10+ Tools Cek Backlink untuk SEO Websitemu

cek backlink

Backlink adalah salah satu metode optimalisasi SEO yang cukup populer dengan peluang keberhasilan cukup besar. Tak heran mempelajari cara cek backlink serta tools terbaik yang bisa kamu gunakan adalah faktor penting dalam menjalankan metode tersebut.

Sayangnya, walaupun sudah mulai banyak yang memanfaatkan metode tersebut, masih sangat sedikit yang bisa menggunakannya dengan maksimal. Tak jarang, masih banyak yang membiarkan faktor pendukung digunakan dengan sembarangan. Bahkan, hanya sedikit yang mendalami dan melakukan optimalisasi dengan benar.

Oleh sebab itu, penting bagi para pebisnis yang mulai mengembangkan website bisnisnya untuk mempelajari cara melihat backlink, penggunaan, dan faktor penting lainnya.

Pada dasarnya cara cek backlink yang kamu lakukan dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan metode SEO. Khususnya jika kamu mengharapkan pertumbuhan trafik pengunjung secara alami dan sesuai dengan niche bisnis yang kamu tetapkan.

Untungnya, karena kebutuhan pengecekan metode backlink, kini banyak tools atau teknologi yang bisa membantu kamu melakukan proses tersebut dengan jauh lebih mudah. Mesin tersebutlah yang para pakar SEO sebut sebagai backlink checker.

Backlink Checker adalah sebuah tools yang membantu untuk monitoring link-link yang masuk ke website atau konten kita. Tujuan utama dari tools ini adalah untuk melakukan monitoring terhadap status dan kinerja teknik SEO yang kamu lakukan. Menggunakan backlink checker adalah cara cek backlink paling akurat dan mudah yang bisa dicoba untuk bisnis yang kamu kelola.

Ada banyak alasan kenapa kamu harus rajin melakukan pengecekan backlink. Salah satunya adalah karena kinerja metode ini akan mempengaruhi strategi dan cara optimalisasi SEO yang akan kamu lakukan. Tak hanya itu, beberapa manfaat ini juga jadi alasan lain kenapa kamu harus mempelajari cara melihat backlink:

1. Melihat Kinerja Anchor Text

Saat kamu menggunakan anchor text yang tepat, perkembangan trafik pengunjung bisa meningkat. Namun, terkadang achor yang tepat tidak akan menimbulkan efek yang besar, jika kamu memberi treatment yang kurang tepat. Sehingga pengecekan perlu kamu lakukan agar tahu bagaimana efektivitas anchor text tersebut.

Melakukan cek profil backlink, kamu dapat menemukan backlink yang rusak, tidak relevan atau spam, yang dapat mempengaruhi peringkat website kamu secara negatif. Kamu dapat mengambil tindakan untuk memperbaiki atau menghapus backlink yang buruk tersebut.

3. Menganalisa Perkembangan Kompetitor

Cek backlink juga dapat membantumu memahami strategi backlink yang digunakan kompetitor. Dengan mengetahui situs web mana yang memberikan backlink ke situs kompetitor, kamu dapat mengembangkan strategi backlink yang lebih baik.

4. Meningkatkan Kredibilitas Website

Backlink dari situs web yang memiliki kredibilitas tinggi dapat meningkatkan kredibilitas situs web kamu.. Dengan mengetahui situs web yang memberikan backlink, kamu dapat mengevaluasi kredibilitas situs web tersebut dan memperkuat kredibilitas websitemu. Biasanya ukuran kredibilitas suatu website diukur dari metrics Domain Authority.

Baca juga: Cek DA PA Blog & Website serta Cara Meningkatkannya

Selain menggunakan tools backlink checker yang tepat, kamu juga bisa melakukan beberapa hal ini untuk tahu langkah yang kompetitor ambil:

1. Kenali Siapa Kompetitor Bisnismu

Hal yang terpenting untuk menganalisa kompetitor adalah dengan mengenal dan mengidentifikasi siapa saja kompetitor bisnismu. Walaupun terdengar mustahil karena terlalu banyak, namun kamu bisa membuat berbagai klasifikasi untuk mempersempit pilihan kompetitor terberat. 

2. Cari Tahu Website dan Sosial Media Kompetitor

Sudah sangat jelas bahwa, cara mengetahui backlink kompetitor adalah dengan melihat langsung website dan sosial media dari kompetitor. Benar, kamu harus lebih kepo terhadap kompetitor. 

Hal tersebut untuk mengantisipasi langkah selanjutnya, jika kompetitor ingin menjalankan strategi bisnisnya. Pelajari juga pola kontennya, agar kamu bisa memahami bagaimana penggunaan backlink kompetitor.

Cek Konten Lainnya:
Sales Funnel: Pengertian, Tujuan, Contoh, Tahapan & Strategi

Agar meningkatkan efektivitas backlink, tak jarang pebisnis memilih bekerjasama dengan bisnis, instansi, tokoh, atau seleb dalam bentuk apapun. Sehingga langkah yang bisa kamu jalankan adalah cek dan memantau peluang backlink baru para kompetitor secara realtime!

Baca juga: 5 Panduan Optimasi SEO Off Page yang Mudah dan Tepat

Dalam dunia optimasi SEO, ada banyak metode backlink yang bisa kamu gunakan. Masing-masing jenis memiliki klasifikasi dan karakteristik yang berbeda-beda. Agar lebih jelas, kamu bisa mempelajari beberapa jenis backlink pada penjelasan di bawah ini:

1. Do-Follow

Jenis pertama adalah Do-Follow link yang merupakan tautan berkualitas dan dapat kamu buat agar mesin pencarian atau SERP bisa menelusurinya. Do-Follow juga tidak memiliki atribut apapun. 

Tujuan dari jenis ini adalah untuk mendapatkan audiens baru melalui bantuan ketertarikan SERP atau mesin crawler pada artikel yang kamu buat. Walaupun perannya cukup berpengaruh, namun ada baiknya kamu membatasi pembuatan Do-Follow karena bisa terdeteksi SPAM.

2. No-Follow

Berikutnya ada lawan dari DO-Follow, yaitu No-Follow yang sama sekali tak memberikan akses mesin crawler untuk merayapi artikel yang kamu buat. Sehingga link ini tak memiliki keterikatan dengan perekomendasian SERP. Jadi, lebih mudahnya kamu tak akan mendapatkan penilaian peringkat dari SERP pada tautan tersebut.

3. Sponsored

Jika pernah menemukan tautan yang mengarah pada website bisnis lain atau produk, maka kamu bisa menyebut link tersebut sebagai sponsored link. Karena memang link tersebut akan membantu Google mengidentifikasi tautan promosi yang bisa kamu tambahkan dalam web yang kamu kelola.

4. UGC (User Generated Content)

Jenis terakhir adalah jenis backlink yang memungkinkan kamu maupun para pengunjung membuat konten terkait bisnis atau produk secara alami. Mudahnya UGC link ada untuk mempromosikan produk atau bisnismu, melalui konten artikel, gambar, maupun video dengan sukarela.

Baca juga: 15+ Tools SEO untuk Tingkatkan Traffic Websitemu

Agar mendapatkan seluruh manfaat dari metode Optimalisasi SEO ini, kamu perlu rajin melakukan pengecekan. Untungnya, dengan beberapa tools ini, kamu bisa melakukan pengecekan backlink secara gratis:

1. Google Search Console

Teknologi backlink checker pertama merupakan produk gratis yang Google kembangkan untuk membantu para pengembang web melakukan berbagai analisa. Salah satu fitur yang bisa kamu coba dalam Google Search Console dapat menjadi salah satu cara melihat backlink terbaik.

Bahkan kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan terkait analisa bisnis, seperti melihat lalu lintas pencarian, trafik pengunjung tiap kata kunci, troubleshooting proses indexing, dan masih banyak lagi. Seluruh fiturnya akan berjalan secara cepat, karena Google memberikan laporan secara realtime.

Walaupun memiliki beragam fitur menarik dan gratis, Google mendedikasikan penggunaan Google Console untuk kebutuhan individu. Jadi, akan perlu tools tambahan jika kamu ingin menganalisa kinerja backlink kompetitor. Namun, segala informasi yang bisa kamu dapat akan membantu untuk membuat strategi terbaik.

2. Ubersuggest

backlink checker

Alat berikutnya merupakan platform multiguna yang membantu kamu menganalisa kata kunci dan backlink sebuah website. Melihat dari kemampuan dan fitur yang Ubersuggest miliki, kamu hanya membutuhkan satu aplikasi saja untuk bisa melakukan berbagai kegiatan analisa website.

Salah satu layanan yang Ubersuggest berikan adalah Backlink Checker, baik tautan yang kamu buat maupun yang kompetitor buat. Sehingga dengan fitur tersebut, kamu bisa melakukan komparasi dan analisa pada banyak website sekaligus.

Bahkan Neil Patel, si pencipta menyediakan beberapa fitur dan layanan menarik untuk bisnis secara gratis. Tak heran, beberapa fitur seperti filter niche, target pasar, skor domain atau halaman, total backlink dan jenisnya, dan beberapa fitur lain jadi alasan banyak pebisnis menggunakan teknologi pintar satu ini.

Baca juga: Apa itu Link Building? Ini Manfaat & Panduannya untuk Pemula

3. Small SEO Tool

Berikutnya ada Small SEO tool yang merupakan platform pihak ketiga yang menyediakan berbagai alat optimalisasi SEO di dalamnya. Hanya dengan satu platform saja kamu bisa melakukan berbagai hal. Seperti mengukur, menganalisa, melacak, monitoring kinerja sebuah halaman maupun situs web.

Platform ini adalah salah satu saingan dari Google Search Console, karena memiliki berbagai fitur dan sistem yang kompleks dalam sebuah tampilan plugin yang mudah kamu pahami. Banyak pakar SEO memilih menggunakan plugin ini, karena merupakan salah satu plugin yang sudah satu paket untuk optimizing SEO.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Search Engine? Cek Contoh, Pengertian, dan Cara Kerjanya

Salah satu tools yang Small SEO sediakan adalah alat untuk mengecek backlink dengan mudah dan cepat. Kamu hanya perlu memasukkan link atau alamat URL ke dalam form yang telah tersedia dalam halaman Small SEO Tool backlink checker. Setelah tombol kamu klik, platform ini akan melakukan analisa dengan proses yang cukup singkat.

4. OpenLinkProfiler

Tools berikutnya adalah salah satu teknologi yang membantu kamu mendapatkan hasil cek backlink paling akurat. Di mana kamu bisa menggunakannya secara gratis tanpa syarat. Sehingga, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran atau memfokuskannya pada pengembangan bisnis.

Walaupun fiturnya lebih terbatas daripada beberapa backlink checker sebelumnya. Namun, beberapa poin penting dalam fitur tersebut sudah sangat cukup untuk monitoring metrik SEO yang kamu buat. Beberapa diantaranya adalah mesin pantau backlink (internal dan eksternal), total backlink, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Melalui OpenLinkProfiler kamu juga bisa menampilkan analisa akurat, berdasarkan tanggal yang kamu terapkan. Sehingga proses analisa bisa kamu sesuaikan dengan periode bisnis yang ingin kamu analsa. 

Jika versi gratisnya saja sudah powerful, maka kamu juga bisa bayangkan sendiri bagaimana jika kamu menggunakan fitur berbayarnya. Karena dengan berbagai fitur tambahan, bisnis yang kamu kelola akan terlihat lebih profesional. Sehingga peluang untuk mendapatkan cuan akan meningkat lebih banyak dari sebelumnya.

5. Ahrefs

ahrefs backlink checker

Sebagai salah satu kompetitor mesin pengecekan backlink yang sedang naik daun, Ahrefs memiliki fitur analisis yang praktis dan juga cukup lengkap. Ahrefs bahkan menjadi salah satu mesin Ahrefs backlink checker terbaik yang dapat menghasilkan banyak data penting untuk membantu bisnis lebih berkembang.

Uniknya, kamu juga bisa menikmati berbagai fitur terbatas secara gratis, maupun membayar dengan pilihan fitur yang lebih lengkap. Tampilannya juga cukup mudah dipahami dengan proses yang simpel, kamu hanya perlu memasukkan link yang ingin kamu periksa dalam form yang tersedia.

Setelah proses berjalan, kamu akan mendapatkan berbagai informasi pemeriksaan backlink secara menyeluruh. Kamu juga akan mendapatkan berbagai informasi dan analisa sistem seperti tautan terbaru, rusak, maupun hilang. Sehingga alat ini juga mumpuni untuk menganalisa kompetitor bisnismu.

6. Majestic SEO

Jika kamu ingin mencari tools untuk cek backlink dengan jam terbang tinggi, Majestic SEO bisa jadi opsi terbaik. Meskipun menjadi salah satu tools tertua, tools ini juga masih memiliki kompetensi yang masih layak kamu adu dengan berbagai mesin lainnya.

Menggunakan tools ini merupakan cara cek backlink paling akurat, karena memang Majestic berfokus pada spesialisasinya di bidang analisis tautan. Sekilas, kamu bisa simpulkan bahwa fitur dari tools ini 100% adalah tentang backlink dengan sajian menarik dan mudah kamu pahami.

Uniknya, Majestik juga memberikan berbagai informasi menarik yang bisa jadi kunci pembeda dari berbagai mesin lainnya. Mulai dari arus kepercayaan, kutipan, tautan eksternal, rujukan domain, dan berbagai informasi lainnya. Bahkan dengan satu kali klik, kamu bisa mendapatkan informasi terkini dan aktual dengan mudah.

7. Semrush

backlink analytics checker

Cara melihat backlink SEO berikutnya adalah menggunakan salah satu tool spesial yang bisa kamu coba gratis selama jangka waktu 30 hari saja. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan, Semrush memang memiliki berbagai alat terbaik yang dapat membantu kamu melakukan pemeriksaan menyeluruh terkait backlink.

Menggunakan Semrush adalah salah cara mengetahui backlink kompetitor dengan mudah dan sangat akurat. Sehingga alat ini cocok untuk kamu yang merasa memiliki kondisi kompetisi tinggi bersama para pesaing lainnya. Tak heran, banyak bisnis yang mulai melirik tools menarik satu ini.

Terutama para pebisnis yang ingin mendapatkan analisa terbaik dengan berbagai informasi penting. Mulai dari melihat jumlah backlink, otoritas domain, pemanfaatan anchor, dan juga geografis yang ingin kompetitor serang. Bahkan beberapa pakar menyarankan aplikasi ini untuk mengecek backlink yang ingin pemula lakukan.

Semrush juga memiliki database yang besar, sehingga memungkinkan kamu memproses banyak informasi secara bersamaan. Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, tools ini juga menyediakan berbagai fitur tambahan. Seperti research keyword, rank tracking, schedule report to PDF, dan masih banyak lagi.

8. Seobility

Pilihan perangkat lunak berikutnya adalah teknologi yang sangat membantu untuk optimalisasi situs web dengan berbagai fitur SEO yang powerful. Melalui mesin analisa tautan ini, kamu bisa menganalisa 400 backlink sekaligus dalam sekali percobaan. Walaupun kamu hanya bisa melakukannya terbatas hanya 3 kali saja.

Fitur Seobility yang bisa kamu lakukan termasuk cukup lengkap. Mulai dari audit geografis, rangking tracker, hingga mempelajari backlink kompetitor. Bahkan, proses pengecekan dan crawling semua halaman web dapat berjalan sangat cepat. Sehingga akan membantu proses analisa hingga penentuan keputusan atau kebijakan.

Cek Konten Lainnya:
Pengertian Sitemap dan Cara Membuatnya di Website

Bahkan para pakar memanfaatkan perangkat lunak ini tak hanya untuk cek backlink saja. Karena dengan berbagai fitur tambahan kamu bisa melakukan banyak hal. Salah satunya adalah cara mengetahui backlink kompetitor, pemeriksaan SEO, dan lain sebagainya.

9. SE Ranking

Walaupun sebenarnya SE Ranking adalah paket SEO berbayar, namun kamu bisa menikmati percobaan gratisnya selama 24 hari. Platform ini cukup unik, mengingat memiliki peranan penting dalam melacak backlink secara akurat.

Berbagai fitur pendukung analisis SEO, pastinya akan membantu kamu dalam pengembangan bisnis. Karena dengan satu alat ini, kamu bisa membuat link building strategy yang lebih efisien. Apalagi ada fitur Gap Analyzer Backlink yang bisa meningkatkan data yang kamu dapatkan.

Kamu juga bisa mencari tahu secara aktual, berbagai data link do-follow dan no-follow dalam sebuah URL. Hanya dengan memasukkan URL domain pada form yang tersedia, kamu bisa mengecek backlink dan menetapkan langkah tepat yang harus kamu ambil ke depannya.

Cara melihat backlink berikutnya adalah menggunakan Backlink Watch yang memiliki fitur yang menarik dan bermanfaat untuk monitoring metode penyebaran tautan balik. Walaupun hanya berfokus pada analisis dan pemeriksaan tautan balik saja, data yang dihasilkan cukup lengkap dan aktual.

Hal tersebut bisa terjadi karena sistem dari Backlink Watch menggunakan sistem realtime yang bisa membantu cek backlink dengan langkah yang mudah. Kamu hanya perlu bika situs resmi Backlink Watch lalu masukkan URL pada kolom yang tersedia. 

Setelah kamu menekan tombol “Check Backlink”, proses akan berjalan dengan otomatis hingga nantinya mengeluarkan hasil yang kamu cari. Walaupun sistem bisa kamu gunakan secara gratis, namun data dan kinerja aplikasi ini termasuk cukup cepat. Setiap proses pengecekan akan berjalan tak sampai dalam hitungan menit.

Mesin berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengecek backlink adalah Moz Link Explorer. Tool ini yang tersedia dalam mode gratis (terbatas) dan juga berbayar. Uniknya, walaupun memilih mode berbayar untuk menguji kinerja aplikasi, fitur yang kamu dapat gunakan cukup lengkap dan menarik.

Ungkapan powerful tak hanya isapan jempol saja, nyatanya para pengguna Moz Link Explorer dengan dedikasi tinggi mampu mendobrak pasar yang lebih luas. Tentunya, treatment yang kamu berikan dalam optimasi dan penggunaan backlink juga akan menentukan hasil.

Mesin pengecek backlink ini memiliki performa yang super handal, karena mampu menunjukkan berbagai data akurat dan aktual dalam hitungan detik. Apalagi jika kamu berlangganan akun premium yang membuka berbagai fitur dan peluang pemaksimalan metode SEO yang tepat dengan tautan balik.

Moz Link Explorer juga cocok untuk melakukan pengecekan berbagai jenis backlink. Caranya sendiri cukup mudah, sehingga cocok untuk pemula. Perangkat ini juga menyediakan kolom pencarian. Kamu hanya perlu memasukkan URL yang ingin dicek. Tak hanya website sendiri, kamu juga bisa mencari tahu web kompetitor.

12. BuzzSumo

Jika kamu mencari tools backlink checker yang mudah penggunaannya dengan hasil pencarian akurat, BuzzSumo bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Menggunakan tool ini adalah salah satu cara mengetahui backlink kompetitor yang powerful.

Pasalnya, kamu bisa melakukan berbagai hal seperti memeriksa kata kunci, nama domain, hingga backlink dari sebuah URL dengan akurat dan mudah. Kamu juga bisa mengenali siapa saya partner dari kompetitor, terutama yang menautkan kompetitor pada halaman situsnya.

Uniknya, BuzzSumo memberikan notifikasi aktif, pada setiap tautan baru dari pihak eksternal. Sehingga kamu bisa menjalin hubungan baik dengan website atau bisnis tersebut. Namun, kamu hanya bisa mengakses free trial selama 30 hari. 

Dari penjelasan di atas, kini kamu tahu bahwa cek backlink adalah salah satu aspek penting untuk memahami apakah metode SEO dan strategi yang kamu jalankan sudah efisien atau belum. Apalagi jika kamu memilih satu dari beberapa toolsbacklinkchecker, pastinya data yang kamu dapatkan bisa lebih mengembangkan bisnis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Branding Produk
Read More
5 Tips Branding Produk dengan Sosial Media
Jutaan pengguna aktif, sosial media menjadi media yang sangat potensial untuk mendapatkan pelanggan bagi sebuah bisnis online. Salah…
cek da pa
Read More
Cek DA PA Blog & Website serta Cara Meningkatkannya
Sudahkah kamu melakukan cek DA PA blog atau website? Sebagai pemilik website, kamu wajib mengetahui caranya agar performa…