Apa itu Website Builder? Ini Fitur dan Kelebihannya

website builder

Jika mendengar kata “membuat website” kemungkinan besar kamu akan langsung membayangkan betapa kompleksnya proses yang harus dilalui.

Harus menghadapi banyak kode pemrograman yang ribet untuk menyusun visual, layout, sampai dengan fiturnya. Namun tenang saja karena kini website builder hadir untuk membuat lebih sederhana. 

Seperti apa memangnya website builder itu? Bagaimana bisa membuat proses pembuatan website jadi lebih sederhana? Semua pertanyaanmu tersebut akan segera terjawab dalam poin-poin berikut ini : 

Pengertian Website Builder

Forbes menjelaskan bahwa website builder adalah sebuah software yang memampukan kamu bisa membuat website tanpa perlu mempelajari coding terlebih dahulu. Tipenya di sini terbagi menjadi 2 versi yaitu offline dan online

Kalau website builder yang versi offline berarti mengharuskan kamu download dulu sebelum dapat mengaplikasikannya ke dalam website. Sementara pada versi online, kamu memperoleh ruang untuk mengedit website secara langsung pada server utama selama masih terhubung dengan jaringan internet.  

Dengan sifatnya yang instan tersebut membuat software ini jadi lebih menghemat waktu dan biaya. Kamu tidak perlu membayar mahal pada jasa tertentu untuk membantu membuatkan website mulai dari nol. Sudah tersedia format  siap pakai yang dijamin bisa kamu otak-atik sendiri. 

Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi para freelancer. Mereka dapat segera membuka usahanya dan tidak sampai menghabiskan banyak modal untuk usahanya tersebut. 

Lebih mantapnya lagi website builder menyediakan beraneka ragam jenis template sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan freelance dari bidang pekerjaan manapun. Mau itu di bidang seni, kepenulisan, fotografi, musik, bunga, dsb tetap cocok memakai template yang ada di situ.

Cek Konten Lainnya:
Ketahui Perbedaan UI dan UX Serta Contohnya

Bagaimana Cara Kerja Website Builder

Secara ringkas berikut merupakan cara kerja dari website builder

  • Sistem membuat coding secara otomatis berdasarkan perintah yang kamu berikan pada kolom drag and drop.
  • Menyediakan template dengan desain yang bervariasi sehingga fleksibel terhadap berbagai tipe website
  • Setelah memilih template tertentu, kamu memperoleh kebebasan melakukan custom pada beberapa elemen semacam layout , ukuran dan warna teks, serta gambar. Bisa juga kamu menambahkan kolom kontak dan video. 

Kelebihan dan Kekurangan Dari Website Builder 

Mari mengenal lebih dalam soal software untuk membangun website secara instan berikut dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan Website Builder

Berdasarkan apa yang Jagoan Hosting lansir, website builder memiliki kelebihan-kelebihan di bawah ini : 

  • Buat website langsung jadi dengan tampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan
  • Kombinasi plugin yang sudah teroptimasi untuk mendukung kecepatan website
  • Auto Compress dan Resize gambar yang sudah include pada server
  • Tanpa perlu mengelola hosting dan cukup fokus pada WordPress saja
  • Terintegrasi dengan berbagai plugin untuk bisnis dan Open AI Chat GPT
  • Mendapatkan Support langsung dari Tim Support yang Bersertifikasi

Kelemahan Website Builder

Sementara dari segi kelemahannya antara lain : 

  1. Tidak Bisa Kamu Kembangkan Lebih Lanjut

Seiring dengan perkembangan traffic yang semakin naik kamu juga harus melakukan upgrade. Makin banyak traffic maka pengelolaan website kemungkinan besar akan semakin kompleks karena semakin banyak juga audiens yang harus kamu tangani. 

Dengan demikian website-mu juga wajib memiliki lebih banyak fitur canggih supaya mampu mengakomodasi naiknya kompleksitas tersebut. Sayangnya pada website buatan website builder tidak bisa dikembangkan sejauh itu jika kamu hanya mau menggunakan versi gratisnya.

  1. Custom Visual Template yang Juga Terbatas

Masalah keterbatasan website builder juga semakin nampak jelas pada aspek untuk melakukan custom pada template visualnya. Kamu sama sekali tidak mendapatkan ruang untuk memodifikasi baik itu warna, ukuran, maupun bentuk tulisan. Tentunya pembatasan semacam ini cukup mengganggu keleluasaan menciptakan website sekreatif mungkin.

  1. Ruang Penyimpanan yang Relatif Kecil
Cek Konten Lainnya:
Apa itu CSS? Fungsi, Jenis dan Kelebihannya

Website builder memiliki ruang penyimpanan ruang website yang dibangun secara manual. Dengan demikian bila kamu mengunggah template , foto, serta video yang berukuran besar maka kinerja website akan melambat. 

Fitur Website Builder

insta ai

Fitur-fitur dalam website builder yang akan disebutkan di sini merupakan yang sudah Jagoan Hosting kembangkan. Berikut pemaparannya : 

1. Garansi Load Time 5 Detik Atau Uang Kembali

Jika tes melalui GTMetrix.com load time, ternyata waktu untuk mengakses websitemu lebih dari 5 detik maka kami beri jaminan pengembangan uang langganan pada bulan itu.

2. Tersedia Fitur ChatGPT AI 

Kamu bisa manfaatkan fitur ini untuk membuat copywriting atau artikel dengan cepat dan  banyak. Dengan begitu akan semakin cepat juga kamu bisa memperoleh traffic,dan bahkan konversi dengan websitemu.

3. Audiens Bisa Akses Nomor Whatsapp Melalui Website Cukup Dengan 1 Klik

Cantumkan simbol whatsapp, lalu hubungkan dengan nomor kontak bisnismu. Tenang saja di sini kamu bisa mengintegrasikan dengan lebih dari 1 nomor. 

4. Ditunjang Dengan Customer Service yang Sudah Tersertifikasi

support hosting

Kalau kamu memiliki kesulitan saat mengoperasikan website builder, jangan ragu untuk menghubungi CS Jagoan Hosting. Dijamin kompeten karena semuanya sudah mendapatkan bekal kompetensi wordpress yang memadai. 

Berapa Biaya yang Harus Kamu Keluarkan Untuk Menggunakan Fitur Lanjutan Pada Website Builder?

Bisa saja memang kalau kamu mau menggunakan software ini versi gratisnya saja. Namun seperti yang sudah disebutkan fiturnya serba terbatas sehingga hasilnya pasti tidak optimal karena kreativitasmu terhalang. 

Oleh karenanya kamu sedikit banyak perlu mempertimbangkan  mengalokasikan sejumlah dana untuk memakai fitur lanjutan. 

Oleh karenanya artikel berikut akan membantu pertimbanganmu dengan menyediakan informasi terkait berapa pengeluaran dari beberapa jenis website builder . Mari simak baik-baik penjelasan yang bersumber dari mighty networks ini  

  1. WordPress

Rekomendasi website builder pertama dimulai dari yang kamu sudah cukup familiar dahulu yaitu wordpress. Nominal yang harus kamu keluarkan untuk bisa mengakses fitur lanjutan bervariasi dari $15,000 (Rp 234.665.250,00) sampai  $50,000 (Rp 782.217.500,00) . Semua tergantung dari berapa banyak fitur tambahan yang kamu inginkan.

Cek Konten Lainnya:
Sering Ketuker! Ini Beda Programmer dan Developer

Jangan lupa juga masih ada biaya untuk maintenance dan perawatan bug yang berkisar $5,000 ( Rp 78.221.750,00) sampai $12,500 ( Rp 195.554.375,00) per bulan.

  1. Wix

Penetapan harga pada Wix sebagai website builder bergantung dengan seperti apa kebutuhan pemakaianmu. Apakah hanya sekedar personal, bisnis, atau yang paling kompleks kamu jadikan ecommerce

Bagi kamu yang saat ini masih belum memiliki modal yang besar maka Wix merupakan opsi yang sangat cocok. Nominalnya masih relatif terjangkau karena harga paling tingginya hanya $ 50 saja ( Rp 782217,50). Kalau kamu butuh fitur yang lebih banyak, maka silakan pakai opsi negosiasi untuk memperolehnya.

  1. Squarespace

Opsi website builder yang tidak kalah menariknya ada squarespace. Untuk keperluan yang paling kompleks  yaitu ecommerce saja, kamu hanya perlu merogoh $50 dolar. Namun jika dibandingkan dengan Wix, yang satu ini memiliki desain visual yang relatif lebih menyenangkan. 

Kalau kamu merasa masih kurang dengan fitur default yang diberikan maka silakan beri bayaran tambahan untuk mendapatkan lebih banyak.

  1. Mighty Networks

Jika memilih mighty networks sebagai website builder maka untuk fitur premium, bersiaplah membayar maksimal sejumlah $100 per bulannya. Mau akses lebih? Kamu perlu menegosiasi sendiri harganya bergantung pada berapa fitur yang kamu inginkan.

  1. Jagoan Hosting

Tentu sangatlah tidak lengkap jika membahasa website builder apabila tidak melibatkan Jagoan Hosting. Berikut merupakan 3 jenis paket layanan yang tersedia yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan : 



Keuntungan yang Diperoleh

Jenis Layanan 

Insta Mini

Insta Pro

Insta Pro AI
Potensi traffic yang masuk per bulan12.000.00025.000.00077.000.000
Waktu loading5 detik5 detik5 detik
KomputasiTinggiSangat tinggiPaling tinggi
Jumlah Halaman yang Dapat DibuatUnlimitedUnlimitedUnlimited
Kapasitas penyimpanan10 GB20 GBUnlimited
Integrasi marketing tools2 buah5 buah5 buah
AI Content generatorAdaAdaAda

Kini katakan selamat tinggal pada keribetan membuat website dari nol. Pakai website builder, ketikkan karakteristik website yang kamu mau, nanti sistem yang akan eksekusi semuanya.

Namun perlu kamu ingat bahwa fiturnya terbatas jadi pikirkan dengan matang fitur tambahan yang dibutuhkan karena berpengaruh pada perhitungan budget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara import database mysql
Read More
Cara Import Database MySQL dengan phpMyAdmin untuk Pemula!
Sob, kamu bingung bagaimana cara import database MySQL? Kalau iya, maka kamu bisa menggunakan phpMyAdmin untuk mempermudah proses…
site domain
Read More
8 Alasan Pentingnya Memakai Domain .SITE untuk Bisnis Kamu
Domain .SITE merupakan salah satu yang terkenal dan banyak digunakan karena dipercaya mampu mencegah website dari potensi hacking…