Gaji Developer  — Developer atau programmer adalah profesi yang paling banyak digeluti di bidang teknologi informasi. Ada banyak jenis developer dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Secara umum, tugasnya memang sama yaitu mengembangkan sebuah perangkat. Namun, deskripsi tugas secara detail antara satu developer dengan developer yang lain bisa berbeda.

Katanya nih, Sob. Untuk menghargai usaha para developer, ada gaji atau upah yang besar. Kalau kamu tau angka pastinya, kamu bisa aja ngiler! Beneran, Sob! Namun, ini adalah hal yang terjadi di negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Kalau di Indonesia, kira-kira bagaimana, ya? Apakah gaji developer di Indonesia setara dengan gaji developer di negeri Paman Sam?

Rp448.000 per jamnya!

gaji developer di dunia
gambar dari unsplash

Kalau satu jam kerja mendapatkan gaji sebesar Rp448.000, maka berapa gaji developer di setiap bulannya? Bisa puluhan bahkan ratusan juta, Sob! Menggoda banget, kan? Pasti kamu jadi ingin berkarier sebagai developer. Ayo, ngaku! Tapi…

Tapi jangan salah ya, Sob. Ini adalah gaji developer di Amerika Serikat, bukan di Indonesia.

Gaji satu digit atau dua digit?

Lalu, seberapa besar gaji developer di Indonesia? Gaji developer di Amerika Serikat bisa memiliki dua digit angka di depannya. Kalau di Indonesia, apakah developer juga digaji hingga dua digit ini?

Jawabannya adalah IYA. Profesi developer di Indonesia juga bisa digaji hingga puluhan juta perbulannya. Dilansir dari artikel seputar web developer, gaji seorang developer di Indonesia berkisar dalam rentang 5 – 12 juta. Gaji ini menyesuaikan dengan skala perusahaan dan posisi yang dipegang. Nggak cuma itu, skill dan pengalaman juga akan memengaruhi gaji yang kamu dapatkan.

Beda pengalaman, beda gaji

Semakin lama pengalaman kamu di bidang programming, semakin besar harga yang dibayarkan perusahaan atau klien untuk kamu. Untuk ukuran fresh graduate yang masih minim pengalaman, gaji yang didapatkan belum begitu besar. Mungkin masih berkisar dalam rentang 4 hingga 6 juta. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalamanmu, gaji kamu juga bisa ikut meningkat.

Untuk programmer yang sudah memiliki pengalaman di atas tigas tahun, gaji sebesar 10 juta rupiah sangat mungkin untuk didapat. Pengalaman di atas lima tahun bisa menaikkan gaji hingga belasan juta. Besaran gaji ini akan terus meningkat seiring banyaknya pengalaman dan skill yang dimiliki.

Kualifikasi penting seorang developer

Untuk bisa memiliki gaji yang besar, tentu ada kualifikasi-kualifikasi khusus yang wajib dipenuhi. Kualifikasi yang harus dimiliki seorang developer adalah:

  1. Memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi atau pendidikan yang terkait
  2. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris minimal pasif
  3. Memiliki kemauan belajar yang tinggi
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik
  5. Memiliki kemampuan pemecahan masalah
  6. Memiliki kemampuan bekerja mandiri dan tim
  7. Mampu bekerja sama dalam tim
  8. Memahami bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, dan lain-lain

Secara umum, delapan hal di atas adalah kualifikasi yang wajib dipenuhi oleh calon-calon developer. Untuk bisa mendapatkan gaji yang tinggi, kamu perlu memiliki keunggulan lain yang mendukung diri kamu. Kalau mau mendapatkan gaji developer yang fantastis, siapkan portofolio terbaik kamu ya, Sob.

Sama seperti para developer di balik layanan hosting dan VPS terbaik dari Jagoan Hosting. Para developer ini telah memenuhi kualifikasi sebagai developer. Ditambah pula dengan skill dan pengalaman yang nggak perlu diragukan lagi.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like