10+ Control Panel VPS Terbaik (Gratis dan Bayar)

control panel vps

Ada beberapa hal yang mesti kamu persiapkan sebelum membuat website, aplikasi panel VPS gratis misalnya. Aplikasi ini akan sangat membantu website yang kamu buat, loh. 

Berikut adalah 10+ daftar control panel VPS terbaik bisa kamu gunakan untuk website yang sob punya.

Pengertian Control Panel VPS

Sesuai namanya, control panel VPS adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengelola fungsi server VPS. Control panel ini berbentuk aplikasi, tapi basisnya adalah website. 

Penggunaan tools seperti ini akan sangat membantu, terlebih lagi bagi kamu yang belum, atau tidak mempunyai skill pemrograman komputer. Salah satu keunggulan control panel VPS ialah UI/UX nya yang user friendly. 

Sehingga, membuat pengguna pemula bisa memahami dan menggunakannya dengan mudah. 

Control Panel VPS Gratis dan Berbayar

Saat ini, VPS merupakan server hosting yang sangat diminati banyak orang. Menariknya, cukup banyak versi control panel VPS yang beredar. Jika masih bingung dengan variasinya, bisa simak daftar berikut: 

1.  cPanel

cpanel

cPanel merupakan salah satu control panel VPS gratis yang bisa kamu coba. cPanel bisa digunakan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Linux. Hingga kini, sudah ada jutaan orang yang menggunakannya. 

Adapun salah satu alasan mengapa banyak orang memilih cPanel adalah kemampuannya dalam mengelola dan mengatur akun admin serta user VPS yang sangat baik. 

Dalam hal ini, sebagai pengguna kamu bisa melakukan pengaturan dan pengelolaan akun admin dan user VPS dengan sangat mudah, dan sama sekali tidak ribet. 

Tertarik pakai panel cPanel untuk VPSmu? Dapatkan cPanel gratis hanya dengan berlangganan Cloud VPS di Jagoan Hosting.

Cek Konten Lainnya:
Black Friday Hosting dan VPS 2023 - Diskon Melimpah

2. Webuzo

webuzo

Webuzo adalah salah satu control panel gratis untuk VPS yang bisa kamu coba. Control panel Webuzo sendiri merupakan control panel besutan Softaculous, yang hingga kini masih kaerap dipilih oleh pengguna VPS (Virtual Private Server).  

Ketika menggunakan layanan ini, maka ada berbagai fitur yang bisa kamu nikmati, seperti manajemen user FTP, script auto install, dan yang lainnya. Menariknya lagi, Webuzo ini juga termasuk VPS control panel open source terbaik.

Namun, penggunaan secara gratis membuat kamu tidak dapat mengakses seluruh fitur-fitur keren mereka. Jika tertarik dengan seluruh fitur panel VPS ini, kamu bisa gunakan yang versi berbayar, ya. 

3. CyberPanel 

cyberpanel

Contoh control panel VPS gratis berikutnya adalah CyberPanel. Sebagaimana halnya beberapa contoh di atas, kamu juga bisa menggunakan layanan control panel ini secara gratis. 

Meskipun gratisan, tapi kamu tetap bisa menikmati fitur lengkap dan canggih kok. CyberPanel ini cocok banget buat kamu yang minim budget atau harus menghemat anggaran website, tapi tetap ingin menikmati layanan profesional.

Sekarang, kamu sudah bisa dapatkan VPS dengan pilihan panel siap pakai di Jagoan Hosting, termasuk saat tertarik ingin menggunakan panel CyberPanel. 

4. ISPConfig

Control panel VPS ISPConfig juga termasuk layanan control panel yang populer. Bahkan, ada lebih dari 40 ribu unggahan tiap bulannya. Control panel satu ini mempunyai berbagai keunggulan. 

Salah satunya adalah dari segi jenis control panelnya yang ternyata sudah tersedia gratis sepenuhnya. Selain itu, ISPConfig juga sudah mempunyai lisensi BSD, loh. 

Kelebihan lain yang juga bisa kamu nikmati ialah sudah didukung penggunaan IPv6. Itu artinya, penggunaannya cocok banget buat kamu yang notabenenya punya web tech geek, Sob. 

5. VestaCP

VestaCP adalah salah satu control panel VPS terbaik, dengan basis open source-nya. Kini, sudah ada lebih dari 439 aplikasi yang bisa kamu install. Proses instalasinya juga tergolong mudah, lantaran cuma dengan sekali klik saja. 

Cek Konten Lainnya:
Harga VPS Murah se-Indonesia, Fitur Anti Abal-abal

Bobotnya ringan, tidak heran jika kinerja termasuk sangat baik dan cepat. Kamu bisa menggunakannya secara gratis. Adapun fitur-fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap, seperti manajemen DNS, manajemen database, dan yang lainnya.

6. aaPanel

Sementara untuk control panel VPS gratis selanjutnya adalah aaPanel. Control panel ini mempunyai bobot ringan dan tampilan yang bersih. Terdapat berbagai pilihan paket yang bisa kamu pilih. 

Bahkan, tersedia opsi web server Nginx dan Apache. Bukan hanya itu saja, penggunaan aaPanel juga memungkinkan kamu untuk menikmati layanan install plugin apa pun sesuai kebutuhan. Seperti mail server, DNS server, dan yang lainnya.

Namun, sangat disayangkan karena penggunaannya tidak didukung dengan multiple user. 

7. Webmin

Webmin juga termasuk salah satu control panel VPS gratis terbaik, loh. Fitur dan layanannya tidak kalah bagusnya dengan control panel yang lain. Adapun keunggulan yang paling menonjol adalah bagian fleksibilitasnya. 

Hal ini lantaran kamu bukan hanya bisa menggunakannya di perangkat yang memakai sistem operasi Linux, tapi, juga bisa menggunakannya di sistem operasi Windows. Konfigurasi menggunakan Webmin juga tergolong sangat mudah. 

8. Virtualmin

Pilihan control panel lainnya adalah Virtualmin. Control panel yang satu ini juga punya banyak keunggulan. Salah satunya adalah didukung dengan berbagai sistem operasi yakni Linux, BSD, dan yang lainnya.

Penggunaan Virtualmin terbagi dua, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Apabila menggunakan versi gratisnya, maka kamu bisa mengelola banyak jenis server, mulai dari website, mobile, atau pun yang lainnya.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, tidak heran jika control panel ini laris banget kan?

9. CentOS-WebPanel

centos

Walau pun disediakan secara gratis, control panel satu ini tetap bisa banget jadi andalan, loh. Kamu bisa menggunakannya lewat perangkat yang sistem operasinya CloudLinux dan CentOS/RHEL 7.x.

Saat menggunakan control panel CentOS-WebPanel, ada banyak fitur modern yang bisa kamu nikmati. Seperti manajemen email, manajemen FTP, hingga Apache Web Server

Cek Konten Lainnya:
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan VPS

9. Plesk

Apabila kamu mencari control panel berbayar, Plesk bisa jadi pilihan. Saat ini, Plesk sudah tersedia untuk Windows dan Linux. Plexs termasuk control panel yang mudah digunakan, tampilannya juga simpel dan sangat menarik.

Saat menggunakannya, kamu akan menemukan 4 tingkatan yang berbeda-beda dari segi login dan permission. Contoh, client/reseller, mail user, administrator, dan owner. 

10. InterWorx

InterWorx adalah control panel premium terbaik. Tersedia dua mode operasi yakni Nodeworx dan juga Siteworx. Semenara aplikasi yang didukung juga cukup banyak, seperti PHP, DNS, IMAP, MySQL, Perl, dan yang lainnya.

11. ISPmanager

Control panel ISPManager merupakan control panel berbasis Linux, dan tergolong cukup populer, loh. Hal ini karena desainnya simpel, sehingga cukup mudah buat diakses siapa pun.

Ada dua versi penggunaan yakni versi Lite dan versi Business. Versi lite-nya merupakan pilihan untuk server khusus dan VPS. Sementara, versi bisnisnya sering digunakan buat penyedia shared hosting atau pun reseller.

Dapatkan VPS dengan Dukungan Berbagai Macam Panel

Dengan VPS Jagoan Hosting, kamu bisa! Dukungan penuh untuk berbagai panel membuat pengelolaan jadi lebih mudah. Dan yang lebih seru, dapatkan cPanel secara gratis!

Mulai sekarang, tingkatkan performa situs webmu dengan VPS Jagoan Hosting.

FAQ

Apa itu control panel VPS gratis? 

Control panel VPS gratis merupakan aplikasi berbasis website yang berfungsi untuk mengelola fungsi server VPS, dan bisa didapatkan secara gratis. 

Apakah Webmin gratis?

Ya, Webmin merupakan salah satu control panel VPS gratis yang bisa kamu gunakan. 

Apa saja contoh control panel gratis? 

Adapun contoh control panel gratis ialah ISPConfig, VestaCP, Webuzo, dan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Apa Sih Server Monitoring Itu? dan Toolsnya
Server Monitoring Itu Adalah : Seperti namanya, Server Monitoring adalah alat untuk memantau seluruh kinerja yang sedang berlangsung…
server
Read More
Apa itu Server? Fungsi, Jenis & Cara Memilihnya
Server adalah salah satu rangkaian perangkat penting di dalam sebuah jaringan. Secara umum, kegunaan server dalam jaringan komputer…