliki situs web kampus resmi mereka. Disana kamu dapat menemukan banyak berita seputar kampus, informasi akreditasi kampus baik nasional maupun internasional.

3. IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) juga memiliki situs web resmi mereka sendiri. Situs web ini memiliki peringkat tinggi di search engine juga. Disana kamu dapat menemukan berbagai informasi seperti pendaftaran, program studi, fasilitas, dan pretasti.

Kamu juga dapat melihat kehidupan kampus IPB pada situs web institut ini. Bagi mahasiswa, mereka juga dapat melihat kalender akademik, jadwal kuliah, organisasi hingga pusat layanan mahasiswa.

Jadi kesimpulannya domain ac.id memang hanya khusus untuk perguruan tinggi. Lembaga pendidikan lain seperti SD, SMP, SMA tidak bisa menggunakan itu karena memang pihak yang dapat memenuhi syarat pendaftaran domain khusus perguruan tinggi saja. 

FAQ

1.  Bagaimana cara mendaftar domain .ac.id?

  • Kunjungi situs resmi PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) atau registrar resmi lainnya.
  • Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan.
  • Unggah dokumen-dokumen yang diperlukan.
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran.
  • Tunggu verifikasi dan persetujuan dari PANDI atau registrar.
Cek Konten Lainnya:
Perbedaan Domain .COM vs .ID, Pilih yang mana?

2. Berapa biaya pendaftaran domain .ac.id?

Biaya pendaftaran domain .ac.id bervariasi tergantung pada registrar yang digunakan. Umumnya, biaya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per tahun. Untuk informasi lebih rinci, disarankan untuk menghubungi registrar resmi.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses pendaftaran domain .ac.id?

Proses pendaftaran domain .ac.id biasanya memerlukan waktu beberapa hari kerja untuk verifikasi dan persetujuan. Jika semua dokumen lengkap dan valid, proses dapat berjalan lebih cepat.

4. Bagaimana cara memperbarui atau memperpanjang domain .ac.id?

  • Mengunjungi situs registrar tempat domain terdaftar.
  • Login ke akun pengguna.
  • Memilih opsi perpanjangan domain.
  • Membayar biaya perpanjangan sesuai dengan periode yang diinginkan.

5. Apa yang harus dilakukan jika domain .ac.id sudah kadaluarsa?

Jika domain .ac.id sudah kedaluwarsa, pemilik domain masih memiliki masa tenggang (biasanya 30-60 hari) untuk memperpanjang domain tersebut. Setelah masa tenggang berakhir, domain dapat dihapus dan tersedia untuk didaftarkan oleh pihak lain.

6. Apakah domain .ac.id dapat dipindahkan ke registrar lain?

Ya, domain .ac.id dapat dipindahkan ke registrar lain. Proses transfer biasanya melibatkan:

  • Meminta kode otorisasi (EPP code) dari registrar lama.
  • Melakukan pendaftaran transfer di registrar baru dengan kode otorisasi tersebut.
  • Membayar biaya transfer (jika ada).
  • Menunggu proses verifikasi dan persetujuan.

7. Bagaimana cara mengubah informasi kontak atau data registrasi domain .ac.id?

  • Login ke akun pengguna di situs registrar tempat domain terdaftar.
  • Mengakses pengaturan atau manajemen domain.
  • Mengubah informasi yang diperlukan dan menyimpan perubahan.
  • Beberapa perubahan mungkin memerlukan verifikasi tambahan atau persetujuan dari registrar
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
memilih nama domain
Read More
10+ Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website
Tips memilih nama domain adalah salah satu langkah penting yang perlu diperhatikan dalam membangun website untuk brand.  Pasalnya,…
kelebihan domain my id
Read More
7 Kelebihan Domain MY.ID Untuk Website, Harganya Murah!
Saat akan membangun sebuah website, kamu bisa memilih dan mempertimbangkan kelebihan domain MY.ID untuk memperkuat representasi diri. Domain…