Apa itu Trojan, Contoh dan Cara Mengatasinya

trojan

Tahukah kamu kalau Trojan adalah salah satu penyebab dari kasus malware di dunia ini? Trojan merupakan perangkat lunak berbahaya yang bisa melakukan penyamaran menjadi link, file, software, hingga e-mail.

Trojan adalah jenis malware yang harus dihindari. Hal ini dikarenakan dapat merusak dan mencuri data-data sensitif. Maka dari itu, agar tidak terkena Trojan, yuk simak artikel berikut ini untuk penjelasan selengkapnya! 

Apa itu Trojan?

Beberapa orang mungkin masih asing dengan apa itu Trojan. Perlu diketahui, virus Trojan adalah salah satu jenis malware yang bisa mengancam situs web kamu, Sob.

Faktanya nih Sob, sejak tahun 2020 Trojan menjadi salah satu penyebab meningkatnya cyber crime atas 51% dari 600% kasus cybercrime di seluruh dunia. 

Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, virus Trojan adalah malware yang  memiliki kemampuan untuk menyamar menjadi sebuah link, file, software bahkan kadang-kadang bisa menyamar bisa menjadi perusahaan resmi.

Trojan bahkan tetap bisa menyerang meskipun perangkat milikmu sudah dilindungi berbagai pengaman dengan sistem keamanan yang tinggi. Hal ini dikarenakan kamu bisa saja tidak sengaja mengunduh Trojan yang menyamar dalam bentuk software atau tautan berbahaya. 

Virus Trojan adalah salah satu malware yang dikenal dengan nama Trojan Horse, istilah ini dulu muncul karena adaptasi dari cerita Yunani Kuno pada saat perang. Para kuda ini berhasil menyerang dan menyusup dengan cara bersembunyi di dalam kuda kayu besar.

Selanjutnya, para Trojan mengira kuda kayu tersebut adalah piala kemenangan perang bagi mereka. Dari cerita tersebut dan kasus malware Trojan juga sama yaitu melakukan kejahatan dengan cara menjadi penyusup atau berpura-pura menjadi bentuk lain. 

Cara Kerja Trojan

Cara kerja Trojan bisa dikatakan cukup sederhana. Namun jangan salah, karena kesederhanaan cara kerja Trojan inilah yang akhirnya membuat banyak orang terjebak, Sob! Adapun cara kerja Trojan adalah sebagai berikut:

  1. Hacker mengirimkan jebakan atau pancingan kepada target dengan malware yang berpura-pura menjadi bentuk lain seperti file PDF, link, atau software tertentu. 
  2. Target menerima umpan, lalu biasanya akan mengklik file yang sudah diterima. 
  3. Setelah itu, Trojan menjadi aktif dan kemudian mengirimkan semua info yang hacker inginkan melalui device atau website
  4. Hacker akan mengendalikan sistem dan melakukan berbagai tindakan kriminal. 
  5. Perangkat dan server yang sudah terkena akan mengirimkan dan menularkan malware ini ke perangkat dan website yang saling terhubung. 
Cek Konten Lainnya:
12+ Tips Membuat Tampilan Website yang Menarik dan Bagus

Secara garis besar, inti dari cara kerja Trojan adalah sebenarnya membutuhkan peran korban untuk mengaktifkan kejahatan malware. Selain itu, Trojan juga bisa menular ke perangkat yang lain melalui WiFi ketika ada salah satu device yang terinfeksi. 

Baca juga: Cracking Adalah Cyber Crime yang Lebih Berbahaya dari Hacking

Cara Menghapus Trojan

Setelah mengetahui cara kerja Trojan yang ternyata cukup sederhana, sekarang waktunya buat kamu memahami bagaimana teknik menghindari kejahatan malware ini, Sob!

Salah satu caranya bisa kamu lakukan dengan cara menghapus Trojan. Berikut adalah cara menghapus trojan yang perlu kamu lakukan: 

1. Menghentikan Aktivitas Trojan dari Memori

Cara pertama untuk menghapus Trojan adalah dengan menghentikan aktivitasnya pada komputer.

Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan task manager, tekan Ctrl+Alt+Del, kemudian buka tab “Processes”, terus klik bagian username untuk mengurutkan proses apa saja yang sedang berjalan berdasarkan nama user

Dalam melakukan cara ini, hal yang harus dihindari adalah mematikan semua file .exe yang sedang berjalan di memori perangkat.

Selain itu, jangan mematikan file yang masuk dalam kategori System, Local Service, dan Network Service, karena bisa membuat sistem para perangkat mengalami error.

2. Menghapus File Trojan dari Komputer

Selanjutnya, cara menghapus Trojan adalah dengan menghapus file .exe yang dimiliki oleh malware tersebut. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas pencarian built in milik Windows Explorer.

Langkah pertama menghapus Trojan adalah dengan memastikan file-file tersembunyi ditampilkan oleh Windows Explorer sehingga kita bisa melihat secara utuh seluruh file yang terdapat di hardisk.

Setelah menemukan file yang terinfeksi Trojan kamu bisa langsung menghapusnya secara permanen dari hardisk dengan menekan Shift+Delete dari keyboard

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu CLI? Sistem Kerja, Fungsi dan Kelebihan

3. Mematikan Trojan dari Startup Windows

Langkah menghapus trojan berikutnya adalah dengan menghapus kode malware satu ini ketika komputer menyala atau ketika startup berjalan. Caranya adalah dengan menggunakan perintah msconfig.

Klik menu Start, kemudian buka aplikasi Run, dan isi di kotak input yang tersedia dengan msconfig, lalu pencet enter pada keyboard dan setelah itu akan tampil aplikasi System Configuration Utility

Nah, biasanya pengguna akan bingung dan ragu untuk memilih virus mana yang akan dihapus. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan Disable All untuk menonaktifkan semua runtime di startup Windows.

4. Menghapus File Virus dari Registry 

Cara menghapus Trojan yang terakhir adalah dengan menghapus file virus registry. Langkah pertama adalah klik Start menu, kemudian klik Run, dan masukkan regedit lalu tekan enter.

Setelah masuk pada menu regedit, tekan CTRL + F lalu masukkan nama Trojan. Setelah ditemukan, kamu bisa langsung menghapus file registry yang berkaitan dengan file tersebut. 

Baca juga: Carding Adalah: Pengertian, Jenis, Kasus & Cara Mengatasinya

Contoh Trojan Horse

Contoh Trojan Horse yang paling populer dan berbahaya adalah Locky Ransomware. Sebab, malware ini diketahui pernah membajak Amazon.

Usut punya usut, Trojan ternyata menyerang pelanggan Amazon dengan cara mengirimkan email parcel untuk pesanan yang tidak perlu mereka lakukan.

Penerima yang penasaran akan langsung mengklik tombol Continue yang pada saat itu lah, Trojan mulai menyerang dan mengambil data semua pengguna Amazon. 

Nah, selain contoh di atas, Jagoan Hosting juga sudah mengumpulkan contoh-contoh Trojan Horse lainnya, agar kamu semakin aware dan tidak akan tertipu oleh malware satu ini. Simak langsung yuk apa saja contoh Trojan Horse di bawah ini.

  1. Backdoor, malware satu ini memberikan kendali perangkat kepada pelaku. Dengan malware ini, pelaku bisa melakukan apapun sesuai keinginannya pada perangkat yang terinfeksi. 
  2. Exploit, malware ini bekerja dengan cara memanfaatkan celah keamanan pada device korbannya untuk masuk. Biasanya malware ini akan menginfeksi software yang rentan, sistem operasi, dan lain sebagainya. 
  3. Cryxos Trojan, malware ini akan menjebak orang-orang dengan mengeluarkan pop up seperti “Komputer Anda Terinfeksi Virus”. Setelahnya, malware ini akan meminta korbannya untuk mengklik seolah-olah cara ini bisa mengatasi komputer yang terinfeksi. 
  4. DDoS Trojan. Malware ini biasanya akan menyerang situs website dengan cara mengirimkan request palsu pada server web. Alhasil, beban situs pun menjadi berat dan website akan error saat diakses. 
  5. Spyware, contoh Trojan Horse satu ini bekerja dengan cara memata-matai seluruh aktivitas pada komputer milik korban yang sudah terinfeksi. Trojan horse ini juga bisa memantau data yang kamu masukkan. 
Cek Konten Lainnya:
11+ Niche Blog Terbaik yang Ramai Visitor di 2024

Itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai apa itu Trojan hingga cara menghapusnya. Memang, Trojan adalah malware yang dapat merusak perangkat atau sistem. Tidak hanya menyerang perangkat tetapi Trojan juga bisa menyerang websitemu.

Pilih Web Hosting dengan Kemanan Tinggi

hosting iso

Maka dari itu, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih hosting dengan keamanan yang ketat. Tidak perlu khawatir karena kamu bisa memilih Web Hosting yang memiliki keamanan ketat dengan ISO 27001:2013 dan routing yang aman dan tervalidasi dari MANRS Routing Security. 

Oleh karena itu, kamu dapat melakukan tindakan preventif seperti yang sudah dijelaskan dengan memilih layanan dari Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
belajar wordpress
Read More
Ingin Belajar WordPress? Ini 6 Tahapan Mudah untuk Pemula 
Panduan belajar WordPress banyak dicari seiring pengguna platform website ini yang memang terus meningkat. WordPress sendiri memang sangat…
cara membuat website profesional
Read More
Cara Mudah Membuat Website yang Profesional (7 Langkah)
Website sudah menjadi kebutuhan individu atau perusahaan untuk berbagai tujuan. Mulai dari berbagi informasi hingga sebagai media promosi…