Ini Dia 5 Aplikasi Belajar Gratis Terbaik bagi Anak Sekolah

Aplikasi belajar gratis
www.menara62.com

Di saat pandemi seperti sekarang, salah satu aplikasi yang banyak dicari adalah aplikasi belajar online gratis yang bisa diakses oleh siapa saja. Mengingat, kegiatan luring saat ini tidak bisa dijalankan dengan maksimal. Sehingga, para siswa harus mencari cara untuk mengejar pembelajaran secara daring.

Tidak hanya bagi siswa, namun melakukan kegiatan belajar mengajar secara online juga menjadi suatu tantangan yang kadang membuat para pendidik atau guru kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran lho!

Dalam mengatasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan fasilitas belajar di luar kelas guna mendukung pemahaman materi dengan aplikasi belajar gratis tanpa biaya yang bisa diakses di Indonesia. 

Nah, kali ini Jagoan Hosting sudah merangkum 6 aplikasi belajar online yang bisa diakses secara online oleh guru atau murid. Apa saja itu? Yuk simak!

1. Ruangguru

Rekomendasi aplikasi belajar gratis pertama adalah Ruangguru, aplikasi ini sudah cukup dikenal dan digunakan oleh banyak siswa maupun guru di seluruh Indonesia. Ruangguru bisa diakses oleh siapapun secara gratis. Namun, tentu saja jika ingin pelajaran lebih mendalam, kamu harus berlangganan. 

Ruangguru menjadi aplikasi belajar online terbesar dan terbaik di Indonesia yang menyasar anak dengan tingkat pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK. Aplikasi belajar online Ruangguru ini juga bisa diakses dimana saja dan gratis.

Dengan Ruangguru, kamu bisa memilih paket belajar sesuai dengan kebutuhan kamu. Tidak hanya bagi siswa, namun para guru juga bisa memanfaatkannya sebagai wawasan tambahan saat mengajar.

2. Kelas Kita

Kalau kamu ingin menambah ilmu dari luar kelas melalui aplikasi, maka Kelas Kita adalah salah satu rekomendasinya. Aplikasi ini dikemas secara digital dan praktis dengan metode pembelajaran unik, praktis, fleksibel dan tentu saja menyenangkan.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Augmented Reality? Mengenal Teknologi AR & Contohnya

Kamu bisa menggunakan Kelas Kita sebagai aplikasi belajar gratis tanpa berlangganan dan mendapatkan berbagai konten edukasi bervariasi mulai dari formal hingga nonformal yang sekaligus meningkatkan kecerdasan intelektual dan emosional.

Selain itu, ada banyak fitur pembelajaran yang bisa dimanfaatkan seperti Cerita Kita dan Karya Kita. Meski bisa diakses gratis, namun kalau kamu ingin menikmati fiturnya dengan maksimal, cobalah untuk berlangganan.

Baca juga: Moodle adalah: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Kelebihannya

3. Zenius

Zenius adalah salah satu aplikasi belajar gratis SMA yang bisa diakses oleh seluruh siswa di seluruh penjuru Indonesia.mAplikasi belajar yang dimiliki oleh Zenius juga bermanfaat untuk persiapan UTBK, untuk tingkat dasar terdapat pula persiapan PTS dan PAS yang belajarnya bisa dilakukan bersama tutor-tutor terbaik di bidangnya.

Tidak diragukan lagi, sebagai aplikasi bimbel terbaik, Zenius telah mengantarkan ratusan ribu alumni yang tersebar di perguruan tinggi terbaik di Indonesia seperti, UI, ITB dan UGM. Kamu bisa mengakses materi-materi di Zenius secara gratis namun terbatas. Jika ingin lebih banyak mendapat materi, kamu bisa mulai berlangganan di Zenius.

4. Cakap

Sebagai siswa, tentu kamu sering mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran bahasa asing seperti, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Padahal dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, memiliki kemampuan belajar Bahasa Inggris sangat penting.

Untuk mendukung pemahaman dalam pelajaran bahasa asing, kamu bisa mengatasinya dengan Cakap. Cakap akan membantumu meningkatkan keterampilan bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang Inggris dari mana saja dan kapan saja secara online.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk berinteraksi secara langsung dua arah dengan pengajar native dari berbagai dunia lho Sob. Menarik bukan? 

Cek Konten Lainnya:
Dedicated IP: Ini Fungsi dan Kelebihannya

5. Rumah Belajar

Tak kalah, pemerintah melalui Kemendikbud juga turut mengembangkan aplikasi belajar online bernama Rumah Belajar. Aplikasi ini bertujuan memberikan alternatif belajar bagi para siswa menggunakan memanfaatkan teknologi. 

Pada aplikasi belajar gratis dari pemerintah ini, kamu bisa menikmati beberapa fitur menarik seperti Laboratorium Maya, Bank Soal, Kelas Digital, Peta Budaya, Sekolah Elektronik, Sastra, Karya Bahasa dan masih banyak lainnya. Kamu bisa mengaksesnya melalui https://belajar.kemdikbud.go.id/.

Baca juga: 15 Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Gratis Terbaik!

Itu lah 5 rekomendasi aplikasi belajar gratis terbaik dari Jagoan Hosting. Dengan bantuan aplikasi tersebut, kamu akan lebih memahami pelajaran meski tidak bisa belajar secara maksimal melalui pembelajaran luring di sekolah. Yuk tentukan aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu!

Di era kemajuan teknologi seperti ini, tidak hanya siswa, namun para pendidik juga sudah seharusnya mulai mengadaptasikan teknologi dan internet untuk mendukung dan meningkatkan kecerdasan intelektual anak-anak Indonesia.

Anda bisa mulai beradaptasi dengan teknologi digitalisasi sekolah bersama Jagoan Hosting! Digitalisasi ini bisa diwujudkan dengan layanan Instant School Apps yang bisa mewujudkan sistem akademik online dengan satu langkah saja.


Mulai dari ujian, belajar mengajar, hingga pengumuman kelulusan bisa terwujud dengan Instant School Apps. Jadi, tunggu apalagi? Yuk konsultasikan kebutuhan digitalisasi sekolah Anda sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
ip public
Read More
Apa itu IP Public? Fungsi dan Bedanya dengan IP Private
Alamat IP atau IP address adalah tanda angka unik yang diberikan pada setiap perangkat di Internet. Alamat IP…
Read More
Ini Manfaat Object Storage yang Harus Diketahui oleh Semua Developer
Storage merupakan salah satu kunci dari sebuah sistem, storage merupakan tempat dimana data disimpan, seiring perkembangan jaman dan…