Domain email — Di zaman seperti sekarang ini, siapa sih yang nggak pernah menggunakan email? Email sudah menjadi salah satu sarana komunikasi yang paling banyak digunakan. Mulai dari untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, hingga kenegaraan. Email menjadi salah satu sarana komunikasi yang universal dan bisa digunakan di seluruh belahan dunia.

Untuk beberapa kalangan, email menjadi sarana komunikasi utama. Untuk beberapa kalangan lainnya, email hanya menjadi salah satu media komunikasi untuk keperluan-keperluan tertentu saja. Bagi kalangan ini, email gratis menjadi alternatif yang sudah pas. Semua fitur dasar bisa diakses secara mudah dan gratis.

Untuk aktivitas yang nggak begitu banyak, email gratis memang sudah cukup. Namun, untuk kalangan-kalangan yang perlu mengakses dan melakukan banyak kegiatan via email pasti memerlukan email yang berbeda. Bukan lagi email yang gratis, tapidomain email pribadi. Bisa berupa domain bisnis, pendidikan dan lain-lain.

domain email perusahaan
gambar dari unsplash

Lalu, apa sih yang membedakan domain email bisnis dan email gratis?

Akun email dengan nama domain perusahaan

Akun e-mail gratis yang biasa kamu gunakan memiliki domain yang umum seperti (nama)@gmail.com atau (nama)@yahooo.com. Beda dengan domain email khusus yang biasa digunakan untuk keperluan bisnis, pendidikan atau keperluan lainnya. Domain email khusus ini merupakan personalized domain email yang nama domainnya bisa disesuaikan dengan nama bisnis kamu. Contoh domain email ini adalah (nama)@namaperusahaan kamu.com. Misalnya nih [email protected] atau [email protected] Sebagai penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia, tentu Jagoan Hosting juga menggunakan domain email bisnis.

Fitur dasar vs fitur lengkap

Namanya juga gratis, Sob. Sudah jelas jika fitur yang kamu dapatkan dari email gratis berbeda dengan fitur yang bisa kamu nikmati di email bisnis. Kalau kamu hanya perlu mengakses email untuk keperluan-keperluan yangs ederhana, fitur dasar yang ada di email gratis sudah cukup. Namun, berbeda jika kamu mengelola bisnis dan perlu melakukan banyak kegiatan menggunakan email seperti contohnya email blast yang sering digunakan untuk pemasaran. Fitur-fitur tambahan ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan yang menggunakan sistem berbayar.

Satu akun vs banyak akun

Salah satu kelebihan personalized domain dan hosting email bisnis adalah jumlah akunnya. Pada email gratis seperti gmail atau yahoo, kamu cuma bisa mendaftar satu akun email. Ini berbeda dengan email bisnis. Satu domain email bisa digunakan untuk ratusan bahkan ribuan akun e-mail.

Contohnya nih, Sob!

[email protected]

Penyimpanan kecil vs penyimpanan besar

Untuk keperluan pribadi, ruang penyimpanan sebesar 15 GB mungkin terasa cukup. Namun, kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB tidak akan cukup untuk bisnis. Apalagi kalau bisnis kamu sudah sekelas B2B yang sangat bergantung pada kestabilan email. Kalau ini sudah wajib pakai email bisnis, bukan e-mail gratisan lagi.

Tanpa branding vs dengan branding

Domain email bisnis bisa menjadi ladang promosi gratis. Setiap kegiatan yang dilakukan menggunakan email ini mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan atau badan usaha kamu, Sob. Dengan menggunakan email khusus, branding bisnis kamu akan lebih kuat dan terlihat semakin terpercaya. Nggak cuma itu, Son. Profesionalisme bisnis kamu akan lebih terasa dengan email bisnis ini.

Out of control vs under control

Email bisnis bisa memudahkan kamu untuk mengelola akun dan kegiatan para karyawan kamu, Sob. Jadi, kamu bisa mengontrol akun-akun tersebut secara terpusat. Nggak perlu lagi cek satu per satu. Itu dia, Sob, perbedaan email bisnis dengan email gratis. Sudah paham kan kira-kira kamu perlu yang mana?

Untuk Anda yang butuh email dengan nama domain sendiri, Jagoan Hosting punya layanan email hosting yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.Hanya dengan harga 15 ribu rupiah, Anda bisa fleksibel memilih paket email hosting dengan kapasitas penyimpanan dan jumlah pengiriman email yang besar. Mulai dari 15GB atau 25GB per akun, dengan 300 pengiriman per hari/akun. Selain itu, Anda juga bisa menambah kapasitas penyimpanan s/d 50GB kalo masih kurang.Tunggu apalagi? Bangun kredibilitas bisnis lebih mudah dengan email bisnis dari Jagoan Hosting.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like