10+ Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik

tips memilih jasa pembuatan website

Memang urusan jadi semakin mudah dengan adanya jasa-jasa yang membantu kamu yang ingin membuat website untuk apapun keperluannya. Namun tentunya kamu sudah tahu bukan kalau jasa semacam itu sudah banyak?

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Supaya nanti tidak sampai salah pilih maka berikut 11 tips memilih jasa pembuatan website

Tetapkan Dulu Tujuan dan Kebutuhan Dari Website yang Kamu Buat

Walaupun nanti pihak yang membangun website bukan kamu sendiri tapi tetap penting untuk menetapkan secara spesifik kamu inginnya seperti apa. Setidaknya kamu sudah tahu secara garis besar nanti website tersebut :  

  • Akan digunakan buat apa website tersebut? Apakah sekedar blog personal atau untuk tujuan yang lebih profesional seperti membangun ecommerce?
  • Membutuhkan persiapan apa saja untuk dapat mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan. Misalnya persiapan mengenai sumber daya maupun teknologi penunjangnya. 

Mengapa menetapkan tujuan menjadi penting pada tips memilih jasa pembuatan website ? Salah satu contoh mudahnya karena berkaitan dengan seberapa banyak traffic yang kamu harapkan datang ke dalam website

Apabila tujuan website-mu ingin membuat bisnis maka sudah pasti mengharapkan traffic sebanyak mungkin. Dalam hal ini kamu pun harus memastikan kelak jasa penyedia website yang kamu pilih mampu mengakomodasi  perkembangan tersebut. 

Perhatikan Masalah Jaminan Uptime dari Layanan

Jaminan uptime menjadi aspek yang penting sebagai tips memilih jasa pembuatan website. Aspek inilah yang  menentukan apakah audiens akan memperoleh akses yang stabil saat masuk ke dalam website-mu.  

Oleh karenanya sebagai batas minimum, pilihlah layanan yang memang menjamin uptime sebesar 99,9%. Namun jangan langsung percaya begitu saja, kamu pun perlu meriset apakah persentase tersebut benar adanya. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Website Edukasi dengan WordPress LMS

Adapun cara paling mudah untuk melakukan riset adalah dengan menggali informasi dari kolom testimoni dari customer yang sudah pernah memakai layanan. 

Perhatikan Masalah Performa dan Kecepatan

Performa dan kecepatan situs web secara signifikan memengaruhi pengalaman pengguna dan optimisasi mesin pencari. 

Dengan demikian dalam tips memilih jasa pembuatan website. penting sekali untuk mampu menemukan layanan website yang menjamin performa dan kecepatan. Dua hal tersebut yang berpengaruh pada kualitas daya saing dari website-mu. 

Maka dari itu akan lebih baik kalau kamu memilih layanan website yang menggunakan solid-state drives (SSD). Tujuannya adalah  untuk meningkatkan pengambilan data dan jaringan pengiriman konten (CDN) untuk mengoptimalkan kecepatan dan mengurangi latensi.

Lihat Apakah Memperoleh Customer Service yang Memadai

Dukungan pelanggan yang mudah diakses dan fast response sangat penting ketika terjadi masalah atau pertanyaan. 

Penyedia hosting yang ideal seharusnya menawarkan berbagai jalur komunikasi. Dengan begitu customer dapat lebih leluasa menghubungi kamu. Misalnya  memberikan akses  lewat media sosial, email, maupun lewat telepon secara langsung. 

support hosting

Tidak berhenti pada akses komunikasi yang beraneka ragam, jauh lebih baik kalau customer service-nya tetap buka selama 24 jam 1 minggu seperti di seluruh layanan di Jagoan Hosting. Dengan begitu , kamu tetap bisa memperoleh bantuan kapanpun, tidak perlu menunggu sampai jam kantor aktif lagi di hari selanjutnya. 

Pertimbangkan Harga dan Layanan yang Kamu Peroleh 

Dalam membeli apapun, harga tidak dapat dipungkiri adalah faktor yang penting dan berlaku juga pada tips memilih jasa pembuatan website. 

Jangan langsung tergiur memlihat harga yang murah karena percuma saja murah tapi kalau kualitas yang kamu dapatkan ala kadarnya. Lihat dulu dengan harga sekian yang layanan tetapkan, fitur dan layanan apa yang kamu dapatkan? Apakah memang worth it sesuai yang kamu inginkan.

Perhatikan Faktor Keamanan dan Backup Data

Ketika mengevaluasi penyedia hosting dalam tips memilih jasa pembuatan website, sangat penting untuk menilai bagaimana kompetensinya pada sektor keamanan. Layanan yang berkualitas sudah pasti akan mengupayakan yang terbaik agar website-mu terproteksi secara utuh dari segala jenis ancaman cyber

Cari penyedia yang menawarkan firewall, pemindaian malware reguler, dan sertifikat SSL untuk mengamankan informasi sensitif.

Cek Konten Lainnya:
23+ Contoh Website Pribadi & Blog buat Inspirasimu

Periksa juga apakah mereka menyediakan backup otomatis dan opsi pemulihan untuk memulihkan website-mu seperti sedia kala. Backup menjadi krusial jika terjadi  kasus kehilangan data atau pelanggaran keamanan.

Perhatikan Tingkat Skalabilitas dan Fleksibilitas 

Tips memilih jasa pembuatan website selanjutnya adalah memperhatikan masalah skalabilitas dan fleksibilitas. Dua aspek tersebut menjadi krusial sehubungan dengan kebutuhan website yang bisa saja berubah seiring dengan perkembangan ke depannya. 

Jadi lebih baik carilah layanan yang menawarkan rencana hosting fleksibel yang mampu mengakomodasi perkembangan website. Contoh layanan dengan kemampuan semacam itu  adalah cloud hosting atau virtual private servers (VPS). 

Perhatikan Kecanggihan Control Panel dan User Interface-nya

Panel kontrol yang memenuhi kebutuhan dan preferensi kamu dapat meningkatkan pengalaman hosting secara keseluruhan. Selain itu pula membantu kamu mengelola berbagai aspek websitemu dengan efisien.

Itulah mengapa dalam tips memilih jasa pembuatan website, jangan lupa pertimbangkan kualitas dan kegunaan control panel.

Sebaiknya mencari layanan website yang menawarkan panel kontrol yang intuitif dengan instalasi satu klik dan alat manajemen. Pengaturan seperti itu akan menjadikan pengaturan dan pengelolaan website kamu lebih mudah.

Kemudahan Mengakses SFTP

File Transfer Protocol Aman (SFTP) adalah alat yang dapat diandalkan untuk memelihara website. Perannya menjadi penting setiap kali kamu perlu memperbaiki kesalahan, menyesuaikan file website, atau melakukan berbagai tugas.

Sebagai informasi tambahan, sebaiknya sederhanakan dahulu pengaturan manajemen website-mu. Tujuannya untuk memastikan layanan website yang kamu pilih memberi kode kredensial  untuk mengakses SFTP.

Apakah Layanan Website Menyediakan Alamat Email Untuk Domain?

Jika kamu ingin email bisnis yang memiliki penampilan profesional yang sama seperti website maka mutlak kamu memerlukan layanan hosting email yang berdedikasi. 

Beberapa rencana hosting mungkin menyertakan alamat email dengan fitur terbatas. Namun, ada baiknya mengeksplorasi opsi hosting email jika kamu berencana melakukan promosi juga melalui platform tersebut.  

Ada keuntungan dan kerugian dalam menggabungkan host email dan host webmu. Jika satu layanan mengalami masalah, itu juga bisa memengaruhi yang lain.

Kemudahan Melakukan Backup Data

Sistem yang sudah dibuat sebagus mungkin tidak mungkin tidak lepas dari masalah. Jadi sewaktu-waktu website-mu pun bisa saja mengalami masalah seperti masalah keamanan. Dalam kondisi semacam ini, backup data mengambil peran yang luar biasa penting.  

Cek Konten Lainnya:
Pengertian OOP (Object Oriented Programming) dan 4 Prinsipnya
fitur backup di jagoan hosting

Maka dari itu akan lebih bagus dalam tips memilih jasa pembuatan website, pilihlah layanan yang menyediakan fitur backup harian yang bisa kamu dapatkan secara cuma cuma di layanan Jagoan Hosting. Secara otomatis fitur akan rutin membuat salinan baru dari website tanpa kamu perlu melakukan apa-apa. 

Beberapa bahkan memiliki opsi “cadangan satu klik”. Kamu dapat membuat cadangan kapan pun cukup satu klik saja.

Begitulah tadi tips memilih jasa pembuatan website, semoga informasi di atas berguna bagi kamu yang saat ini ingin berbisnis lewat paltform tersebut.

Terlebih dari semua tips ada, fokuskan dulu pada poin nomor 1. Kalau kamu sudah paham dasarnya maka lebih mudah menentukan yang lain-lainnya.

FAQ

Apa saja tips memilih jasa yang membuatkan website?

  • Tetapkan Dulu Tujuan dan Kebutuhan Dari Website yang Kamu Buat
  • Perhatikan Masalah Jaminan Uptime dari Layanan
  • Perhatikan Masalah Performa dan Kecepatan
  • Lihat Apakah Memperoleh Customer Service yang Memadai
  • Pertimbangkan Harga dan Layanan yang Kamu Peroleh 
  • Perhatikan Faktor Keamanan dan  Backup Data
  • Perhatikan Tingkat Skalabilitas dan Fleksibilitas 
  • Perhatikan Kecanggihan Control Panel dan User Interface-nya
  • Kemudahan Mengakses SFTP
  • Apakah Layanan Website Menyediakan Alamat Email Untuk Domain?.
  • Kemudahan Melakukan Backup Data

Bagaimana menentukan kebutuhan website dengan tepat?

Berdasarkan panduan dari utahost, begini cara menentukan kebutuhan website

  • Estimasikan kira-kira seberapa banyak pengunjung yang sekiranya nanti akan mengakses website. Untuk membantu estimasi, kamu bisa manfaatkan tools seperti Google Analytics.
  • Estimasikan berapa ukuran ruang penyimpanan dan RAM yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja website-mu. 
  • Perkiraan fitur-fitur tambahan apa saja yang akan kamu pakai. 

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga memakai layanan pembuatan website ?

  • Kompleksitas tujuan yang ingin dicapai oleh klien
  • Kualitas desain visual
  • Kualitas konten
  • Kelengkapan fitur yang klien inginkan 
  • Proses backend dan frontend
  • Proses optimasi hosting agar website memiliki performa yang bagus
  • Harus membeli domain
  • Harus melakukan maintenance yang prosesnya relatif sulit
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
bahasa pemrograman web developer
Read More
3 Bahasa Pemrograman Yang Wajib Dipahami Web Developer
HTML, CSS dan JavaScript adalah santapan utama para web developer. Ketiganya merupakan bahasa pemrograman yang paling inti di…
framework front end
Read More
Framework untuk Front End Terbaik 2024 & Tips Memilih
Ingin membangun website menjadi lebih menarik secara visual? Ada salah satu alat yang bisa kamu gunakan tanpa menyita…