Apa Itu Debian? Fungsi, Jenis, dan Kelebihannya

debian

Windows, MacOS, dan Linux merupakan sistem operasi komputer yang banyak orang pakai dewasa ini. Pada sistem operasi Linux, penggunanya pasti sudah tidak asing lagi dengan Debian yang merupakan sistem operasi berbasis Linux. 

Jenis sistem operasi ini cukup terkenal dalam komunitas karena sifatnya yang open source. Sayangnya, masih belum banyak yang tahu mengenai jenis sistem operasi berbasis Linux ini, terlebih bagi mereka yang bukan pengguna Linux. 

Nah, buat kamu yang tertarik memakai jenis sistem operasi Debian, kenali terlebih dahulu pengertian, fungsi, kelebihan, dan kekurangan sebagai dasar untuk membuat keputusan. Supaya tidak penasaran lagi, langsung simak informasinya di bawah ini.  

Apa Itu Debian?

debian

Tahukah, Sob? Ternyata yang mengenalkan sistem operasi Debian adalah seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat pada 16 Agustus 1993. Nama mahasiswa tersebut tidak lain Ian Murdock. 

Ian Murdock mempunyai latar belakang unik saat memilih nama sistem operasinya. Pasalnya, kata Debian berasal dari gabungan nama Ian dengan mantan kekasihnya yang bernama Debra Lynn. 

Jadi, gabungan kedua nama antara Deb dan Ian itulah yang akhirnya menjadi nama sistem operasi sekarang ini. Sebagai sistem operasi komputer, Debian berfungsi menjalankan komputer, server, dan perangkat lainnya dengan kernel Linux. 

Selain itu, sistem operasi komputer ini sangat populer di komunitas open source. Maksud daripada open source berarti kamu bisa mengakses perangkat lunak dengan bebas dan terbuka. Inilah bagian yang paling disukai orang-orang. 

Terlebih, lisensi sistem operasi berbasis Linux ini mayoritas adalah GNU atau General Public License serta lisensi perangkat lunak lainnya. 

Sementara itu, kamu bisa mengakses sistem operasi yang memakai kernel Linux ini secara mudah dan gratis. 

Sehingga, tidak heran banyak orang mulai berminat memakai Debian sebagai sistem operasi komputer mempertimbangkan benefitnya. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu cPanel? Fungsi, Cara Kerja dan Fiturnya

Fitur Debian yang fleksibel dan mudah juga jadi alasan banyak perusahaan ternama mulai menggunakannya.

Apalagi, dengan sistem operasi ini kamu bisa mendapatkan bervariasi perangkat lunak gratis. Misalnya seperti aplikasi yang kegunaannya adalah untuk mengedit gambar, video, teks, hingga ke video game

Fungsi Debian

Selain berfungsi sebagai sistem operasi komputer, Debian juga berperan multifungsi. 

Setidaknya, ada dua manfaat utama yang dimilikinya seperti sistem operasi desktop dan server. Lebih lengkapnya, kamu bisa menguraikan fungsinya berikut ini. 

1. Menjalankan Sistem Operasi Desktop

Karena termasuk sistem operasi, berarti kamu juga bisa menerapkan Debian sebagai sistem operasi desktop yang memungkinkan menggantikan Linux hingga Windows OS. 

Mengapa bisa sampai begitu? Pada kasus pengguna Linux, Microsoft Office tidak tersedia. Akibatnya, sulit bagi pekerja kantoran atau yang memerlukan fitur Microsoft Office untuk bekerja menggunakan sistem operasi Linux. 

Namun, beda cerita jika itu adalah Debian. Sistem operasi ini membuat kamu bisa memasang Libreoffice yang mirip seperti Microsoft Office dengan mudah. Di sana terdapat alat untuk mengedit kata atau menyediakan spreadsheet seperti Excel. 

Terlebih, sistem operasi ini lebih cocok untuk berbagai jenis perangkat keras (hardware) dari yang lawas hingga terbaru. Jadi, menjalankan sistem operasi desktop merupakan fungsi utama dari Debian. 

2. Membangun Server

Berikutnya, sistem operasi komputer tidak hanya menjalankan komputer saja, melainkan juga membangun server. Fungsi Debian untuk membangun server ini bisa dalam bentuk web server, mail server, DNS server, dan lain sebagainya. 

Dalam menjalankan fungsinya, Debian tidak memerlukan spesifikasi perangkat keras yang kompleks. Hal ini bisa menekan pengeluaran uang. 

Selain itu, sebagai pembangun server, kelebihan lainnya terletak pada performa yang stabil dan keamanan terjaga. Kamu bisa menganggap ini sebagai sistem operasi yang bisa diatur sesuai kebutuhan dan multiguna. 

Kalau kamu tertarik untuk mengelola server dengan OS Debian, Jagoan Hosting punya solusi VPS dengan OS Debian yang siap pakai. Segera dapatkan kemudahan mengelola server di Cloud VPS dari Jagoan Hosting.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Internet of Things (IoT)? Manfaat, Cara Kerja & Contohnya

3. Mengelola Paket Perangkat Lunak

Sob, masih ingat bukan jika Debian menyediakan puluhan ribu perangkat lunak yang bisa digunakan? Nah, meski jumlahnya sangat banyak, kamu tidak perlu khawatir cara mengelolanya, 

Pasalnya, Debian sudah melengkapi perangkat lunak yang tidak hanya mudah diinstall, melainkan juga dikelola. Beberapa jenis perangkat yang ada antara lain aplikasi, perangkat lunak server, perangkat pengembangan, dan lain sebagainya. 

Jadi, bisa kamu anggap pemeliharaan sistem operasi ini cukup efisien dan dapat mengelola perangkat lunak dengan mudah. 

4. Melakukan Troubleshooting

Troubleshooting berfungsi mendeteksi terjadinya error pada perangkat keras, perangkat lunak, maupun jaringan. 

Debian sendiri terkenal karena tingkat keamanannya yang tinggi. Secara berkala, ada pembaruan dan perbaikan yang membuat sistem operasi ini makin disukai. 

Jenis-Jenis Debian

Jenis-jenis Debian bisa disebut flavor yang terbangun di atas inti sistem operasi ini. Di bawah ini adalah contoh beberapa Debian OS yang terkenal. 

  • Debian GNU/Linux. Debian original yang menawarkan perangkat lunak melimpah untuk desktop dan server. 
  • Knoppix. Distribusi Linux yang populer yang telah menyediakan aplikasi terkenal seperti Mozilla Firefox, LibreOffice, dan GIMP. 
  • Ubuntu. Distribusi Linux yang dibangun di atas inti Debian dan sama-sama menyediakan paket yang mudah kamu gunakan serta kelola untuk desktop dan server. 
  • MX Linux. Distribusi Linux yang memiliki antarmuka ringan dan cepat, serta menawarkan pilihan aplikasi yang terdiri dari perangkat lunak produktivitas, multimedia, dan browser web
  • Kali Linux. Distribusi Linux yang secara khusus berguna untuk keamanan. 
  • SteamOS. Sistem operasi yang dirancang untuk gaming, sehingga bertujuan meningkatkan pengalaman bermain yang menyenangkan dan lancar. 

Kelebihan Debian

Setiap sistem operasi komputer pastinya memiliki kelebihan yang membuatnya menjadi favorit orang-orang. Terlebih, Debian sendiri memiliki komunitas yang cukup besar. Kira-kira apa yang membuat orang lain tertarik menggunakan sistem ini?

  • Bersifat open source yang memungkinkan seorang developer menggunakan sistem operasi ini dengan bebas dan tanpa biaya lisensi. Kamu bisa mengatur sistem ini sesuai kebutuhan. 
  • Mengatasi maintenance bukan lagi hal yang sulit karena sistem manajemen Debian merancang pemeliharaan dan peningkatan sistem menjadi lebih mudah. 
  • Kelebihan Debian sebagai sistem operasi dekstop dan pembangun server yang memiliki performa stabil, ringan, dan cepat. 
  • Dukungan terhadap berbagai arsitektur perangkat keras yang cocok untuk banyak platform. 
Cek Konten Lainnya:
GPT-4 Baru Rilis, Inilah Bedanya dengan Versi Sebelumnya

Kekurangan Debian

Selain memiliki nilai plus, sistem operasi ini juga memiliki sejumlah kekurangan yang sama-sama perlu kamu pertimbangkan. Berikut adalah contoh kekurangan Debian: 

  • Perangkat lunak yang biasa digunakan adalah versi lama. 
  • Proses perangkat lunak baru yang cukup sulit karena harus melewati persyaratan pengujian keamanan dan stabilitas untuk masuk ke sistem operasi berbasis Linux ini.
  • Membutuhkan minimal 40-60 GB sebagai arsip.  
  • Pertama kali melakukan instalasi cukup sulit, terutama bagian konfigurasinya. 

Jadi, itulah pembahasan mengenai sistem operasi Debian mulai dari pengertian sampai dengan kekurangannya. Pada dasarnya, sistem operasi ini merupakan bagian dari distribusi Linux karena memakai kernel Linux sebagai dasarnya. 

Hanya saja, sistem operasi ini memiliki karakteristik yang berbeda dari distribusi Linux lainnya. Kamu bisa menjadikan informasi di atas sebagai bahan pertimbangan untuk menggunakan sistem operasi berbasis Linux satu ini.

Dapatkan Kemudahan Mengelola Server dengan OS Debian

Ingin menjalankan OS Debian dengan mudah? Yuk, pilih Cloud VPS dari Jagoan Hosting!

Pertama, Pastikan Performa! Dengan Cloud VPS, situsmu akan berjalan lebih cepat dan lancar, tanpa hambatan.

Aman dan Handal! Tak perlu khawatir lagi dengan keamanan, karena Cloud VPS kami dilengkapi dengan sistem keamanan canggih yang siap melindungi data dan informasi pentingmu.

Simpel dan Fleksibel! Kelola OS Debian dengan mudah tanpa ribet. Dapatkan kontrol penuh atas servermu, kapan pun dan di mana pun.

Jadi, pilih VPS dari Jagoan Hosting sekarang juga, dan rasakan kemudahan mengelola OS Debian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
network architect
Read More
Mengenal Profesi Network Architect (Arsitektur Jaringan) di Indonesia
Network architect, salah satu profesi di bidang teknologi informasi yang belum seterkenal profesi-profesi lainnya. Kamu pasti sudah tau…
hostname
Read More
Apa Itu Hostname? Fungsi & Cara Membuatnya
Hostname adalah label unik yang ditetapkan untuk sebuah perangkat dalam jaringan. Tujuannya agar bisa membedakan antara perangkat yang…