Cara Membuat Server untuk Ujian Online menggunakan VPS

Membuat Server ujian online dengan VPS
Membuat Server ujian online dengan VPS

Permasalahan yang sering ditemui untuk menerapkan ujian berbasis online atau CBT (Computer Based Test) yaitu menyiapkan server. Harga untuk komputer server yang cukup mahal membuat pihak sekolah mengurungkan menerapkan CBT. Padahal CBT memiliki banyak kelebihan diantaranya yaitu menghemat penggunaan kertas dan mengefisienkan waktu dan proses koreksi ujian.

Nah, Artikel ini akan membahas sedikit tentang ujian berbasis online dan solusi untuk sekolah yang ingin menerapkan CBT namun terkendala biaya. Mau tahu informasinya? Yuk simak

Menerapkan Ujian Berbasis Online

Bagaimana menerapkan ujian berbasis online? Untuk menerapkan ujian online membutuhkan banyak persiapan, Mulai dari menyiapkan server yang digunakan untuk melayani peserta ujian hingga menyiapkan koneksi untuk menghubungkan komputer client ke server.

Dalam menerapkan CBT (Computer Based Test) diperlukan sebuah server yang nantinya digunakan untuk melayani peserta ujian. Menentukan server untuk ujian tidak bisa sembarangan, Karena harus menentukan spesifikasi yang tepat untuk melayani peserta ujian.

Selain itu, Kamu harus menyiapkan koneksi untuk menghubungkan antara server dan klien (peserta ujian). Pemilihan perangkat jaringan komputer harus sesuai dengan kebutuhan, Karena pemilihan perangkat jaringan yang salah dapat mempengaruhi transfer data di dalamnya.

Dari sedikit penjelasan diatas mengenai penerapan ujian berbasis online tidak bisa sembarangan, Penggunaan Server dan perangkat jaringan komputer harus sesuai dengan kebutuhan dan membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Jika menggunakan server fisik maka kita harus membeli server fisik dengan spesifikasi  yang mumpuni untuk melayani jumlah siswa yang mengikuti CBT. Selain itu menggunakan server fisik hanya untuk CBT kurang efektif karena harga server yang mahal tidak sebanding dengan penggunaanya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Bandwidth? Fungsi, Contoh & Cara Mengoptimalkan

Nah, Maka dari itu untuk sekolah yang ingin menerapkan ujian berbasis online dan terkendala dengan biaya bisa menggunakan server virtual atau VPS. VPS menjadi solusi untuk menerapkan ujian online dengan biaya yang minim

Membuat Server Ujian Online Menggunakan VPS

VPS menjadi solusi untuk menerapkan ujian online dengan biaya yang minim, Kamu tidak perlu membeli server fisik yang harganya cukup mahal hanya untuk menerapkan CBT. Nah bagaimana membuat server CBT menggunakan VPS? Yuk simak penjelasannya

1. Menentukan Jumlah Peserta Ujian Online

Pertama, Sebelum membuat server ujian untuk CBT kamu harus mengetahui jumlah peserta ujian. Hal tersebut karena jumlah peserta mempengaruhi penentuan spesifikasi server yang akan digunakan.

Dan ketahui juga apakah ujian yang dilaksanakan memerlukan sesi dengan jam berbeda. Jika iya, ketahui jumlah peserta ujian tiap sesinya.

Jika kamu tidak memperhitungkan terlebih dahulu antara jumlah peserta ujian dan spesifikasi server yang digunakan, Maka bisa saja server tersebut tidak mampu untuk melayani peserta ujian karena server mengalami overload dan akhirnya ujian tidak bisa berjalan.

Maka dari itu sebelum menerapkan Computer Based Test kamu harus memperhitungkan terlebih dahulu spesifikasi apa yang sesuai untuk melayani 

2. Menentukan Spesifikasi Server untuk Ujian Online

Karena ujian berbasis online maka tentunya server akan diakses secara bersamaan sesuai dengan jumlah peserta ujian. Nah maka dari itu kita harus memperhitungkan Kebutuhan Processor dan RAM untuk Server.

Untuk perhitungannya sbb :

M = Jumlah user/client aktif

CU = Concurrent User adalah jumlah maksimum pengguna yang berpotensi untuk mengakses (submit) Moodle secara bersamaan. Kebanyakan hanya 10% – 20% dari Jumlah user aktif. Jadi ketika jumlah User Aktif 100 orang, dan concurrent aksesnya 20% maka CU = 100 * 20% = 20 Concurrent. Formula CU = M * 20%

ME = Memory RAM, setiap 1GB RAM dapat melayani 20 Concurrent user, Hal tersebut diluar penggunaan RAM untuk alokasi OS dan Database.

Speed processor = Kecepatan prosesor memiliki beberapa type, SP Type 1 = 1 GHz s/d 2.1 GHz, Untuk Type 2 = 2.1 s/d 3 GHz, dan Type 3 = > 3GHz )

RAM Dasar = Penggunaan Ram Dasar, RD ‘1’  untuk OS berbasis linux tanpa GUI, ‘2’ untuk OS berbasis linux + GUI atau menggunakan Windows)

Formula RAM yang dibutuhkan >= RD + CU  / 20

Contoh Perhitungan Penggunaan Server untuk ujian online

Contoh 1 :

Untuk jumlah user aktif 200 user, dengan menggunakan OS berbasis Linux Server (tanpa GUI) -> RD=1

Kecepatan prosesor = type 1 dengan Core >= 2

Asumsi tingkat concurrent user 20%, maka bisa dihitung jumlah CU = 200 * 20% = 40

RAM yg dibutuhkan >= RD + CU  / 20 = 3 GB ~> 4 GB

Contoh 2 :

Untuk jumlah user aktif 500 user: dengan OS berbasis windows -> RD=2

Kecepatan Prosesor = tipe 2 dengan Core >= 4

Asumsi tingkat concurrent user 20%, maka jumlah CU = 500 * 20% = 100

RAM yg dibutuhkan >= RD + CU  / 20 = 7 GB ~> 8 GB

Dari sini kamu sudah bisa menentukan akan menggunakan spesifikasi server ujian. Tak perlu khawatir menentukan VPS dengan performa yang sangat baik, Karena dengan VPS X dari jagoan hosting kamu bisa mendapatkan semuanya.

Spesifikasi Server untuk Ujian Online
Harga Paket VPS x

VPS X dari jagoan hosting memiliki beberapa paket yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan untuk ujian online kamu. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi laman VPS X. 

3. Instalasi Kebutuhan Ujian Online di Server

Untuk ujian online maka server kamu harus menyiapkan web server kamu bisa menggunakan Apache (LAMP) atau NginX (LEMP). Kamu juga bisa menggunakan DNS jika ingin VPS kamu bisa diakses melalui domain, Jika hanya untuk diakses melalui IP Public maka tanpa DNS juga bisa.

Cek Konten Lainnya:
6 Cara Mengganti Password Wifi Semua Provider dengan Mudah

Setelah semua kebutuhan diatas sudah terpenuhi, Maka kamu menentukan software/aplikasi untuk ujian. Kebanyakan orang menggunakan Moodle, Maka dari itu kamu bisa menggunakan Moodle sebagai software CBT kamu.

Kabar baiknya, Ketika kamu menggunakan VPS X kamu tidak perlu kesulitan instalasi web server, database, moodle, dll. Karena cukup dengan menggunakan fitur Xcube pada VPS X kamu bisa membuat ujian online menggunakan Moodle hanya dengan beberapa klik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai membuat server ujian online menggunakan VPS, Jika ada pertanyaan bisa tinggalkan di kolom komentar.

Buat kamu yang ingin mengonlinekan moodle untuk pembelajaran maupun ujian daring di sekolah, ada solusi Moodle instan dari JagoanHosting.com yang bisa Anda gunakan.

2 comments
  1. Terima kasih untuk artikelnya sangat membantu untuk pemula seperti saya. berkaitan dengan ini sy juga tertarik untuk membuat ujian online untuk murid-murid saya. ada beberapa pertanyaannya : 1. Apakah VPS sudah terinstall OS atau dapat langsung dengan XCUBE sudah dapat menginstall 2. jika menggunakan aplikasi seperti misalnya wordpress apakah sudah tersedia juga fiturnya sehingga yg pemula seperti saya tidak kesulitan ketika menginstal. 3. Jika memang ada tutorial untuk menginstal aplikasi tersebut saya mau terima kasih
    1. 1. Jika menggunakan VPS-X Jagoan Hosting sobat bisa memilih OS sesuai keinginan saat melakukan order VPS, Jika VPSnya ingin digunakan untuk server ujian online maka bisa langsung menginstall Moodle untuk membuat ujian onlinenya, Nantinya pada XCUBE cukup pilih Apps Moodle dan nanti Web Server juga otomatis akan terinstal. Jika ingin berganti OS/apps yang lain bisa memanfaatkan fitur Rebuild VPS 2. Jika menggunakan wordpress biasanya menggunakan bantuan sebuah plugin untuk membuat kuis/soal, Umumnya untuk membuat ujian online menggunakan Moodle karena moodle sendiri sudah dirancang untuk kebutuhan ujian online. 3. Untuk saat ini belum ada tutorial install moodle di Jagoan Hosting, Namun secepatnya akan dibuat untuk tutorial tersebut. Sobat bisa mencari informasi tentang CMS Moodle untuk membuat kelas/ujian online.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
nextcloud
Read More
Nextcloud: Fitur, Fungsi dan Kelebihannya
Melakukan penyimpanan data saat ini menjadi semakin praktis berkat adanya software cloud storage. Lebih mantapnya lagi kini pun…
nslookup adalah
Read More
Apa itu nslookup? Pengertian, Cara Tes dan Fungsinya
nslookup adalah program atau perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk memperoleh informasi tentang server internet. Program ini…