Google Keyword Planner Tools adalah salah satu alat untuk melakukan riset kata kunci. Biasanya Google Keyword Planner Tools ini digunakan untuk keperluan iklan dan optimasi website. Pada awalnya Google Keyword Planner Tools dikembangkan untuk memaksimalkan pembuatan iklan di Google Ads oleh para pebisnis. Namun, saat ini tool ini juga banyak digunakan untuk keperluan optimasi website. Walaupun dikembangkan untuk keperluan Google Ads, kamu tetap bisa mengakses Google Keyword Planner tanpa perlu membuat iklan di Google Ads. Kamu hanya perlu membuat akun saja tanpa perlu memasang iklan.

Fitur utama Google Keyword Planner Tools

Terdapat dua fitur utama dalam Google Keyword Planner. Kedua fitur tersebut adalah Discover New Keywords dan Get Search Volume and Forecast. Masing-masing fitur memiliki fungsinya masing-masing. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

fitur google keyworld planner tools
gambar dari unsplash

Discover New Keywords

Pada fitur ini kamu bisa menemukan saran kata kunci yang pas untuk dibidik. Kamu bisa memasukkan kata kunci terkait produk (untuk iklan) atau topik tulisan (untuk kata kunci SEO). Setelah itu, Google Keyword Planner akan menunjukkan hasil berikut:

  1. Rata-rata pencarian kata kunci tersebut setiap bulannya
  2. Tingkat kesulitan dari kata kunci yang sudah kamu masukkan
  3. Harga berendah pengiklanan
  4. Harga tertinggi periklanan
  5. Saran kata kunci terkait

Untuk lebih praktisnya, kamu bisa memasukkan alamat website kamu dan langsung melakukan proses pencarian. Google Keyword Planner akan tetap menunjukkan lima hasil di atas. Kata kunci yang disarankan akan sesuai dengan website yang sudah kamu masukkan pada kolom pencarian.

Get Search Volume and Forecast

Jika pada fitur sebelumnya kamu bisa mendapatkan saran tentang kata kunci, pada fitur ini kamu akan mendapatkan informasi tentang forecast dan matrik kata kuncinya, Sob. Caranya tetap sama, Sob. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci yang kamu targetkan. Jika sudah selesai, Google Keyword Planner akan memunculkan hasil terkait beberapa hal di bawah ini:

  1. Clicks, informasi perkiraan jumlah klik dari kata kunci
  2. Impression, informasi perkiraan jumlah impression yang didapatkan
  3. Cost, informasi biaya iklan dengan menggunakan kata kunci tersebut
  4. CTR, informasi perkiraan click through rate yang akan didapatkan
  5. Average CPC, informasi biaya rata-rata untuk setiap kliknya
  6. Average Position, informasi perkiraan posisi iklan pada hasil pencarian Google

Tips dan trik menggunakan Google Keyword Planner Tools

Agar penggunaan Google Keyword Planner Tools bisa lebih maksimal, kamu bisa mencoba menerapkan beberapa tips dan trik dari Jagoan Hosting.

tips google keyword planner tools
gambar dari unsplash

Atur lokasi pencarian

Pastikan kamu sudah memasukkan lokasi pencarian yang tepat. Kalau bisnis kamu berada di Indonesia dan target kalangan iklannya adalah warga Indonesia maka atur lokasi pencarian di wilayah Indonesia. Begitu pula untuk lokasi lainnya. Pengaturan lokasi pencarian akan membuat kata kunci yang dihasilkan bisa lebih tepat sasaran.

Gunakan kata kunci yang paling potensial

Google Keyword Planner akan memberikan banyak saran kata kunci. Cobalah analisis semua kata kunci yang disarankan dan pilihlah kata kunci yang paling potensial.

Coba sinonim dari kata kunci awal

Jika kamu merasa kata kunci yang disarankan terlalu sulit untuk dibidik, kamu bisa mencoba kata sinonim dan kata kunci awal yang kamu masukkan. Teknik ini juga bisa membuat saran kata kunci menjadi lebih luas.

Coba analisis perangkat yang digunakan

Salah satu keunggulan dari Google Keyword Planner adalah kamu bisa melihat perangkat yang banyak digunakan orang saat mencari kata kunci tersebut. Kamu akan tau apakah calon pelanggan kamu menggunakan handphone, laptop atau perangkat lainnya untuk mencari kata kunci tersebut.  Informasi ini bisa sangat berguna lho, Sob.

Jika memungkinkan, curi kata kunci milik kompetitor

Selain bisa mengecek saran kata kunci untuk website sendiri, kamu juga bisa melakukan analisis untuk website kompetitor. Kamu bisa melakukan riset kata kunci kompetitor dan merebut kata kunci tersebut sebagai kata kunci yang akan kamu bidik. Misalnya sebagai penyedia layanan hosting terbaik, Jagoan Hosting mau menganalisis kata kunci kompetitor, kami bisa memasukkan website mereka dan menargetkan kata kunci yang disarankan oleh Google Keyword Planner. Dengan begitu, kata kunci yang harusnya berkaitan dengan kompetitor akan berisi tentang Jagoan hosting.

Lima tips dan trik ini bisa kamu terapkan agar proses riset kata kunci kamu bisa lebih maksimal. Tentunya, hasilnya nanti juga akan jadi lebih maksimal. Informasi tentang iklan dan riset kata kunci dari Jagoan Hosting ini sangat bermanfaat kan, Sob? Kamu bisa membaca artikel lainnya di blog Jagoan Hosting.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like