WordPress emang jadi jujukan para freelance untuk unjuk gigi dengan portofolio terbaiknya. Baik kamu seorang penulis atau content writer, seorang developer, UI/UX designer, hingga sekadar mau memasarkan barang dagangan online kamu, WordPress bisa memfasilitasi semua jenis website tersebut! Jangan sampai kamu nggak bisa pamer keahlian kamu dan mati gaya saat ditanya klien.

Karena itu memiliki website pribadi menjadi sebuah kebutuhan utama bagi para freelancer keren seperti kamu. Salah satu langkah utama untuk memulai website pribadi adalah memilih hosting terbaik untuk WordPress kamu. Emang hosting apaan sih?

memilih hosting terbaik untuk wordpress
gambar dari unsplash

Kenali dulu apa itu hosting, ya!

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa sih sebuah website itu bisa ada di dunia maya alias internet? Ternyata ada beberapa kebutuhan yang harus dimiliki agar website tersebut bisa online. Nah tempat menyimpan kebutuhan-kebutuhan tersebut adalah hosting.

Hosting bisa dibilang adalah sebuah tanah rumah yang akan diisi segala hal yang diperlukan untuk ‘hidup’ atau online di dunia maya. Tampilan rumah kamu inilah yang muncul sebagai website, dengan domain atau address sebagai alamat rumah kamu.

Bagaimana caranya memilih hosting paling oke?

Ingat, hosting yang bagus menentukan apakah website kamu mudah diakses atau malah lemot! Jangan sampai kamu menyesal belakangan karena memaksakan diri membeli hosting yang tidak sesuai. Maka dari itu, kamu perlu memilih hosting terbaik untuk wordpress.

Berikut adalah pertimbangan untuk memilih hosting terbaik di Indonesia:

Diskspace

Selayaknya drive pada komputer atau laptop, web hosting pun juga harus menyediakan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Nah salah satu poin pentingnya adalah penggunaan SSD sebagai media penyimpanan. Terbukti, SSD 8x lebih cepat daripada HDD, lho!

Apalagi sekarang ada juga NVMe yang berupa sistem penyimpanan cloud alias cloud hosting. Kamu bisa cari tahu lebih lanjut tentang NVMe di Jagoan Hosting yang menyediakan hosting terbaik di Indonesia dengan teknologi paling baru.

Random Access Memory

RAM, seperti yang kita kenal, bertugas menyimpan file sementara dari sebuah website. Kapasitas RAM sangat menentukan seberapa cepat web hosting memproses akses website kita. Jika kamu memaksa untuk menggunakan RAM kecil karena murah, siap-siap saja website kamu akan lemot, ya!

Bandwidth

Bandwidth berpengaruh terhadap seberapa besar transfer data setiap detiknya. Ini artinya semakin besar bandwidth kamu, semakin cepat website kamu untuk diakses! Nggak perlu lagi bete nungguin gambarnya ke-load, ya!

Ini menjadi salah satu faktor penting memilih hosting WordPress terbaik. Pengunjung hanya memiliki waktu kurang dari 3 detik untuk menentukan apakah mereka mau mengakses website kamu. Nggak heran Jagoan Hosting sebagai provider hosting terbaik Indonesia menyediakan bandwidth unlimited!

Entry Process

Entry Process atau EP bertugas untuk menghitung berapa banyak script website yang diproses dalam satu milisekon. Semakin banyak tentu semakin baik. NVMe yang dimiliki Jagoan Hosting bisa memproses 170 script dalam 1 milisekon saja, lho!

Input/Output

Pertimbangan terakhir adalah I/O atau Input Output. Nah aspek ini menentukan seberapa cepat sih upload atau download pada layanan hosting kamu. Sekali lagi, kalau kamu memilih yang kecil, tentu saja berdampak pada performa website kamu, ya!

Sekarang kamu sudah tahu apa saja pertimbangan buat memilih hosting WordPress terbaik, kan? Di Jagoan Hosting, kamu bisa memilih berbagai paket hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan website kamu. Sebagai penyedia VPS dan hosting terbaik di Indonesia, Jagoan Hosting janji nggak bakal mengecewakan kamu!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like