Proses akuntansi bisnis manufaktur itu  rumit apakah terlepas dari skala operasinya, baik besar atau kecil. Saat ini, banyak bisnis telah menggunakan software akutnansi yang memiliki fitur manufaktur terlengkap untuk merampingkan proses dan mendapatkan wawasan operasional yang lebih dalam.

Tetapi jika Anda masih terjebak menggunakan spreadsheet Excel untuk memahami apa yang terjadi, maka Anda berisiko tertinggal satu langkah dari competitor Anda

Meskipun Anda tertarik untuk memperbarui sistem akuntansi manufaktur Anda, pastikan Anda memilih software akuntansi manufaktur yang tepat.

Fitur Apa Saja yang Harus Ada dalam Memilih Software Akuntansi Manufaktur?

Mulailah dengan daftar fitur yang dimiliki sehingga Anda dapat membedakan apa “yang harus dimiliki” dan apa yang “bagus untuk dimiliki”.

Sebagian besar produk software akuntansi manufaktur dilengkapi dengan fitur standar seperti pelacakan faktur dan mengimpor transaksi pada bank. Ini bagus untuk Anda, terutama untuk memudahkan dari tugas berulang sehari-hari.

Tetapi akuntansi untuk perusahaan manufaktur kemungkinan juga memerlukan fitur-fitur canggih, terutama jika Anda menginginkan alat untuk membantu penilaian persediaan

Untuk menilai produk jadi dengan benar, Anda memerlukan solusi yang memperhitungkan bahan baku, pemrosesan, dan biaya relevan lainnya yang dikeluarkan saat membuat setiap produk. Anda juga harus menetapkan nilai untuk pekerjaan yang sedang berlangsung.

Menilai persediaan hanyalah permulaan. Di bawah ini adalah fungsi berguna lainnya yang dapat Anda pertimbangkan:

Manajemen stok

Manajemen stok terperinci memungkinkan Anda melacak setiap produk satu per satu. Anda dapat mengawasi berapa banyak dari setiap produk yang Anda miliki dan di mana mereka berada.

Anda juga dapat mengatur peringatan sehingga Anda mengetahui saat item yang dijual hampir habis. Pemantauan yang ketat memungkinkan Anda meminimalkan biaya penyimpanan yang tidak perlu karena Anda dapat menyimpan:

  • Tingkat bahan baku yang tepat
  • Barang dalam proses dan produk jadi yang ada di tangan

Manajemen pesanan

Sistem akuntansi manufaktur modern memberi Anda kemampuan untuk melacak pesanan sejak pesanan dibuat.

Dari sini Anda dapat memantau waktu pembayarannya, dan secara otomatis memposting transaksi ke akun buku besar saat transaksi tersebut terjadi.

Ini menghilangkan kebutuhan untuk memiliki alat manajemen pesanan terpisah dan jam kerja untuk memeliharanya.

Manajemen aset

Anda dapat mengurangi kewajiban pajak Anda secara signifikan dengan mengklaim penyusutan peralatan manufaktur dan aset tetap lainnya.

Jadi, ada baiknya memiliki sarana untuk melacaknya untuk memastikan perhitungan penyusutan sudah benar.

Ini juga membantu untuk menunjukkan dengan tepat di mana aset berada dalam siklus hidupnya, sehingga Anda dapat merencanakan investasi aset masa depan yang sesuai.

Pelaporan

Kemampuan menghasilkan data untuk membuat strategi bisnis dan operasional adalah hal utama yang harus ada dalam software akuntansi manufaktur yang Anda pilih.

Dengan alat analisis dan pelaporan bawaan, Anda dapat membidik berbagai aspek operasi Anda. Mulai dari proses produksi dan item produk hingga pendapatan penjualan dan biaya operasional untuk mengidentifikasi tren dan area peningkatan.

Sebaiknya cari software akuntansi dengan laporan keuangan siap pakai yang dapat disesuaikan untuk memastikan Anda dapat menyesuaikannya agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kemampuan multi-lokasi

Jika Anda beroperasi dari beberapa lokasi misalnya banyak cabang ataugudang, Anda memerlukan software akuntansi yang menangani setiap lokasi secara terpisah, namun tetap menggabungkan seluruh laproan dalam satu apliasi untuk memberikan gambaran keseluruhan bisnis.

Daftar gaji dan karyawan

Memilih software akunatansi dengan fitur penggajian terintegrasi dapat menghemat waktu Anda untuk menyalin data dari satu sistem ke sistem lainnya.

Cari produk dengan pembaruan otomatis sehingga perhitungan penggajian Anda akan secara otomatis mencerminkan perubahan terbaru dalam peraturan penggajian dan pajak.

Untuk mendapatkan semua fitut ini, Anda bisa menggunakan Accrate Online untuk fitur manufaktur terlengkap yang cocok untuk semua skala bisnis manufaktur, baik manufaktur besar atau manufaktur sederhana.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online dan Add On Manufaktur melalui tautan ini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like