Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting untuk Websitemu

Bisa dibilang bahwa saat ini banyak pengguna yang semakin tertarik menggunakan cloud hosting, daripada shared hosting. Perlu diketahui bahwa dulu sebuah website pada host memang hanya memakai dedicated server standar saja. Biasanya satu dedicated akan dipakai untuk satu server saja untuk banyak website. Cloud hosting memiliki beberapa keunggulan yang bisa didapat oleh penggunanya.

Cloud hosting menjadi sebuah layanan web hosting yang diterima dari server yang saling terhubung. Ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari cloud hosting yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan layanan ini. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kelemahan dari cloud hosting.

Kelebihan Cloud Hosting

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang akan didapatkan jika Anda menggunakan layanan cloud hosting:

1. Akses yang mudah

Kemudahan dalam mengakses data atau aplikasi merupakan kelebihan utama dari cloud hosting ini. Untuk mengakses aplikasi yang diperlukan saat bekerja, Anda tidak perlu berada pada suatu komputer yang sama karena aplikasi atau data yang dibutuhkan dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui server.

2. Efisiensi biaya

Penggunaan cloud hosting tentu akan mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk operasional komputer, terutama untuk kebutuhan hardware. Dengan menggunakan cloud hosting, maka perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya seperti maintenance maupu biaya operasional lainnya.

3. Fleksibilitas.

Dengan menggunakan cloud hosting, maka Anda tidak perlu melakukan proses pengadaan komputer yang akan memakan banyak waktu. Cukup dengan melakukan self-provisioning saja, maka kapasitas yang dibutuhkan telah siap digunakan.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Password Manager? Ini 5 Rekomendasi Terbaik 2022

4. Kemudahan manajemen server

Proses monitoring maupun manajemen server akan lebih mudah dilakukan karena semua akan terkoneksi dengan website secara langsung. Nantinya pengguna hanya cukup melihat dashboard saja untuk mengetahui status global server. Lalu untuk membuat, melakukan upgrade, manage server, serta menginstalasi software sangat mudah karena sudah disediakan tools secara otomatis.

5. Meningkatkan ketersediaan data

Cloud computing biasanya akan dibuat dengan desain yang high availability, maksudnya sistem tersebut berada pada suatu data center yang menjamin ketersediaan listriknya, pendingin ruangan, dan berbagai kebutuhan yang menjamin fasilitas pendukung bekerja maksimal selama 24 jam sehari.

Kekurangan Cloud Hosting

Setelah membahas keunggulan dari layanan cloud hosting, tentu Anda juga perlu mengetahui kekurangan dari layanan ini. Tentu saja semua layanan ada kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini merupakan kekurangan dari layanan cloud hosting yang perlu Anda ketahui.

1. Masalah privasi.

Tentu saja jika menggunakan teknologi dan internet melalui teknologi cloud, maka data Anda disimpan di dalam server, dimana server tersebut bukan milik Anda sendiri. Cloud provider bisa saja mengakses data milik tersebut tanpa sepengetahuan Anda. Tentu hal ini akan menjadi salah satu kekurangan dari layanan ini.

2. Pelayanan yang tidak sepenuhnya

Tentu setiap layanan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Biasanya akan selalu ada batasan tergantung dari servis yang Anda gunakan. Selain itu, cloud provider bisa saja tidak konsisten juga dalam meberikan layanan mereka.

3. Penyesuaian

Biasanya setiap perusahaan pengguna cloud hosting harus memerhatikan regulasi dari bisnis yang dimiliki. Maksudnya, secara teoritis cloud service provider memang diharapkan bisa menyamakan level peneyesuaian untuk penyimpanan data didalam cloud. Perlu diketahui bahwa cloud hosting memang masih relatif muda untuk bidang teknologi, sehingga pemilik data memang diharapkan untuk berhati-hati dalam hal penyimpanan data ini.

Cek Konten Lainnya:
Begini Caranya Boot di Safe Mode Pada Windows 10

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dalam layanan cloud hosting yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui lebih detail, Anda bisa menimbang-nimbang mengenai layanan ini.

Nah, jika sudah selesai menimbang, mungkin cloud hosting dari Jagoanhosting.com bisa menjadi pilihan untuk kamu. Salah satu layanan unggulan dari provider yang telat melayani ribuan pemilik website ini, sangat merekomendasikan Cloud Hosting Indonesia untuk website saat ini. Selain karena fitur yang mendukung, harga yang ditawarkan juga sangat sesuai dengan anak muda yang memiliki website untuk kegiatan mereka.

Dedicated Hosting
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara-mengecilkan-ukuran-foto
Read More
10 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Maupun Offline
Ukuran foto seringkali menjadi persyaratan penting dalam pengisian dokumen. Selain itu, ukuran foto juga menjadi peritmbangan penting dalam…
jaringan komputer
Read More
Apa itu Jaringan Komputer? Jenis, Manfaat dan Topologinya
Aktivitas berbagi data melalui internet sekarang telah dipermudah karena adanya sistem-sistem tertentu seperti LAN dan VPN yang merupakan…