Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
artificial intelligence

Pengetahuan tentang Artificial Intelligence (AI) yang Harus Kamu Tahu

Artificial Intelligence (AI) telah berkembang sangat pesat. Meskipun fiksi ilmiah sering menggambarkan AI sebagai robot dengan karakteristik mirip manusia.

Sebenarnya AI bisa mencakup apa saja, mulai dari algoritma pencarian Google, Watson IBM hingga senjata otonom.

Tapi, sudahkah kamu tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Artificial Intelligence (AI)?

Apa Itu Artificial Intelligence (AI)?

Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi proses kecerdasan manusia yang dilakukan oleh mesin, terutama sistem komputer.

Proses-proses ini termasuk pembelajaran (perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi), penalaran (menggunakan aturan untuk mencapai perkiraan kesimpulan yang pasti), dan koreksi diri.

AI dikategorikan menjadi dua macam yaitu weak AI dan strong AI. Weak AI adalah sistem AI yang dirancang dan dilatih untuk mengeksekusi tugas tertentu. Asisten pribadi virtual, seperti Apple SIRI, adalah contoh weak AI.

Sedangkan strong AI adalah sistem AI dengan kemampuan kognitif manusia secara umum. Ketika disajikan dengan tugas yang tidak dikenal, sistem strong AI akan dapat menemukan solusi tanpa campur tangan manusia.

Bagaimana Artificial Intelligence Bekerja

AI bekerja dengan cara menggabungkan sejumlah besar data dengan pemrosesan yang cepat, berulang dan algoritma cerdas, memungkinkan perangkat lunak untuk belajar secara otomatis dari pola atau fitur dalam data.

AI adalah bidang studi luas yang mencakup banyak teori, metode, dan teknologi, serta subbidang utama berikut:

Machine learning dapat mengotomatiskan pembuatan model analitis.

Ia menggunakan metode dari jaringan saraf, statistik, riset operasi, dan fisika untuk menemukan wawasan tersembunyi dalam data tanpa memrogram ke mana harus mencari atau menyimpulkan sesuatu.

Jaringan saraf adalah jenis machine learning yang terdiri dari unit yang saling berhubungan (seperti neuron) yang memproses informasi dengan menanggapi input eksternal dan menyampaikan informasi antar unit.

Proses ini membutuhkan beberapa lintasan pada data untuk menemukan koneksi dan memperoleh makna dari data tersebut.

Pembelajaran mendalam menggunakan jaringan saraf besar dengan banyak lapisan unit pemrosesan mengambil keuntungan dari kemajuan daya komputasi dan meningkatkan teknik pelatihan untuk mempelajari pola kompleks dalam sejumlah besar data.

Komputasi kognitif adalah subbidang AI yang mengusahakan interaksi alami seperti manusia dengan mesin.

Dengan menggunakan AI dan komputasi kognitif, tujuan utamanya agar mesin dapat mensimulasikan proses manusia dalam menafsirkan gambar dan ucapan, dan kemudian berbicara secara koheren sebagai respons.

Visi komputer bergantung pada pengenalan pola dan pembelajaran mendalam untuk mengenali apa yang ada di gambar atau video.

Ketika mesin dapat memproses, menganalisis, dan memahami gambar, mereka dapat menangkap gambar atau video secara real time dan menafsirkan lingkungan mereka.

Natural Languange Processing (NLP) adalah kemampuan komputer untuk menganalisis, memahami, dan menghasilkan bahasa manusia, termasuk ucapan.

Tahap selanjutnya dari NLP adalah interaksi bahasa alami yang memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari yang normal untuk melakukan tugas.

Selain itu, beberapa teknologi memungkinkan dan mendukung AI adalah sebagai berikut:

Unit pemrosesan grafis adalah kunci AI karena mereka menyediakan daya komputasi yang berat yang diperlukan untuk pemrosesan berulang.

Pelatihan jaringan saraf membutuhkan data besar plus daya komputasi.

Internet of Things menghasilkan sejumlah besar data dari perangkat yang terhubung dan sebagian besar tidak dianalisis.

Mengotomatiskan model dengan AI akan memungkinkan kita untuk lebih banyak menggunakan teknologi tersebut.

API, atau Application Processing Interfaces, adalah paket kode portabel yang memungkinkan untuk menambahkan fungsionalitas AI ke produk dan paket perangkat lunak yang ada.

Algoritme lanjutan sedang dikembangkan dan dikombinasikan dengan cara-cara baru untuk menganalisis banyak data dengan lebih cepat.

Pemrosesan ini adalah kunci untuk mengidentifikasi dan memprediksi peristiwa langka, memahami sistem yang kompleks, dan mengoptimalkan skenario.

Mereka dapat menambahkan kemampuan pengenalan gambar ke sistem keamanan rumah dan kemampuan Q & A yang menggambarkan data, membuat caption dan berita utama, atau menyebut pola dan wawasan menarik dalam data.

Singkatnya, tujuan AI adalah untuk menyediakan perangkat lunak yang dapat memberi alasan pada input dan menjelaskan output yang didapat. AI akan memberikan interaksi seperti manusia dengan perangkat lunak dan menawarkan dukungan keputusan untuk tugas tertentu.

Kegunaan Kecerdasan Buatan

Meskipun beberapa berpendapat bahwa kita mungkin tidak akan pernah mencapai level tercanggih layaknya penggalan film Sci-fi pada skala AI, sebagian besar akan setuju bahwa itu sangatlah mungkin.

Sekarang pun, kamu bisa merasakan kegunaan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari.

Smart Homes dan Perangkatnya

Kini, rumah bisa menjadi jauh lebih pintar dan kamu bisa berterima kasih kepada AI untuk itu.

Hal ini dikarenakan adanya smart devices seperti speaker pintar dan peralatan pintar lain yang mampu mempelajari perilaku kita dari waktu ke waktu dengan tujuan untuk membuat hidup kita jauh lebih nyaman.

Dengan AI sebagai kekuatan penggerak, rumah kamu bisa memprediksi kapan kamu ingin makan, suhu kamar pilihan kamu, kapan harus menyalakan dan mematikan lampu, kapan memesan bahan makanan, dan sebagainya.

Transportasi dan Pengiriman

Munculnya kendaraan otonom dapat dikaitkan dengan AI. Perusahaan seperti Tesla telah memperkenalkan realitas kendaraan yang bisa mengemudi sendiri.

Bahkan kendaraan umum seperti bus atau kereta api bisa menjadi sepenuhnya otonom. Faktanya, banyak perusahaan seperti GE dan Toyota yang telah melakukannya.

Dan jangan lupa bahwa cara kamu menerima paket juga bisa didukung oleh AI. Pasalnya, marketplace seperti Amazon dan Walmart sudah berinvestasi dalam program pengiriman otonom drone.

Media Sosial

Meskipun ada banyak kontroversi di sekitar media sosial, AI memang memengaruhi apa yang kamu lakukan. AI dapat mengambil semua pengalaman masa lalu kamu seperti riwayat web browser, interaksi, dan segala sesuatu yang pernah kamu lakukan dan menyesuaikan pengalaman media sosial kamu sesuai dengan interest kamu.

Contoh Kecerdasan Buatan yang Sudah Digunakan

Di bawah ini merupakan solusi AI yang sudah banyak digunakan saat ini. Semuanya menggunakan machine learning sebagai hal yang sekarang, bukan sesuatu yang seharusnya muncul di masa depan.

SIRI

SIRI adalah salah satu asisten pribadi paling populer yang ditawarkan oleh Apple di iPhone dan iPad.

Asisten wanita yang diaktifkan dengan suara ramah tersebut mampu berinteraksi dengan pengguna pada rutinitas harian.

SIRI bisa membantu kamu menemukan informasi, memberikan arahan, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, membuka aplikasi, dan menambahkan acara ke kalender.

SIRI menggunakan teknologi machine learning untuk mendapatkan pertanyaan dan memahaminya.

Tesla

Tidak hanya smartphone, mobil pun mulai bergeser ke teknologi Artificial Intelligence.

Tesla adalah salah satu mobil terbaik yang tersedia hingga detik ini. Mobil ini tidak hanya mampu mencapai banyak penghargaan tetapi juga menghadirkan fitur canggih seperti mengemudi sendiri, kemampuan prediksi, dan inovasi teknologi absolut.

Jika kamu seorang pecandu teknologi dan bermimpi ingin memiliki mobil seperti yang diperlihatkan dalam film-film Hollywood, Tesla adalah yang kamu butuhkan di garasi kamu.

Netflix

Netflix adalah layanan populer yang menggunakan teknologi prediktif untuk menawarkan rekomendasi berdasarkan reaksi, minat, pilihan, dan perilaku konsumen. Teknologi ini bekerja dengan cara meneliti sejumlah catatan untuk kemudian mampu merekomendasikan film berdasarkan kesukaan dan reaksi kamu sebelumnya.

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +