VGA adalah salah satu komponen perangkat keras komputer yang wajib dimiliki. Bagian ini akan menentukan seberapa bagus dan mendetail grafik atau visual yang akan ditampilkan pada monitor PC kamu.

Nah, ada berbagai jenis VGA yang tersedia di pasaran dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mau tau apa saja? Yuk simak penjelasan mengenai apa itu VGA hingga jenis dan fungsinya pada artikel berikut ini!

Apa itu VGA

VGA adalah singkatan dari Video Graphic Array atau sebuah tipe standar koneksi yang sangat penting pada perangkat video maupun gambar seperti monitor dan proyektor. Umumnya, VGA berbentuk kabel, port, dan konektor yang digunakan untuk menghubungkan monitor ke kartu video. 

Lebih lanjut, kabel VGA ini memiliki konektor 15 pin yang terdiri dari 5 pin di atas, 5 di tengah, dan 5 di paling bawah yang kemudian akan dipasangkan pada port VGA pada desktop. 

Perbedaan VGA dan GPU

vga adalah

Setelah mengetahui pengertian VGA, kamu juga perlu mengenali tentang GPU yang juga seringkali dianggap sama. Lantas, apa saja perbedaan VGA dan GPU? 

GPU (Graphic Processing Unit)

Secara singkat, GPU adalah kepanjangan dari Graphic Processing Unit berupa chip dan sering disebut juga sebagai kartu grafis atau chip VGA. Fungsi dari GPU ini adalah untuk mengolah data dan mengubahnya menjadi tampilan grafis.

GPU memiliki jenis yang bermacam-macam, diantaranya NVIDIA Kepler, NVIDIA Maxwell, AMD Fiji dan lain sebagainya.

VGA (Video Graphic Array)

Jika GPU adalah sebuah unit berupa chip, VGA adalah perantara untuk menghubungkan kartu grafis dengan layar monitor. VGA ini berbentuk kabel yang memiliki warna merah dan biru, dan umumnya dipakai di komputer atau monitor versi lama. Meskipun ada yang menyebutnya sebagai kartu grafis, namun sebenarnya VGA ini merupakan jenis kabel.

VGA dan GPU itu tidak sama

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa VGA dan GPU ini berbeda. Berdasarkan fungsinya VGA adalah kartu grafisnya, sedangkan GPU adalah komponen pada VGA. Agar lebih jelas berikut ini adalah tambahan penjelasan perbedaan mengenai VGA dan GPU sebagai berikut.

  • VGA atau GPU adalah komponen yang sama-sama penting untuk menampilkan grafis pada PC.
  • GPU setiap tahunnya selalu diperbarui, mulai dari performa dan efisiensi dayanya.

Fungsi VGA

vga adalah
Photo by Christina Morillo from Pexels

Fungsi VGA adalah memproduksi dan menampilkan gambar pada display monitor. Pada komputer versi lama, VGA ini adalah komponen yang sangat penting. Namun, untuk komputer dengan spesifikasi terbaru, fungsi dianggap tidak penting karena biasanya sudah ada pada motherboard (VGA card onboard).

Namun, biasanya bagi pengguna komputer yang memerlukan VGA di motherboard agar mendukung beberapa prosesor untuk  menampilkan beberapa tampilan yang tidak mendukung. Selain itu, berikut ini adalah 7 fungsi VGA diantaranya:

  1. Digunakan untuk mengirimkan serta menerjemahkan output dari komputer ke monitor.
  2. Menampilkan tampilan grafis pada layar monitor, dengan cara mengubah sinyal digital di komputer.
  3. Menjadi tempat untuk menyimpan data dari hardisk.
  4. Untuk memberikan data ke prosesor yang akan diproses.
  5. Berfungsi untuk bermain game, drawing, atau menggambar grafik desain.
  6. Menggambar gambar dengan kualitas terbaik.
  7. Memproses data grafis untuk ditampilkan pada monitor komputer.

Itu lah 7 fungsi VGA, dengan memiliki VGA card yang berkapasitas besar akan membuat fungsi-fungsi tersebut berjalan lebih optimal. Khususnya bagi para gamers, dengan menggunakan VGA berkapasitas besar akan memberikan pengalaman bermain yang sempurna tanpa adanya kendala, sehingga bagi gamers memiliki VGA card dengan spesifikasi tinggi merupakan suatu keharusan.

Baca juga: 5 Fungsi Mikrotik beserta Jenis-Jenisnya Secara Lengkap

Jenis-Jenis VGA

Dari fungsi-fungsi yang dijelaskan di atas, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu, begitu juga dengan jenis VGA card, bisa kamu pilih sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan.

Berdasarkan Memorinya

Umumnya VGA card dibedakan berdasarkan jenis memorinya. Untuk VGA card berdasarkan daya penyimpanannya (memory) dikenal sebagai, VRAM, Rambus, SGRAM, Dynamic RAM hingga EDO RAM. Berikut ini adalah ulasan dari keempat jenis VGA di bawah ini:

1. VRAM

Jenis ini biasanya digunakan untuk komputer kelas atas yang biasanya digunakan untuk para graphic designer. Contoh dari VRAM ini adalah Diamon Fire GL, Diamond Stealth 3000 3D, Diamond Stealth 64 dan lain sebagainya.

2. Rambus

Jenis kedua ini merupakan memori yang biasanya digunakan pada device video game, seperti, Nintendo dan Sega. Rambus ini adalah jenis VGA yang masih sedikit dan jarang digunakan.

3. SGRAM

SGRAM ini digunakan untuk graphic card dengan spesifikasi tinggi, yang bisa digunakan untuk 3D accelerator. Contoh dari SGRAM ini adalah VGA Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II S220 dan sebagainya.

4. Dynamic RAM

Jenis selanjutnya adalah Dynamic RAM yang cocok digunakan pada komputer dengan spesifikasi entry level. Jenis VGA biasanya digunakan untuk komputer yang tidak memerlukan kecepatan tinggi atau dengan warna yang banyak.

5. EDO RAM

Terakhir adalah EDO RAM, biasanya digunakan untuk speed 60MHz 60/40ns. Beberapa VGA yang menggunakan EDO RAM adalah WinFast S280/S600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64.

Berdasarkan Fisiknya

Selain dari jenis yang diklasifikasikan berdasarkan memorinya, VGA juga memiliki jenis berdasarkan fisiknya, yaitu, VGA Add On dan VGA on-Board.

VGA Add on merupakan jenis VGA yang letaknya terpisah dengan motherboard. Sedangkan VGA on Board merupakan jenis yang paling banyak digunakan pada laptop maupun komputer. Jenis VGA ini biasanya berbentuk chip yang bisa dicolokkan ke dalam motherboard, dan bekerja seperti memori yang ada di dalam RAM.

Cara memilih VGA Laptop

vga adalah
Photo by Chelsey Horne from Pexels

Seperti yang telah dibahas pada penjelasan sebelumnya, bahwa VGA pada laptop memiliki fungsi yang berkaitan dengan tampilan grafis pada layar monitor. Lalu, bagaimana cara cek VGA pada laptop? Yuk, simak tips-tipsnya dari Jagoan Hosting.

1. Cek sticker pada laptop

Cara pertama dan cara yang paling simpel adalah dengan mengecek sticker pada laptop. Karena pada laptop biasanya memiliki sticker yang menjelaskan tentang spesifikasi pada laptop. Seperti, sistem operasi, hard disk, dimensi layar, processor, RAM dan informasi lainnya termasuk VGA.

2. Melalui BIOS

Selain bisa mengecek pada stiker, kamu juga bisa mengecek VGA melalui BIOS. BIOS ini adalah Basic Input Output System yang merupakan salah satu memori di komputer dan bersifat read-only. Nah, BIOS ini biasanya memiliki beberapa informasi yang salah satunya adalah spesifikasi VGA, sehingga kamu bisa mengecek VGA pada laptop melalui BIOS ini.

3. Cek di device manager

Cara selanjutnya adalah dengan melihat spesifikasi VGA laptop atau di hardware di device manager. Caranya cukup tekan tombol Windows + R kemudian ketik devmgmt.msc lalu ENTER. Setelah itu, kamu sudah bisa mengecek VGA di laptop atau komputermu.

Baca juga: 26 Komponen Komputer Lengkap dengan Penjelasan dan Fungsinya

4. Menggunakan DirectX Diagnostic Tool

Cek VGA bisa melalui software dari Windows yaitu, menggunakan DirectX Diagnostic Tool. Biasanya software ini terpasang pada laptop maupun PC. Untuk melakukan pengecekkan lakukan dengan cara menekan Windows key + R kemudian ketikkan dxdiag dan tekan ENTER. Selanjutnya, pada software kamu bisa melihat jenis VGA dan versi driver yang sedang digunakan pada laptop atau komputer.

5. Menggunakan Software CPU-Z

Last but not least, cara terakhir adalah dengan menggunakan software CPU-Z. Software ini bisa menampilkan informasi perangkat keras secara detail diantaranya, Chipset, BIOS, Processor, Motherboard, RAM dan juga VGA. Software ini juga sederhana dan mudah digunakan.

Kesimpulan 

Itulah pembahasan mengenai VGA hingga berbagai jenisnya yang bisa kamu pilih. Pastikan bahwa VGA yang kamu pilih telah sesuai dengan kebutuhanmu, ya! 

Nah, bagi seorang gamers memiliki VGA adalah sesuatu hal yang penting dan harus dimiliki, agar saat bermain game tidak ada kendala apapun. Pentingnya VGA ini sebagai komponen pada sebuah komputer atau laptop seperti halnya Jagoan Hosting juga memperhatikan resources yang diberikan kepada pelanggannya. Dengan cara menyediakan produk atau paket dengan dukungan resources terbaik.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat berlangganan di Jagoan Hosting. Mulai 9.000/bln sudah bisa dapat Unlimited Hosting terbaik. Cek disini!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like