Internet adalah hal yang sudah melekat di kehidupan manusia. Siapa sih yang tidak menggunakan internet untuk bekerja atau sekolah?

Ya, dampak positif internet memang sangat berguna dan tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-sehari. 

Selain hanya menggunakannya, ada baiknya kamu mengenali apa itu internet hingga apa saja manfaatnya.

Nah, kali ini Jagoan hosting akan mengulas informasi mengenai internet yang bisa kamu pelajari. Yuk, simak artikelnya!

Pengertian internet

Singkatnya, internet adalah sebuah jaringan berskala global yang memanfaatkan perangkat berbasis komputer untuk mengirimkan informasi dan memudahkan komunikasi tanpa terbatas oleh jarak serta waktu.

Semenjak kehadiran internet, segala aktivitas terasa lebih mudah, bahkan banyak membantu menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dalam kurun waktu cepat.

Cara kerja internet sebenarnya cukup sederhana, yakni memanfaatkan IP Address (alamat IP) yang menghubungkan satu server ke server di seluruh dunia.

Penggunaan satelit semakin mempercepat laju internet untuk menghubungkan ke antar server berdasarkan alamat IP-nya (tentu, setiap negara mempunyai alamat IP yang berbeda-beda).

Perbedaan internet, ethernet, intranet

Ketika kamu mencari informasi terkait apa itu internet di search engine, pastinya terdapat beberapa kata yang mempunyai nama hampir serupa dengan internet, yakni Ethernet dan intranet. Lalu, apa saja ya perbedaan diantara ketiganya?

1.  Internet

Seperti penjelasan sebelumnya di awal artikel, internet adalah sebuah jaringan untuk mendistribusikan informasi, baik dalam bentuk teks, gambar maupun video dengan memanfaatkan server yang saling terhubung dan dapat diakses secara umum.

Kepanjangan internet adalah Internet Connected Network dan mengandalkan IP (Internet Protocol) atau bisa juga menggunakan nama TCP (Transmission Control Protocol).

Fungsi dari IP sendiri menjadi sebuah protokol untuk memenuhi syarat pengiriman informasi di internet, atau istilah populernya bisa disebut dengan SCP (Switch Communication Protocol).

Maka tidak heran jika internet sangat membantu komunikasi banyak orang di seluruh dunia hanya dengan satu langkah mudah saja.

Baca juga: Internet of Things (IoT) : Pengertian, Manfaat, Contoh, Cara Belajar

2.   Ethernet

Kalau kamu sudah familiar dengan materi terkait jaringan komputer, tentunya tidak asing dengan yang satu ini. Yaps! Ethernet merupakan jaringan yang mencakup area lokal atau lebih dikenal dengan LAN (Local Area Network).

Ethernet sendiri masih sering disamakan dengan Wi-Fi, padahal keduanya mempunyai banyak perbedaan, meskipun fungsinya sama-sama menghubungkan antar jaringan komputer.

Jika dilihat dari segi kecepatan jaringan internet, Ethernet jauh lebih unggul jika dibandingkan Wi-Fi karena bisa mencapai 100Gbps, sedangkan rata-rata kecepatan Wi-Fi berada di rentang 10 Mbps hingga 50 Mbps saja.

Namun, tentu saja Ethernet mempunyai kekurangan, yakni dari segi lokasi tidak sefleksibel Wi-Fi yang sifatnya nirkabel (tidak menggunakan kabel). Ethernet tetap membutuhkan kabel untuk menghubungkan jaringan.

Dari segi keamanannya, Ethernet jauh lebih aman dibandingkan Wi-Fi yang jaringannya lebih rentan untuk dimasuki atau diretas oleh pihak luar.

Meskipun Wi-Fi bisa diberikan perlindungan, akan tetapi tingkat keamanannya masih di bawah Ethernet.

3.  Intranet

Kalau kamu bekerja di kantor atau menempuh pendidikan di sekolah maupun universitas, penggunaan internet di area tersebut tentunya menggunakan Intranet. Intranet adalah jaringan yang sifatnya pribadi (Private Network).

Daya jangkauannya pun juga kecil, hal ini karena memang dialokasikan untuk area-area tertentu saja

. Sistem jaringannya pun juga sempit dan mengalami perkembangan yang cukup lambat jika dibandingkan internet.

Namun, Intranet mempunyai kelebihan, terutama di perkantoran karena informasi yang diperoleh oleh setiap karyawan akan sama ketika didistribusikan ke jaringan komputer masing-masing.

Selain itu, saat melakukan koordinasi dengan antar divisi juga lebih mudah dengan adanya Intranet karena jangkauannya pun juga tidak terlalu luas.

Sejarah perkembangan internet

Sejarah perkembangan internet dimulai ketika ARPA (Alpha Research Projects Agency), yakni departemen pertahanan asal Amerika Serikat yang menciptakan internet dengan nama awal ARPANET pada tahun 1969. Penggunaan internet pada awalnya masih sangat terbatas dan hanya diperuntukan bagi lembaga pendidikan, seperti Universitas populer yang berada di Negeri Paman Sam kala itu.

World Wide Web sendiri merupakan pusat informasi di internet yang mencakup berbagai macam hal dan mampu diakses secara umum. Pencipta World Wide Web sendiri adalah Tim-Berners Lee dan pada tahun 1990, keberadaan World Wide Web semakin berkembang berkat bantuan dari rekannya, yakni Robert Cailliau, pria Belgia yang berprofesi sebagai seorang insinyur informatika.

Namun, seiring berjalannya waktu, perkembangan internet terus saja bergulir hingga akhirnya sampailah pada tahun 1990 mulai mengalami peningkatan tampilan informasi di internet, yang tadinya hanya menampilkan teks saja, kini juga tersedia tampilan grafis dan bisa diakses melalui World Wide Web (WWW).

Baca juga: Cara Mudah Cek IP Address di Laptop, Android dan iOS

Manfaat internet

Kehadiran internet menjadi salah satu bukti bahwa kemajuan teknologi memang mengubah keseluruhan hidup manusia di era modern.

Banyak sekali manfaat internet yang bisa kamu rasakan, terutama saat ini segala aktivitas dilakukan secara digital, sehingga kamu hanya memerlukan perangkat pendukung untuk mengakses internet.

Yuk intip ragam manfaat internet yang wajib kamu ketahui, Sob!

1.    Efisien Waktu dan Biaya

Efisiensi waktu dan biaya ketika memanfaatkan internet adalah hal yang paling kamu rasakan, bukan?

Ketika ingin berbicara dengan teman, tanpa kamu harus jauh-jauh menghampiri dan memakan waktu lama di perjalanan, internet bisa memudahkan kamu untuk berkomunikasi melalui berbagai macam media sosial, seperti Instagram maupun Twitter melalui gawai pintar saja.

2.    Aktivitas Akademik dan Pekerjaan

Semenjak adanya pandemi Covid-19, kamu tentunya sudah tahu kalau aktivitas akademik dan pekerjaan semuanya dialihkan secara daring.

Para siswa maupun karyawan harus menjalankan aktivitasnya tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Nah, hal ini justru menjadi keuntungan tersendiri karena tanpa melakukan pertemuan secara offline pun, aktivitas pembelajaran dan pekerjaan tetap dapat dilakukan (meskipun tidak seoptimal pertemuan offline).

Berbagai media seperti Zoom dan Google Meet menjadi andalan orang-orang saat ini untuk menunjang aktivitas.

Adanya internet tidak hanya membantu para pelajar dan pekerja saja, melainkan para pebisnis yang melebarkan usahanya secara digital melalui toko online.

Tentu, toko online tersebut harus mempunyai fitur pendukung yang membantu para pembeli dalam proses transaksi.

Seperti Jagoan Hosting yang menyediakan layanan paket toko online murah dengan berbagai macam fitur unggulan, seperti integrasi plugin penghitungan biaya ongkir hingga mempermudah proses pembayaran secara digital.

Tidak hanya mendukung pembuatan toko online saja, Jagoan Hosting juga menyediakan layanan penunjang pembelajaran secara go-online melalui layanan Instant School Apps. Kemudahan dalam mengakses berbagai macam kegiatan akademik bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau dan langsung siap pakai.

3.    Mempermudah Mencari Teman Baru

Bukan zamannya lagi kamu mencari teman baru dengan berkenalan secara offline, Sob.

Manfaat dari internet sendiri adalah sebagai media berbagai aplikasi chatting dan media sosial yang memungkinkan kamu bertemu dengan orang-orang baru.

Bahkan, pertemanan via online pun bisa menjadi teman di dunia nyata, lho!

4.    Media Hiburan yang Beragam

Beruntungnya semenjak adanya internet, media hiburan semakin beragam dan tentunya lebih mudah untuk diakses.

Kalau dulu kamu harus ke bioskop untuk menonton film favorit, kini dengan adanya platform seperti Netflix maupun WeTV, hanya perlu membayar biaya bulanan (tentu saja lebih terjangkau), deretan film dan series bisa kamu nikmati sembari bersantai di rumah. Wih, asyik!

Dampak negatif internet

Meskipun banyak manfaat internet yang menguntungkan, akan tetapi internet pun juga mempunyai dampak negatif.

Salah satu contohnya adalah kasus penipuan saat berjualan online atau mudah mengakses situs-situs terlarang seperti pornografi dan judi.

Dari penjelasan di atas, kini kamu sudah mengenali apa itu internet dan bagaimana manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Meskipun kamu bebas berselancar di internet, ada baiknya untuk mempertimbangkan dampak negatif internet yang bisa terjadi.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like