15+ Platform Blog Terbaik yang Sering Dipakai

platform blog

Memilih platform blog yang bagus menjadi langkah awal yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi blogger maupun content writer. Di internet, ada cukup banyak penyedia blog gratis yang bisa kamu gunakan setiap saat. 

Pemilihannya tentu harus hati-hati karena tidak semua penyedia menawarkan fitur dan layanan yang sama. Kamu tentu harus mempertimbangkan lebih dulu mengenai fitur apa saja yang nanti akan dibutuhkan. 

Setelah memahami apa saja fitur yang dibutuhkan, barulah cari fitur tersebut pada platform yang akan kamu pilih. Jika ada, maka kamu baru bisa memilihnya. 

Sehingga, kamu tidak akan menyesal apalagi jika platform yang kamu beli berbayar bukannya memberikan penawaran gratis. 

Rekomendasi Platform Blog Terbaik

Nah, jika ingin mulai meniti karir sebagai blogger ataupun content writer tapi masih bingung di mana platform yang tepat buat publish artikelmu, berikut ini rekomendasinya: 

1. WordPress

wordpress

Rekomendasi platform blog yang menghasilkan uang dan gratis pertama adalah WordPress. Ada dua pilihan layanan yakni wordpress.com dan wordpress.org. 

WordPress.com merupakan layanan gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat website. 

Menggunakannya juga mudah. Tinggal mendaftar kemudian kamu bisa membuat website. Kamu pun akan mendapatkan domain. Hanya saja ada ekstensi wordpress.com pada domainnya. 

Storage yang diberikan sebesar 3 GB. Meskipun membuat website di WordPress itu gratis, kamu masih bisa memakai berbagai macam tema yang ada di dalamnya serta variasi plugin yang bisa kamu tambahkan ke dalam blog. 

2. Blogger

Platform Blogging Gratis
Blogger

Bisa dibilang Blogger ini adalah salah satu platform blog terbaik yang bisa kamu pilih selain WordPress. Blogger cukup populer di dunia karena mereka sudah beroperasi dan bisa dimanfaatkan untuk membuat website sejak 1999. 

Blogger ini milik Google. Fitur-fitur yang ada di dalamnya bisa kamu manfaatkan untuk membuat, mengedit, juga mempublikasikan konten-konten dari blog dengan mudah. 

Tidak hanya itu. Fitur untuk mengedit konten hanya salah satu fiturnya saja. Blogger pun menjadi salah satu platform blog yang memungkinkanmu untuk melakukan custom domain. Tapi custom domainnya berbayar, ya!

3. Joomla

joomla

Memilih platform blog tentu bisa menjadi langkah terbaik untuk menjadi seorang content writer yang ingin mempublikasikan tulisan-tulisannya. 

Joomla! Memiliki cukup banyak kesamaan. Salah satunya karena open-source juga kaya fitur. Joomla! Pun memiliki pengaturan yang cukup beragam. Hanya saja learning curve-nya lebih susah. 

Belum mahir menggunakan website? Tenang. Joomla! Akan membuatmu merasa lebih mudah dalam mengelolanya. Di dalamnya pun tersedia layanan bantuan berupa artikel juga tutorial yang sangat lengkap. 

4. Drupal

Penyedia layanan pembuatan website ini adalah salah satu CMS yang namanya sering muncul. Memang, jika membandingkannya dengan WordPress blog akan cukup berbeda. Pasalnya memang Drupal unggul dari sisi kecanggihan juga performanya. 

Cek Konten Lainnya:
9 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis dan Tips Menggunakannya

Populer juga sebagai salah satu website enterprise-level, Drupal ini memang bisa menawarkan performa terbaik juga tercepat. Dalam CMS ini, kamu pun bisa menggunakan fitur-fiturnya untuk membangun website profesional. 

Kamu nantinya bisa mencoba membuat konten, pengeditan fitur, dan juga lainnya. Hanya saja bagi yang belum berpengalaman menjadi developer, mengelola platform blog ini cukup susah. 

Kami sangat menyarankan kamu untuk menggunakan Drupal sebagai blog perusahaan. Kalau hanya untuk website dan blog sederhana, mungkin opsi lain ada yang jauh lebih tepat. 

5. Medium

medium

Selanjutnya kami juga sangat merekomendasikan Medium sebagai blogging platform alternatif. Sangat cocok bagi yang profesinya seperti jurnalis, penulis, juga expert di bidang tertentu. 

Medium bisa menjadi wadah untuk membagikan pemikiran berbentuk esai maupun opini di sini. Bagi yang suka menulis artikel dengan bentuk listicles, sangat kurang kami sarankan karena kurang peminat. 

Platform satu ini menganggap iklan juga endorsement membuat konten sekadar ladang untuk berjualan. Promosi produk? Medium sangat menolaknya.

6. Tumblr

Ingin situs microblogging yang cara kerjanya mirip Twitter? Tumblr adalah jawaban platform blog gratis yang bisa kamu manfaatkan. Saat mempublikasikan konten, nantinya pengikutmu akan memberikan like, reblog, dan share. 

Saat ada yang mengikuti blog Tumblr milikmu, mereka bisa memperoleh konten teranyar melalui dashboard-nya. Mirip banget dengan Twitter, kan? 

Hal yang berbeda dari Tumblr dengan Twitter, Tumblr memberimu kesempatan untuk membuat tujuh jenis konten yang bervariasi. Tumblr pun kompatibel untuk konten teks, gambar, foto, audio, juga video. 

Platform blog ini juga punya visual yang apik guna memuat quotes, chat, link, dan lainnya. Coba deh sekali-kali pakai Tumblr. 

7. Pyro

Ada sejumlah penyedia layanan blog yang sering digunakan. Hanya saja masih ada beberapa platform yang underrated. Mungkin kamu kurang familiar dengan yang satu ini. 

Namanya Pyro. Basisnya Laravel dan tujuan utamanya memang khusus untuk para developer. Kalau berkaitan dengan blogging, Pyro menawarkan layout system atau tata letak dengan basis grid. 

Hal ini berarti dengan Pyro, kamu punya kontrol penuh pada tampilan postinganmu. Tidak hanya itu, pengeditan semua konten terasa lebih mudah jika menggunakan platform blog satu ini. 

Pyro sangat cocok untuk blog sederhana maupun website yang kompleks. Hanya saja kesulitan akan terasa saat kamu ingin upgrade dari blog simple ke website. Alasannya wajib kustomisasi kode website atas semua perubahannya. 

Selain itu juga terasa dari ekstensi Pyro yang harganya memang cukup menguras kantong. 

8. Weebly

Layanan blog gratis lainnya adalah Weebly. Menggunakan Weebly, kamu bisa punya blog dalam waktu cepat juga efisien. Tidak butuh coding sama sekali kok untuk membuat blog dari Weebly. 

Di sini, cukup dengan drag & drop saja, kamu sudah bisa mengatur layout website sesuai keinginan. Pilihan situs yang beragam juga membuatmu lebih gampang mengaturnya. 

Bisa menggunakan Weebly untuk website bisnis, portofolio, juga yang lainnya. Kamu pun bisa menambahkan 200 aplikasi yang memang telah tersedia seperti scheduling, live chat, juga yang lainnya. 

9. Squarespace

One of the best platform yang perlu kamu coba adalah Squarespace. Bisa dibilang Squarespace ini perancang website dengan platform blog all-in-one. Utamanya untuk para pengguna e-commerce. 

Cek Konten Lainnya:
SEO Wordpress, Biar Website Jadi Ramai Pengunjung

Squarespace cukup terkenal karena banyak template menarik. Pembuatan website pun jadi lebih mudah. Cocok banget bagi yang belum punya pengalaman dan keahlian coding juga pengalaman teknis lainnya. 

Dengan platform blog satu ini, kamu pun bisa menjual produk, mengintegrasikan media sosial, juga menyesuaikan dan mengatur website atau situs dengan mudah. Ada alat pengeditan dengan lebih dari 45 modul yang bisa kamu gunakan. 

10. Ghost

ghost

Pembuat blog selanjutnya yang juga sama-sama gratis adalah Ghost. Pembuat situs ini hadir menyapa semua orang pada 2013 yang lalu. Meskipun baru, Ghost punya kualitas yang patut jadi pertimbangan. 

Kelebihan platform ini bisa kamu lihat dari segi waktu aksesnya yang cepat. Alasannya karena Ghost dibangun menggunakan framework JavaScript. Ada dua pilihan yakni hosted dan non hosted. 

Jika kamu baru pertama kali membuat blog, kami sarankan memakai layanan hosted agar tidak perlu bingung saat memikirkan hosting blog yang akan digunakan. 

11. Wix

Platform blog terkenal lainnya yang sangat kami rekomendasikan adalah Wix. Kamu mungkin sudah cukup sering mendengarnya dari iklan. Bahkan developer blog dan website profesional pun banyak yang merekomendasikan Wix. 

Ada banyak fitur juga pengalaman terbaik untuk blogging dari website builder satu ini. Salah satu keunggulannya yakni dari segi fleksibilitas juga desain. Urusan kecepatannya gimana? 

Tidak main-main. Wix mencetak kecepatan rata-rata global dengan 116,9 md. Dengan ukuran tersebut, bisa kami katakan kalau Wix termasuk dalam daftar tercepat untuk website builder. 

Belum cukup dari segi kecepatan. Fitur, layanan, juga fasilitas yang tersedia dalam website builder ini juga cukup menarik untuk membuat blog milikmu jadi semakin unik dan berbeda!

12. Serendipity

Seluruh hal yang ada dalam web-builder ini memang sangat berkaitan dengan blogging. Maka tentu sangat layak menjadi salah satu pilihan kalau kamu ingin membangun website yang sederhana tapi punya tampilan menarik juga profesional. 

Template yang tersedia dalam Serendipity ini masih sangat dasar alias basic. Jika ingin membuat website dengan berbagai macam desain canggih juga powerfull, Serendipity tidak kami sarankan. 

Hanya saja web-builder ini punya cukup banyak fitur untuk kebutuhan blogging. Contohnya ada Text Editor, Fitur Manajemen Media, juga Pengaturan Taksonomi Tingkat Lanjut. 

Bahkan platform blog ini punya pelindung spam bawaan dan dapat kamu manfaatkan untuk multiple users. Dengan kata lain, buat pemula Serendipity sangat cocok untuk dipertimbangkan. 

13. Jekyll

Berbeda dengan sejumlah platform lain yang ada dalam artikel. Jekyll sepenuhnya bisa bekerja dengan command line. Tidak ada software antarmuka grafiknya juga. Buat pemula, sangat tidak kami sarankan. 

Jika kamu tidak masalah dengan kebutuhan command line, maka Jekyll ini adalah pilihan tepat karena bisa menawarkan banyak kelebihan. Bloggin platform ini akan sangat membantumu untuk membuat website statis dengan performa cepat. 

Kamu bisa menggunakan HTML, CSS, Markdown Text, juga Liquid Template agar bisa membuat situs yang sederhana. Filosofi dari adanya Jekyll adalah meminimalisir berbagai fitur tambahan yang tidak penting dalam pembuatan konten. 

Cek Konten Lainnya:
Ini Cara Mudah Membuat Mockup Website & Saran Toolsnya

Setiap developer yang bisa membuat command line pun bisa membuat blog maupun website dalam hitungan menit saja. Ada sejumlah fitur dasar seperti post, halaman, custom layout, juga kategori pada setiap konten yang akan diunggah. 

14. Subrion

Platform blog yang berikutnya adalah Subrion. Jika harus membandingkannya, mungkin kamu harus tahu apa saja yang tersedia di sini. Area dashboard yang akan menyambutmu saat awal memang sangat rapi juga simple. 

Adapun dari segi fitur, semua fitur dasar yang kamu butuhkan untuk membuat blog sudah semuanya tersedia di Subrion. Bahkan ada sejumlah fitur yang bisa memudahkanmu untuk membuat juga menambah halaman juga post. 

Selanjutnya masih ada Text Editor yang canggih, fitur SEO, juga beberapa fitur dengan fungsionalitas yang lain. Menariknya ada fitur yang memudahkanmu untuk mengatur subscription website. 

15. Zyro

Kami akan merekomendasikan Zyro yang bisa memberimu banyak manfaat. Cocok bagi pemula yang ingin membangun website sendiri dari awal. Zyro ini juga punya performa yang baik dan sangat cepat. 

Hanya saja, Zyro tidak gratis. Meskipun berbayar, biaya yang kamu perlukan bisa terbilang murah. Hanya dengan sekitar Rp 35 ribuan per bulan, kamu sudah bisa mengakses pembuat logo, template designer, AI, juga domain dan SSL gratis. 

16. Webs.com

Terakhir kami menyarankan penggunaan Webs.com untuk builder website atau blog yang ingin kamu kembangkan. Kamu bisa drag and drop elemen guna menyesuaikan tampilan dari laman blog. 

Platform ini sangat cocok kamu gunakan untuk kebutuhan company profile juga jenis web profesional lainnya. 

Pilih Platform Blogging Terbaikmu

Dari puluhan rekomendasi platform blog di atas, memang WordPress menjadi pilihan yang sangat populer dan paling mudah digunakan. Karena di WordPress sendiri punya komunitas dan tutorial yang sudah banyak beredar di Internet.

Namun akan disayangkan jika kamu hanya pake WordPress dengan versi gratis, karena kebutuhan profesional blogmu tidak terpenuhi. Di Versi gratis memiliki kelemahan keterbatasan penympanan dan menggunakan sub domain.

Agar Blogmu lebih maksimal performanya dan lebih profesional dilihat oleh pembaca, segera pake domain sendiri yang bisa kamu beli di Domain Murah dari Jagoan Hosting.

wordpress blog

Selain domain, tentunya kamu juga perlu Hosting yang dibutuhkan untuk penyimpanan websitemu agar lebih banyak menampung konten dan punya performa tinggi. Dapatkan Hosting untuk blog dengan performa tinggi di Hosting Murah dari Jagoan Hosting!

FAQ

1. Platform apa saja untuk membuat blog?

Ada banyak platform seperti WordPress, Blogger, Tumblr, Medium, Joomla!, Pyro, Zyro, Serendipity, Subrion, Jekyll, dan lainnya. Cek daftar di atas untuk tahu semua platformnya!

2. Apa saja perbedaan antara blog dan situs web biasa?

Perbedaan utamanya terletak pada rentang update dan tampilan. Blog lebih sering update dan tampilannya informal. Website sifatnya lebih formal dan hanya update dalam waktu tertentu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Tips SEO WordPress untuk Membangun Bisnis Online
Membangun bisnis online di era digital menjadi lebih mudah, bukan hanya karena banyaknya media yang bisa digunakan, melainkan…
cek keamanan website
Read More
Cek Keamanan Website dengan 10+ Tools Ini!
Melakukan cek keamanan website adalah hal yang wajib dilakukan secara rutin. Tugas dan tanggung jawab ini tujuannya demi…