Siapa pun yang serius membuat kemajuan dalam bisnis perlu dipahami mengapa pelayanan terbaik untuk pelanggan sangat penting. Ini bukan hanya untuk semua alasan fiskal yang jelas. Ini jauh melampaui itu. Ini menggali ke dalam keberadaan siapa diri kita dan mengapa kita melakukan hal-hal yang kita lakukan.

Cara kita memperlakukan pelanggan adalah indikasi cara kita melihat sesuatu dalam kehidupan. Apakah kita berpkamungan pendek, hanya mencari hari bayaran berikutnya, atau apakah penglihatan kita memberi kita pemahaman yang lebih dalam tentang implikasi jangka panjang dari tindakan kita?

 Jelas, jika kamu ingin membuat langkah hari ini, kamu benar-benar harus menempatkan pelanggan di atas tumpuan.

Dan sementara ada banyak alasan mengapa seseorang harus memulai bisnis , semua orang perlu memberi penghormatan kepada pelanggan sehingga mereka dapat bertahan dalam bisnis. Pendekatan yang kurang jelas adalah dari perusahaan mana pun, semakin besar kemungkinannya untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Bagaimana Memberikan Pelayanan yang Prima untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan?

pelayanan terbaik untuk pelanggan

Ada hal-hal teknis yang menjadi solusi untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Salahsatu cara menciptakan kepuasan pelanggan yaitu dengan memberikan pelayanan yang prima, Itulah yang menjadi alasan pelayanan prima penting bagi pelanggan.

Adanya pelayanan yang terbaik kepada pelanggan menjadi tolak ukur kesuksesan dalam menciptakan loyalitas dan kepuasan pelanggan. Maka dari itu Pelayanan Terbaik untuk Pelanggan Harus Kita Gencarkan.

1. Retensi pelanggan jauh lebih murah daripada akuisisi pelanggan

Rata-rata, harganya sekitar lima kali lipat lebih banyak untuk menarik pelanggan baru ke bisnis kamu daripada biaya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. 

Logika itu sendiri harus menyoroti pentingnya memberikan layanan pelanggan yang prima. Mengapa risiko kehilangan pelanggan? Ini cukup mahal untuk menemukan pelanggan baru di tempat pertama, dan setiap bisnis harus melakukan apapun untuk memastikan mereka tetap bahagia dan terus berbisnis dengan mereka.

2. Mewujudkan pelanggan yang lebih loyal

Selain hanya mencoba mempertahankan pelanggan kamu yang ada karena hal itu menjadi lebih murah, penting untuk dicatat bahwa menjual sesuatu kepada orang baru juga jauh lebih kecil kemungkinannya. 

Untuk sebagian besar, kemungkinan penjualan ke pelanggan baru melayang di kisaran 5-20 persen, sedangkan penjualan ke pelanggan lama berada pada kisaran 60-70 persen.

3. Layanan pelanggan yang hebat mengurangi berbagai masalah

Dengan memperlakukan pelanggan kamu seperti emas, kamu pasti akan mengurangi keseluruhan masalah yang terkait dengan bisnis, penjualan, dan potensi masalah hukum apa pun yang mungkin timbul. 

Perlakukan pelanggan kamu dengan buruk, dan kamu hampir dapat yakin bahwa kamu akan mengalami masalah pada satu titik atau lainnya.Dan masalah itu seringkali bisa menyebabkan kematian bisnis kamu yang tidak menyenangkan dan terlalu cepat.

4. Layanan pelanggan yang baik meningkatkan kepercayaan masyarakat

Jika kamu tertarik pada persepsi publik, reputasi atau kekuatan merek kamu, kamu benar-benar harus memastikan kualitas layanan pelanggan yang tinggi. Hal ini tidak hanya menghasilkan ulasan positif, namun membantu memperkuat kamu di benak siapa pun yang menelusuri jenis produk, layanan, atau informasi kamu.

5. Membantu mempertahankan pelanggan lebih lama

Bila kamu menawarkan pengalaman layanan pelanggan yang hebat, pelanggan kamu cenderung bertahan dan memanfaatkan bisnis kamu saat ini muncul. Bahkan ketika sampai pada layanan tambahan, konsumen lebih bersedia bekerja dengan bisnis yang pernah mereka alami sebelumnya daripada mencari orang baru.

6. “Word of Mouth” adalah iklan terbaik yang tidak bisa dibeli oleh uang

kamu benar-benar tidak bisa membeli iklan dari mulut ke mulut – jenis yang dapat mempengaruhi monumental bisnis. Ini tak ternilai harganya. Orang-orang lebih cenderung mendengarkan saran dari teman daripada memperhatikan panduan dari beberapa tinjauan online atau iklan. Entah kamu mencoba menghasilkan uang secara online atau offline, layanan pelanggan hebat akan menciptakan tentara penggemar mengoceh yang akan memperjuangkan bisnis kamu untuk kamu.

7. Ini meningkatkan pergantian karyawan di bisnis kamu

Karyawan memperhatikan dengan seksama bagaimana perusahaan memperlakukan pelanggannya. Itu beresonansi dengan orang-orang. Ketika mereka melihat majikan yang memperlakukan pelanggan mereka seperti emas, ini memberi rasa himbauan, membuat mereka bangga menjadi bagian dari tim dan membuat mereka lebih bersedia untuk bertahan. Bila karyawan, di sisi lain, diajarkan untuk melemahkan dan mendiskontokan pelanggan dengan alasan apapun, justru sebaliknya.

8. Membuka peluang bermitra dengan banyak bisnis lain

Mengobati pelanggan kamu seperti emas itu menular. Ini membuka pintu bagi kemitraan baru, terutama bila bisnis lain melihat seberapa baik kamu merawat pelanggan kamu yang sudah ada. Ini mengatakan banyak tentang sebuah perusahaan dan apa yang mereka hargai saat mereka sangat peduli dengan pelanggan mereka. Ini adalah sesuatu yang jarang kamu temukan dalam bisnis akhir-akhir ini, tapi pasti sangat membuka jalan bagi parternships, kolaborasi, dan kesempatan lain yang hebat.

9. Mampu menyampaikan Visi Misi perusahaan kepada pelanggan

Menjaga pelanggan kamu menyampaikan serangkaian nilai dan keyakinan moral yang kuat dalam misi perusahaan. Ini berarti bahwa hal itu melampaui kebutuhan akan keuntungan dengan berfokus pada pembangunan sukunya. Ini juga berarti bahwa ada kekuatan yang lebih besar di tempat kerja di sini daripada sekedar keuntungan belaka. Ini menunjukkan keinginan yang lebih dalam untuk membangun sesuatu yang berharga, untuk membantu orang lain, dan entah bagaimana, entah bagaimana, mengubah dunia sedikit dengan melakukannya.

10. Memperpanjang jangka waktu kesuksesan bisnis

Saat ini, hanya empat dari 100 bisnis yang bertahan sampai 10 tahun. Itu adalah tingkat kegagalan 96 persen. Bila kamu mengabaikan kebutuhan pelanggan kamu, dan kamu tidak fokus untuk keluar dari jalan kamu untuk mereka, kamu mengurangi potensi umur panjang dalam bisnis. Dengan begitu banyak kewajiban dan tanggung jawab, jika kamu serius dengan bisnis kamu, kamu harus fokus pada intinya-pelanggan kamu. Sebab, tanpanya, sama sekali tidak punya bisnis.

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan tidak terbatas saat kamu menjalankan bisnis secara offline. Kamu yang membangun bisnis di dunia online pun membutuhkan keterampilan yang serupa. Bahkan kamu harus lebih jeli dalam memperlakukan pelanggan yang jarang sekali kamu temui secara langsung. Demi mendapatkan loyalitas mereka, kamu harus lebih paham bagaimana memperlakukan mereka.

Misalnya saat kamu membalas chatting atau pesan mereka di email atau aplikasi chating yang kamu gunakan. Pastikan kamu tidak membuat mereka menunggu. Memiliki keterampilan melayani pelanggan dengan cepat dan tepat harus kamu miliki. Yang pastinya kamu harus bisa memahami kebutuhan dari pelangganmu. 

Seperti saat pelanggan datang bertanya apa yang harus mereka gunakan untuk membuat website mereka menjadi lebih cepat. Jagoanhosting yang menjadi perusahaan penyedia layanan hosting pun langsung memberikan saran terbaiknya. Menggunakan unlimited hosting atau menambahkan web accelerator untuk website pelanggannya. Tentu saja ini menjadi sangat dibutuhkan pelanggan.

Cara Teknis Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Pelanggan

alasan pelayanan prima penting bagi pelanggan
Strategi Memberikan Pelayanan Terbaik Pelanggan

Ada beberapa cara teknik untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan. Kamu perlu mempertimbangkan pengalaman kumulatif para pelanggan ketika mengunjungi toko atau situs web kamu, Dan cobalah untuk merasakan apa yang mereka pikirkan untuk bisa berpikir tentang bagaimana kamu menjadikannya pengalaman baik pelanggan yang datang kekamu.

Pelajari lebih lanjut bagaimana membuat pola layanan terbaik untuk menciptakan kepuasan pelanggan di bisnis kamu.

1. Mengetahui Secara Jelas Produk dan Layanan

Mengetahui tentang produk dan layanan menjadi hal yang terpenting dalam memberikan pelayanan prima terhadap para pelanggan. Hal tersebut sangat penting terutama bagi tim yang berhubungan langsung dengan para pelanggan, Misalnya Customer Service, Sales, dll.

Pastikan bagi para tim yang berhubungan langsung dengan para pelanggan tahu tentang luar-dalam mengenai produk dan layanan yang tersedia. Tim tersebut juga harus dalam mengartikulasi jawaban yang membuat mereka puas terhadap jawaban mengenai pertanyaan yang diajukan.

2. Jadikan Pelanggan Seperti Teman Sendiri

Saat pertama kali bertemu dengan pelanggan, Sambutlah dengan memberikan senyuman manis kepada pelanggan. Jangan lupa untuk memberikan salam hangat untuk memulai pembicaraan.

Bersikap selalu ramah dan sopan kepada pelanggan, Bahkan ketika menangani permintaan pelayanan pelanggan melalui telepon. Buatlah seolah-olah pelanggan tersebut merupakan sahabat yang minta bantuan kamu dan kamu tulus membantu masalah tersebut.

3. Menanggapi dengan Cepat Kebutuhan Pelanggan

Mungkin tidak ada yang lebih buruk dari tidak menanggapi dengan cepat kebutuhan pelanggan. Sangat penting para customer service menanggapi dengan cepat apa yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana memberikan solusi tentang apa yang dibutuhkan pelanggan tadi.

Beberapa respon kecil lebih baik daripada tidak sama sekali memberikan respon, Hal tersebut akan menimbulkan rasa diabaikan bagi pelanggan. Berikan sedikit respon misalnya saat kamu sedang mencari solusi atau memproses kebutuhan pelanggan dengan memberikan respon “Maaf, Bisa Ditunggu Sebentar”. Dengan begitu maka pelanggan tidak merasa diabaikan.

4. Menenjukkan Rasa Respect pada Pelanggan Apapun Kondisinya

Layanan pelanggan seringkali dapat melibatkan emosi, Maka dari itu sangat penting menunjukkan rasa respect terhadap pelanggan dengan selalu bersikap sopan dan hormat.

Para Customer service sangat penting untuk belajar bagaimana mengatasi emosi pelanggan yang berbeda-beda yang tentunya dengan menunjukkan rasa respect pada pelanggan. Buatlah para pelanggan tersebut puas terhadap pelayanan kamu berikan.

5. Dengarkan dengan Sebaik Mungkin Perkataan Pelanggan

Poin ini mungkin hampir sama dengan poin keempat tentang bersikap respect. Mendengarkan adalah salahsatu rahasia memberikan layanan pelanggan yang paling sederhana.

Kamu harus paham betul semua apa yang dikatakan pelanggan, Baik komunikasi verbal maupun secara non-verbal. Perhatikan tanda-tanda bahwa mereka tidak senang, sambil mendengarkan apa yang mereka katakan kepada kamu secara langsung.

 6. Ucapkan Terima Kasih Kepada Pelanggan

Ucapan terima kasih itu penting dan rasa terima kasih itu sangat berkesan bagi pelanggan nantinya. Itu menjadi salahsatu langkah dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Rasa berkesan tadi akan menciptakan kepuasan pelanggan dan mengingatkan pelanggan mengapa mereka harus membeli produk kamu atau menggunakan layanan kamu.

7. Tanyakan Feedback atau Pendapat Pelanggan tentang Layanan atau Produk

Feedback sangat penting, Feedback pelanggan bermanfaat untuk meningkatkan pemberian layanan terbaik pelanggan.Kamu bisa mendapatkan feedback pelanggan dengan menggunakan survei pelanggan, formulir umpan balik, dan kuesioner.

Dengan mengetahui pendapat pelanggan, Kita bisa melakukan evaluasi untuk meninjau umpan balik, mengidentifikasi bidang-bidang untuk perbaikan, dan membuat perubahan spesifik dalam bisnis untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan.

Pelayanan yang cepat, tepat dan akurat. Kunci kesuksesan untuk membuat pelanggan lebih loyal lagi.

1 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like