Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Ketahui 5 Hal Dasar Ini Sebelum Membangun Startup

Saat ini bisnis startup memang sedang digandrungi, terlebih startup yang berbasis dengan teknologi. Bisa dibilang startup memang mampun menghasilkan beragam solusi kreatif terhadap masalah yang sedang terjadi di masyarakat. Dari startup-startup ini pun, akhirnya pekerjaan manusia di zaman sekarang bisa lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.

Akhirnya banyak orang berlomba-lomba membangun startup. Perlu diketahui bahwa membangun startup itu sebenarnya tidak mudah, lho. Prosesnya begitu panjang dan melelahkan. Selain itu, risiko kegagalan juga bisa terjadi jika startup yang dibangun tidak diimbagi dengan eksekusi yang tepat. Tentu hal ini bisa menjadi sia-sia bukan? Bagi Anda yang merasa tertarik ingin membangun sebuah startup, sebaiknya perhatikan beberapa hal dasar berikut ini sebelum terjun langsung ke dunia startup yang perubahannya begitu cepat dan dinamis. Ada beberapa tips bisnis teknologi yang perlu Anda ketahui juga.

1. Menciptakan ide yang beragam

Anda bisa mulai mencari beragam ide yang muncul di dalam otak. Ingat, pada saat satu ide startup dirasa tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba ide lainnya. Jadi jangan langsung menyerah begitu saja ya. Anda bisa mencari ide lain yang menarik, namun tentunya ide tersebut harus memiliki potensi untuk berkembang juga. Lebih idealnya saat Anda berniat untuk terjun ke bidang ini, maka Anda juga memiliki ide yang beragam sebagai cadangan apabila ide awal tidak bisa berjalan dengan baik.

2. Memulai secepatnya

Jangan menunda ide Anda dalam waktu yang lama. Bisa saja ide Anda dieksekusi orang lain lebih dulu. Tentu apapun ide Anda, kemudian seberapa rumit produk tersebut diluncurkan, Anda tetap harus segera melakukan eksekusi. Anda harus menikmati proses yang ada. Berhasil atau tidaknya startup terseut akan ditentukan oleh usaha Anda.

3. Mendirikan bersama dengan rekan berkompeten

Sebaiknya bisnis dimulai bersama dengan rekan yang memang Anda anggap berkompeten. Jadi jangan seorang diri saja agar startup ini bisa lebih cepat berkembang. Siapa tahu rekan bisnis Anda ini nantinya bisa menutup kekurangan Anda. Coba ajak rekan kerja, teman, keluarga, atau siapa saja yang memang mampu dan bisa dipercaya. Rekan Anda ini bisa menyumbangkan ide, pendanaan, kreativitas, hingga tenaga.

4. Melakukan promosi yang jitu

Pada saat produk yang Anda miliki sudah siap untuk diluncurkan, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah melakukan pemasaran secara masif. Tentu promosi ini harus tepat sasaran. Anda bisa memulainya dengan cara memanfaatkan media sosial, melakukan pendekatan dengan media, iklan berbayar, hingga email marketing.

5. Pilih lokasi strategis

Anda bisa mencari lokasi yang paling strategis untuk startup yang ingin Anda bangun. Misalnya saja di tengah kota. Mengapa lokas harus strategis? Di pusat kota Anda bisa mempromosikan barang dan layanan secara langsung kepada target pasar. Selain itu, aksesnya pun lebih mudah dijangkau. Jika Anda belum memiliki banyak dana untuk membeli lokasi, Anda bisa menyewa terlebih dahulu atau menggunakan coworking space.

Itu tadi beberapa hal-hal dasar yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun startup. Tentu 5 hal ini menjadi patokan Anda sebelum memulai bisnis ini. Selain itu, sebelum memulai bisnis startup, sebaiknya Anda selalu update startup Indonesia. Anda bisa menjalin relasi dengan founder-founder startup lainnya, banyak membaca berita startup, update teknologi terbaru, hingga mencari mentor yang tepat. Tentu hal ini juga bisa bermanfaat bagi perkembangan startup milik Anda di masa mendatang. Selamat mencoba!

 

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +