Cara Cek Pemilik Domain Website dengan Mudah

cek pemilik domain website

Mencari nama domain yang sesuai keinginan memang tidak mudah. Pasalnya, beberapa nama sudah dimiliki orang lain. Oleh karena itu, kamu perlu cek pemilik domain agar bisa melakukan komunikasi yang baik ketika ingin membelinya.

Sebab, membeli melalui pihak ketiga biasanya harga cenderung mahal. Belum lagi dengan saingan pembeli yang juga berminat mendapatkan domain serupa. Pastinya akan sulit jika kamu kurang persiapan maksimal.

Nah, agar bisa menghubungi pemilik domain. Pastikan kamu sudah melakukan pengecekan siapa pemilik website untuk mengambil langkah selanjutnya.

Cara Cek Pemilik Domain Website

Terdapat beberapa metode pengecekan yang dapat kamu pilih untuk menemukan pemilik domain website, antara lain :

1. Kunjungi Langsung Domain Website

Alternatif paling efektif sebagai salah satu cara mengetahui pemilik domain website adalah dengan mengunjunginya. Hal ini menjadi langkah paling simpel karena kamu bisa tahu apakah domain yang kamu inginkan masih digunakan atau tidak.

Karena sekarang ini tidak jarang orang mulai melakukan transaksi jual beli domain. Tujuannya bisa meraup keuntungan lebih besar dengan memasarkan domain melalui harga jual yang sangat tinggi.

Nah, ketika kamu mengunjungi sebuah website dengan domain yang diinginkan. Biasanya kalau memang domain sengaja dijual, akan ada plakat ‘for sale’ di website.

Sehingga setiap pengunjung bisa tahu bahwa domainnya dijual dan kamu bisa menghubungi melalui kontak yang tertera.

Salah satu contoh pernyataan beberapa pemilik domain yang sengaja ingin menjualnya adalah ‘Jika kamu tertarik dengan nama domain ini, silahkan hubungi pemilik domain dan diskusikan harga untuk negosiasi pembelian domain.’

2. Pakai WHOIS

cek pemilik domain dengan WHOIS

Tahukah kamu apa itu WHOIS? WHOIS sendiri merupakan sebuah layanan yang bisa kamu akses melalui internet dan menyediakan beragam informasi mengenai domain website. Biasanya, informasi tersebut akan tercatat pada direktori WHOIS.

Cek Konten Lainnya:
14 Fitur Toko Online Wajib Ada, Bikin Penjualan Meningkat

Tetapi, karena WHOIS sangat privacy jadi beberapa informasi mungkin akan ditampilkan secara terbatas. Meskipun begitu, terdapat beberapa informasi yang bisa WHOIS tampilkan tanpa melanggar undang-undang privasi, loh.

Apa saja itu? Mulai dari nama dan kontak pendaftar, nama dan informasi kontak registrar, nama server domain, dan tanggal pendaftaran domain serta tanggal berakhirnya.

Nah, untuk cek domain kamu bisa memanfaatkan WHOIS melalui internet dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama, buka tools checker
  • Setelah itu, masukkan domain yang ingin kamu ketahui
  • Pilih Cek Domain > Enter
  • Setelah beberapa detik, maka layar informasi akan muncul seketika

3. Gunakan ICANN

Tidak berbeda jauh dari WHOIS, ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names and Numbers ini merupakan layanan yang berperan melakukan koordinasi dan pencatatan arahan alamat IP. 

ICANN juga menawarkan layanan manajemen DNS, serta informasi yang berhubungan langsung dengan infrastruktur internet.

Secara sederhana, kamu bisa menyimpulkan bahwa ICANN ini merupakan basic layanan untuk mengawasi keseluruhan domain terdaftar serta alamat jaringan untuk memastikan database selalu update dan mudah diakses.

Lantas, apakah ICANN bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara cek domain website? Tentu saja! Karena layanan dari ICANN sendiri memiliki data registrasi terbaru mengenai pemilik website.

Di mana, data diri pada ICANN ini berasal dari operator registry dan registrar sebab ICANN tidak menyimpan informasinya.

Nah, beberapa panduan pengecekan melalui ICANN, bisa kamu ikuti sebagai berikut 

  • Pertama, pastikan kamu sudah membuka halaman ICANN Lookup
  • Kemudian, ketikkan nama domain agar kamu mendapatkan informasi yang diinginkan
  • Pilih tombol Lookup dan tekan Enter
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem menampilkan informasi pemilik domain sekaligus registrasinya.

Bagaimana, sangat mudah untuk kamu ikuti, kan? Tunggu apalagi. Segera lakukan pengecekan pemilik domain agar kamu bisa mendapatkan nama unik terbaik untuk website pribadi.

Cek Konten Lainnya:
3 Cara Backup Website WordPress (Manual, Plugin, cPanel)

Cara Cek Pemilik Domain Non Kontak

Bingung harus apa jika website dengan domain yang kamu inginkan tidak memberikan informasi mengenai kontak pribadinya? Tenang, tidak perlu cemas karena kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini :

1. Kontak Registrar Domain

Tidak bisa melakukan cek pemilik domain karena tidak menemukan kontak? Atau kamu juga tidak bisa menemukan informasi penting lain seperti nama, alamat rumah, alat email, dan juga nomor teleponnya?

Maka, langkah sederhana yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi registrar dari domain keinginan. Pasalnya, pada beberapa kasus melalui registrart kamu bisa saja mendapat informasi karena akan diteruskan kepada pemilik.

Seperti ada pembeli yang tertarik dengan domain, atau bahkan kamu dibantu untuk bisa bertemu langsung dengan pemilik website. Hal yang pasti cara ini cukup efektif dan sangat membantu sekali untuk kamu menemukan pemiliknya, loh.

2. Hubungi Penyedia Proteksi pada WHOIS

Memang tidak semua orang akan tersembunyi soal identitas. Tapi, ada juga loh beberapa pemilik domain yang justru menyembunyikan informasi kontak melalui layanan WHOIS Protection.

Metode ini jauh lebih mudah daripada yang lainnya. Karena, kamu bisa saja langsung menghubungi pihak penyedia layanan proteksi WHOIS, kan. Tetapi sayangnya, tidak berbeda jauh dari informasi sebelumnya.

Bahwa, layanan dari WHOIS tidak bisa menampilkan informasi dengan lengkap karena menjaga privacy dari pemilik. 

Meskipun begitu, layanan dari WHOIS akan tetap menyampaikan kontak agar kamu (calon pembeli) bisa menghubungi langsung pemilik domain.

3. Cari Identitas Pemilik Domain dari Sosial Media

Langkah terakhir apabila keseluruhan metode sudah kamu coba tetapi tetap tidak ada respon. Maka, kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk mengulik informasi penting mengenai identitas diri pemilik domain.

Kamu bisa mulai menjelajahi akun sosial media populer seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, dan beberapa akun sosmed lainnya. 

Apabila pemilik domain aktif dan kekinian, pastinya sosial media bukan hal baru lagi untuk dikenal dan dimanfaatkan. Nah, oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk menghubunginya melalui akun sosial media secara langsung. 

Cek Konten Lainnya:
Back-End Programmer: Tanggung Jawab dan Skill Yang Dibutuhkan

Atau jika tidak kamu bisa berbasa-basi dengan menanyakan terlebih dahulu kontak yang lebih privacy agar lebih enak untuk berbincang-bincang. 

Setelah Mengenal Pemilik Domain, Harus Apa?

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai pemilik domain, maka ada dua hal yang perlu dilakukan yaitu :

1. Lakukan Negosiasi

Jika kamu ingin memiliki domain tersebut meskipun sudah digunakan orang lain. Maka, kamu bisa melakukan negosiasi untuk membelinya. Namun, untuk melakukan hal ini penting kamu pahami bahwa harus rela mengeluarkan budget lebih.

Gunakan informasi tanggal kadaluarsa untuk memancing penawaran lebih baik. Sehingga harga domain bisa menyesuaikan.

2. Gunakan Saja Ekstensi Lain

Apabila kamu sudah mencoba melakukan negosiasi dengan pemilik domain tetapi tidak ada hasilnya. Maka, kamu bisa coba memiliki domain dengan ekstensi domain lain. Daftar baru saja dengan memakai alternatif domain yang unik.

Seperti yang ada di Jagoan Hosting, ada ratusan ekstensi domain yang tersedia dengan harga murah mulai 15ribu pertahunnya

ekstensi domain

Contohnya ketika kamu membeli di domainunik.com, maka kamu bisa membeli dengan ekstensi lain yang lebih unik seperti domainunik.id, domainunik.co, domainunik.tech, atau domainunik.website. Segera cek ketersediaan domainmu dan beli domain murah hanya di Jagoan Hosting!

Penutup

Dunia digital semakin hari semakin berkembang. Terbukti, semakin banyak orang yang beralih menggunakan teknik marketing digital termasuk memanfaatkan website bisnis alih-alih berdagang secara luring. 

Tapi intinya, apapun pilihan kamu pada akhirnya lakukanlah cek pemilik domain. Usahakan tetap tenang dan dapatkan solusi terbaik terlepas dari bagaimana hasil negosiasi pembelian yang kamu lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
install phpmyadmin centos 7
Read More
Cara Install phpmyadmin di CentOS 7
Berkutik dengan server dan database, kamu tentu sudah cukup mengenal apa itu phpmyadmin. Secara singkat, phpmyadmin adalah salah…
Read More
Artikel Ini Mungkin Bisa Membantumu Memilih Hosting
Memilih hosting memang gampang-gampang susah, seperti memilih pacar. Karena dalam memilih hosting dengan paket yang sesuai dengan kebutuhanmu…