Cara Mengatasi Defer Parsing of Javascript untuk Mempercepat Loading Website

Salah satu cara mempercepat loading website WordPress bisa dilakukan dengan defer parsing javascript. Secara default ketika sebuah website diakses, browser akan memuat baris kode mulai atas hingga bawah. Namun hal tersebut dapat merepotkan ketika website Anda memiliki banyak JavaScript. Dimana proses menampilkan konten website pada browser akan membutuhkan banyak waktu karena harus menunggu semua JavaScript dimuat.

Dengan melakukan defer parsing JavaScript, website atau blog Anda dapat tampil tanpa harus menunggu JavaScript ter-load dengan sempurna, sehingga loading website Anda menjadi lebih cepat. Pada tutorial ini kami akan membahas beberapa cara melakukan Defer Parsing JavaScript pada WordPress.

Sebelum Anda menjalankan solusi yang kami berikan, pastikan Anda sudah melakukan analisa website melalui GTMetrix dan lihat hasil analisa tersebut pada bagian Defer Parsing of Javascript. Sebagai contoh terdapat 4 item yang masih mengalami kendala tersebut.

Cara termudah dan tercepat untuk mengatasi defer parsing JavaScript pada wordpress adalah dengan menggunakan plugin. Salah satu plugin yang popular adalah WP Deferred Javascript. Untuk menginstall plugin tsb, Anda bisa masuk ke Dashboard website WordPress Anda lalu mengakses menu Plugins > Add New. Ketikkan “WP Deferred Javascript”, jika sudah ketemu Anda dapat langsung mengaktifkan plugin tsb.

Selain WP Deferred Javascript, plugin lain yang dapat digunakan adalah Speed Booster Pack, Async JavaScript, dll.

Lakukan analisa ulang menggunakan tools dari GTMetrix. Berikut kami tampilkan hasil setelah mengaktifkan salah satu plugin di atas sbb.

Anda telah mendapatkan cara mempercepat loading WordPress melalui defer parsing JavaScript. Semakin cepat dan mudah website diakses, semakin besar pula kemungkinan traffic Anda meningkat karena pengunjung dapat mengakses informasi di website Anda lebih nyaman.

Cek Konten Lainnya:
15+ Template Website Company Profile untuk Perusahaan

Ada banyak cara untuk mempercepat loading Website seperti pada artikel berikut ini. Selain itu ada pula dari sisi hosting yang kamu gunakan. Jika kamu fokus menggunakan WordPress, maka hosting yang bisa sesuai dengan kebutuhan kamu adalah WordPress Hosting Indonesia. Ya, hosting ini memberikan banyak kemudahan, mulai dari maintenance, keamanan sampai kecepatan loading website. Sehingga kamu sebagai pemilik website tidak perlu lagi bingung untuk mengoptimasi website. Kamu hanya perlu memaksimalkan konten yang kamu miliki.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
sertifikasi project management
Read More
Ada Apa Saja Jenis Sertifikasi Project Management?
Sertifikasi Project Management – Kuliah nggak perlu tinggi-tinggi, Sob! Bener apa nggak ya? Nyatanya, memang sekarang prestasi dan…
Database Management System
Read More
Kenali DBMS: Pengertian, Jenis, Fungsi, Komponen, dan Contoh
DBMS adalah sebuah software pengelolaan serta pengoperasian program dan data yang diminta oleh banyak pengguna. Jadi jika kamu…