Mengelola Proyek – Salah satu penyebab gagalnya sebuah proyek adalah karena manajemen proyek yang kurang baik. Sudah pernah dengar istilah manajemen proyek atau project management kan, Sob?

Manajemen proyek sendiri adalah proses sistematis yang digunakan untuk menyelesaikan tugas dalam suatu organisasi. Setiap proyek harus mengikuti rencana-rencana yang telah dirumuskan bersama. 

Sebuah proyek juga tidak bisa dilakukan sendiri, perlu adanya kerjasama tim yang membutuhkan penanggung jawab agar bisa bekerja secara efisien.

Selain itu, dalam manajemen proyek juga memerlukan pimpinan proyek atau manajer proyek yang bertanggung jawab untuk mengelola proyek, mengkoordinasikan pengembangan rencana proyek, serta mengawasi penyelesaiannya selama proses berlangsung. 

Cara yang bisa diterapkan untuk mengelola proyek adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendapatkan manajemen yang lebih sistematis dan praktis.

Kali ini, Jagoan Hosting akan mengulas beberapa cara untuk mengelola manajemen proyek berbasis teknologi informasi, simak caranya di bawah ini, yuk!

1. Mau mengelola proyek dengan efektif? Jangan ragu untuk investasi software ya!

mengelola proyek
Photo by cottonbro from Pexels

Membuat atau memanfaatkan software manajemen proyek bisa menjadi pilihan pertama dalam mengelola proyek agar lebih sistematis.

Software ini bisa memudahkan untuk membuat tahapan-tahapan dalam setiap proyek seperti, memantau progress, mengatur anggaran, mengelola kontrak dengan klien dan lain sebagainya. 

Software manajemen proyek ini seperti, contohnya Microsoft Project Professional, yang merupakan software administrasi proyek yang digunakan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek.

Sehingga, software ini sangat mendukung proses administrasi sebuah proyek lebih sistematis dan rapi. 

2. Memanfaatkan Customer Relationship Management (CRM) dalam mengelola proyek

Setiap manajemen proyek pasti banyak dihubungkan oleh banyak orang bisa mitra, klien maupun stakeholder. Maka dari itu, untuk mengelola manajemen proyek yang lebih sistematis dan praktis bisa menggunakan CRM untuk menyimpan data dan informasi.

Lebih praktis, karena bagi pengelola proyek tidak akan sulit untuk mencari data atau informasi yang dibutuhkan. 

Selain untuk menyimpan data, memanfaatkan CRM juga bisa digunakan untuk melacak database, email marketing, laporan penjualan serta berkomunikasi dengan klien. Sehingga, dengan memanfaatkan CRM Anda bisa menjaga hubungan baik dengan customer atau klien. 

3. Menggunakan aplikasi akuntansi manajemen proyek

mengelola proyek
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Sudah bukan jamannya lagi jika Anda masih mengerjakan akuntansi dengan cara mencatat pada pembukuan besar. Anda bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi untuk mengelola manajemen proyek dalam bidang keuangan. 

Dengan begitu, Anda akan dengan mudah mengelola keuangan, mengatur pengeluaran, memproses tagihan dan pembayaran sampai melakukan manajemen pajak.

Dengan memanfaatkan aplikasi yang berbasis teknologi Anda juga bisa melakukan back-up dan recovery data jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan yang bisa menghilangkan data. 

4. Human resources management yang mumpuni akan memudahkan Anda mengelola proyek

Sumber daya manusia merupakan salah satu peranan penting bagi manajemen proyek. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan pengawasan dengan membuat Human Resource Management yang baik dan benar.

Dengan memanfaatkan sistem sumber daya manusia (human resources) Anda akan lebih mudah untuk mendistribusikan tugas kepada karyawan yang terlibat atau mempermudah proses rekrutmen untuk proyek-proyek yang akan datang. 

Anda bisa memilih perangkat lunak sumber daya manusia yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hal ini akan mengurangi resiko human error dan juga lebih efisien karena menghemat waktu, biaya yang lebih rendah, dan lebih hemat tenaga. 

Nah, itu dia 4 rekomendasi melakukan manajemen proyek yang berbasis teknologi informasi. Cara ini bisa menjadi efektif karena data, informasi dan juga tracking proyek bisa dilakukan dengan mudah, lebih sistematis, dan praktis tanpa harus melakukan cara kuno yang justru malah merepotkan!

Ingin memulai mengelola manajemen proyek Anda agar lebih sistematis? 

Anda bisa menggunakan layanan Jagoan Hosting, dengan Server Terbaik VPS X. Layanan ini bisa memungkinkan Anda memiliki manajemen bisnis dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur keuangan proyek Anda menggunakan VPS-X dengan Financial Systemnya. Bagaimana, cukup menarik bukan? Langsung konsultasikan kebutuhan manajemen proyek Anda dengan Jagoan Hosting!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like