WWW adalah awalan situs yang kerap kita jumpai ketika kita mengakses sebuah website di internet

WWW atau world wide web sendiri merupakan suatu ruang informasi di internet yang berisi suara, video, teks dan gambar. 

WWW hanya mampu diakses apabila perangkat kamu terhubung dengan koneksi internet. 

Kamu ingin tahu lebih banyak mengenai pengertian, sejarah dan fungsi WWW? Simak informasinya pada artikel di bawah ini, ya!

Apa itu WWW?

Tahukah kamu apa itu WWW? Atau, pernahkah kamu membaca sekilas tentang WWW?

WWW adalah kumpulan sumber daya internet (seperti FTP, telnet, Usenet), teks hyperlink, file audio, dan video, dan situs jarak jauh yang bisa diakses dan dicari oleh browser berdasarkan standar seperti HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan juga TCP/IP. 

Kepanjangan dari WWW adalah World Wide Web yang biasanya juga disebut oleh kebanyakan orang dianggap sebagai website. 

Sejarah world wide web sendiri bermula pada tahun 1989 di mana penemu WWW adalah Tim Berners-Lee.

Tim Berners-Lee sebagai penemu WWW adalah seorang fisikawan Inggris yang bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa saat itu. 

Dalam sejarah world wide web juga sering disebut sebagai sebuah protokol di sebuah URL (Uniform Resource Locator)

Perlu diketahui, WWW dan internet dua istilah yang berbeda, namun kehadiran internet sangat dibutuhkan agar WWW bisa bekerja dengan maksimal. 

Kamu dapat mengakses konten situs-situs web melalui internet dimanapun berada dengan menggunakan perangkat seperti komputer, laptop bahkan ponsel dengan menggunakan WWW.

Kesimpulannya, WWW merupakan semesta informasi yang dapat diakses dengan kumpulan situs berbasis teks, media interaktif, dan konten.

Baca juga: 10 Cara Membuat Website SEO Friendly Secara Tepat [Lengkap]

Perbedaan WWW dan HTTP

Setelah mengetahui apa itu WWW, berikutnya kita membahas mengenai perbedaan WWW dan HTTP.

Dewasa ini, kebanyakan URL sudah menggunakan HTTP. Meski demikian, masih banyak juga yang menggunakan WWW, contohnya adalah website dari www.jagoanhosting.com

Lagi pula, baik WWW ataupun HTTP, keduanya sama-sama bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Akan tetapi keduanya tentu mempunyai perbedaan Sob. WWW adalah sebuah kumpulan dokumen hypertext yang bisa diakses lewat jaringan internet. 

Sedangkan HTTP adalah sebuah protokol standar yang digunakan untuk berkomunikasi di Internet.

Perbedaan yang mencolok berikutnya adalah jika WWW menunjukan bahwa website tersebut tergabung dalam world wide web dan HTTP menunjukan bahwa browser dan server menggunakan protokol untuk berkomunikasi.

Jadi intinya, keduanya saling berkaitan Sob. Contohnya terdapat pada URL seperti berikut:

Semua URL tersebut jika kamu akses, website tujuannya adalah sama saja. Jika kamu tidak percaya coba saja, Sob!

Baca juga: Apa itu Local Host? Definisi, Contoh dan Fungsinya

Sejarah World Wide Web

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sejarah world wide web bermula pada tahun 1989 di mana penemu WWW adalah Tim Berners-Lee. 

World wide web sendiri telah melewati proses dan perkembangan yang cukup panjang. 

Berikut ini adalah penjelasan singkat terkait sejarah world wide web dengan perkembangan dari tahun ke tahun :

  • Tahun 1989. Tim Berners Lee dari CERN sebuah Laboratorium Fisika Partikel yang terletak di Jenewa, mengusulkan sebuah protokol di internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi yang memungkinkan adanya sistem untuk saling berbagi info bahkan menampilkan dalam bentuk grafik dan tersebar di seluruh dunia.
  • Tahun 1990. Tim Berners Lee menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis web hingga saat ini, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  • Tahun 1991. Tim Berners Lee menemukan world wide web. Awalnya, dia memiliki kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya lalu ia mengembangkan Equire dan dari sinilah cikal bakal lahirnya WWW.
  • Tahun 1993. Marc Andersen beserta tim dari NCSA akhirnya berhasil membuat web browser berbasis grafik untuk sistem X-Windows dengan nama Mosaic. Selanjutnya Mosaic mulai populer bagi pemakai lama maupun baru di internet. NCSA lalu mengembangkan versi lain dari Mosaic untuk komputer berbasis Windows, Macintosh, UNIX, dan juga NeXT.
  • Tahun 1994. Andersen memisahkan diri dari NCSA. Lalu dia bersama dengan Jim Clark membuat Netscape yang kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai web browser. Pada tahun tersebut, CERN dan MIT mendirikan konsorsium yang dinamakan dengan W3C (World Wide Web Consortium) dengan tujuan membangun standar teknologi web.
  • Tahun 1995. Di akhir tahun telah ada sekitar 300.000 website dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 50 website. Pada tahun inilah WWW telah berhasil menggantikan FTP sebagai jaringan yang paling tinggi traffic-nya dalam internet.
  • Tahun 2009: Tim Berners Lee membangun World Wide Web Foundation yang bertujuan untuk membagikan open web kepada masyarakat di seluruh dunia.

Baca juga: 21 Web Proxy Gratis Terbaik 2022, Aman & Paling Canggih!

Fungsi World Wide Web

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keberadaan world wide web sangat bermanfaat bagi seseorang mengingat fungsi utamanya sebagai pencarian data dan informasi dengan akses mudah dan cepat. 

Namun sebenarnya, fungsi World Wide Web tidak hanya itu saja. 

Sebab di samping itu, beberapa fungsi world wide web atau WWW adalah sebagai berikut:

1. Web Mail Service

Pertama, fungsi world wide web adalah sebagai web mail service yang memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima, dan meninjau email dari browser web.

Dalam hal ini, kamu cukup memasukkan URL situs webmail web di kolom alamat atau lokasi browser, dan menggunakan akun webmail dengan mengetikkan nama pengguna serta kata sandi. 

Web mail service merupakan layanan yang menawarkan akses mudah dan penyimpan pesan email untuk pengguna yang tidak terhubung ke internet dari lokasi biasanya. 

Adapun beberapa layanan web mail service yang populer di antaranya yaitu seperti Yahoo!, Mail, Gmail, Hotmail, dan lain sebagainya.

2. Search Engine

Selanjutnya, fungsi world wide web adalah memudahkan search engine dalam merangkum semua website yang ada di dunia. Search engine adalah program yang dirancang untuk memungkinkan pengguna menelusuri informasi atau konten world wide web.

Baca juga: Pengertian Jaringan Peer to Peer, Kelebihan, dan Kekurangan

3. Web Hosting

Berikutnya, fungsi world wide web adalah sebagai web hosting, sehingga memungkinkan organisasi dan individu untuk mengirim situs web atau halaman web ke Internet.

Web hosting adalah tempat untuk menyimpan database sebuah website. Itu artinya, website hanya dapat diakses jika domain website tersebut terhubung dengan web hosting.

Jika sedang membutuhkannya, Jagoan Hosting menyediakan layanan hosting dengan performa paling handal dengan harga lebih murah, Sob. Yuk langsung sikat!

4. Portal

Terakhir, fungsi world wide web adalah sebagai Portal. Perlu diketahui, portal adalah lokasi pribadi di internet yang bertindak sebagai titik akses ke informasi yang sudah tersedia di world wide web.

Baca juga: Data Warehouse: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Komponen

Cara Kerja WWW

Cara kerja WWW tidak sesederhana yang dipikirkan, ada banyak hal yang harus dipelajari agar kamu bisa memahami dengan jelas bagaimana WWW itu dan bagaimana menggunakan website.

Pada umumnya, cara kerja server WWW adalah dengan mengatur informasi yang diminta menjadi hypertext dengan gambar dan teks melalui Hypertext Markup Language (HTML), dan menggunakan tautan untuk pergi dari satu situs ke situs lainnya.

Ketika kamu membuka browser dan mengetik URL, ada tiga teknologi utama yang terlibat di dalamnya untuk mentransfer informasi dari server ke klien. Teknologi-teknologi tersebut, ialah HTML, HTTP, dan browser web.

  • HTML adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman suatu web.
  • HTTP adalah kepanjangan dari Hyper Text Transfer Protocol yang memungkinkan WWW bekerja dengan lancar dan efektif.
  • Web browser adalah program website yang bertujuan untuk menampilkan suatu teks, data, gambar, video, hingga animasi, dan lainnya.

Nah, itu dia pembahasan tentang pengertian, sejarah dan fungsi dari WWW yang berhasil dirangkum oleh Jagoan Hosting.

Secara garis besar fungsi WWW adalah untuk menyediakan data dan informasi apapun dari manapun agar mudah di akses oleh orang lain di manapun.

Kamu tertarik untuk websitemu sendiri? Kamu bisa buat website dengan mudah menggunakan Web Hosting Unlimited Storage dari Jagoan Hosting.

Jagoan Hosting menawarkan layanan hosting dengan performa maksimal dan harga bersahabat untukmu!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like