Tips Memilih Cloud Hosting Berkualitas yang Perlu Diperhatikan

Saat ini cloud hosting cukup diminati oleh para pemilik website. Alasannya karena layanan yang satu ini memiliki beberapa keuntungan bagi para penggunanya. Cloud hosting tidak hanya bisa membantu mengurangi biaya pemakaian hardware saja, namun juga bisa menawarkan kecepatan processing yang baik. Kemudian menariknya lagi, waktu downtime juga minimal. Layanan ini juga bisa menangani trafik yang tiba-tiba tinggi pada sebuah situs.

Lalu bagaimana caranya memilih cloud hosting yang berkualitas? Tentu ada beberapa aspek yang perlu Anda pertimbangkan dengan cermat dan berhati-hati sebelum memilih cloud hosting. Terlebih saat ini banyak provider yang menyediakan layanan ini dengan beragam keunggulan yang ditawarkan. Sebelum memutuskan menggunakan cloud hosting, ada baiknya Anda menyimak beberapa beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih cloud hosting terbaik berikut ini yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Memahami kebutuhan sendiri

Anda sebagai pengguna tentu harus memiliki tujuan yang jelas, yakni apa sebenarnya yang ingin Anda capai dari cloud hosting tersebut. Tentu Anda tidak ingin menghabiskan waktu dan uang Anda untuk cloud hosting yang tidak sesuai dengan harapan bukan? Sebaiknya Anda membuat daftar checklist terlebih dahulu, kemudian mulai mencari penyedia cloud hosting tersebut.

Pelayanan yang full

Sebaiknya Anda memilih perusahaan penyedia cloud hosting yang menawarkan support penuh kepada para penggunanya. Sehingga jika ada masalah dengan server tersebut, maka Anda bisa langsung meminta bantuan kepada operator. Pastikan bahwa penyedia layanan ini menyediakan dukungan selama 24 jam.

Cek Konten Lainnya:
Google Event 2017: Home Mini, Pixelbook, Pixel 2 dan lainnya

Memperhatikan load balance

Perlu diketahui bahwa load balance merupakan salah satu aspek yang paling krusial dari layanan cloud hosting ini. Sehingga Anda perlu memastikan bahwa penyedia layanan cloud hosting yang Anda pilih menyediakan backup server apabila server yang satu mengalami masalah. Fungsi dari load balancer ialah membantu mengarahkan pengguna ke server yang aktif.

Mengukur skala

Penyedia cloud hosting memungkinkan pengguna untuk mengukur kapasitas server kapan saja saat  diperlukan. Sehingga jika trafik Anda semakin banyak, maka Anda bisa dengan mudah dan cepat untuk melakukan upgrade server agar mampu menangani trafik yang semakin banyak.

Masalah keamanan yang terjamin

Ingat, keamanan juga merupakan salah satu aspek penting dari cloud hosting yang digunakan. Oleh karena itu, pastikan bahwa penyedia layanan cloud hosting yang Anda pilih memiliki fitur keamanan lengkap dan terjamin.

Melakukan periode evaluasi

Saat Anda memilih layanan cloud hosting, sebisa mungkin pilih yang menawarkan trial gratis terlebih dahulu. Mengapa hal ini penting? Tentu karena hal ini akan membantu Anda dalam memastikan apakah penyedia cloud hosting yang Anda pilih layak untuk dipilih atau tidak.

Mencari tahu kelemahan dan kelebihan setiap penyedia

Hal lainnya yang penting Anda perhatikan ialah masalah keunggulan dan kelemahan dari masing-masing penyedia jasa cloud hosting. Anda bisa mencari tahu dan menggali infomasi sebanyak-banyaknya mengenai hal ini terlebih dahulu, baru bisa membandingkan. Untuk mndapatkan informasi kelebihan  dan kekurangan dari setiap penyedia, Anda bisa masuk ke situs penyedia layanan cloud hosting ini. Kemudian pahami dengan detail apa saja layanan dan fitur yang mereka tawarkan, biasanya sekilas Anda akan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga bisa mencari berbagai testimoni penyedia layanan ini melalui beberapa situs atau forum diskusi. Silakan Anda bandingkan, kemudian putuskan mana yang terbaik.

Cek Konten Lainnya:
Cari Tahu Fitur Terbaru Android Oreo untuk Kamu yang Ingin Selalu Update

Itu tadi beberapa tips memilih cloud hosting terbaik yang perlu Anda perhatikan. Nah, salah satu provider yang menyediakan cloud hosting Indonesia adalah Jagoanhosting.com. Menyediakan segala kebutuhan hosting sebuah website. Mulai dari domain murah sampai dengan cloud hosting untuk website yang digunakan untuk bisnis online maupun portofolio onlinemu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Bitmoji Facebook, Identitas untuk Komunikasi Visual di Smartphone
Profil Facebook adalah kumpulan teks dan foto pada dunia nyata yang dijadikan dalam bentuk pose. Bitmoji bekerja cukup…
Read More
Google Chrome Non HTTPS? Begini Penjelasannya!
Google baru-baru ini mengumumkan, situs non-HTTPS akan ditampilkan sebagai “tidak aman” dalam hasil pencarian di dalam browser Chrome. Pembaruan…