Plesk

VestaCP

Webuzo

Wordpress Toko Online

Wordpress Company Profile

CodeIgniter

Laravel

Prestashop

Joomla

Drupal

Nextcloud

Moodle

Open Cart

Cari tutorial

Beberapa Cara Mengatasi Error 404 Not Found Pada Browser

Halo Sob! Sebagai pengguna rutin dunia maya dan jejaring internet, pada saat Kamu mengakses sebuah website seringkali dijumpai pesan error 404 Not Found, padahal dari sisi Shared Hosting Kamu atau Cloud Hosting Kamu tidak ada masalah.

Lalu mengapa muncul pesan error tersebut? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Santai, Kamu bisa ikuti tutorial ini dan baca poin-per-poin dengan seksama. Tak perlu ikuti maunya mantan Kamu! Hayuk lah!

Tutorial Video

Untuk Mengatasi error tersebut maka Kamu bisa menggunakan cara - cara di bawah ini :


  1. Coba tekan F5, klik tombol refresh / reload, atau coba URL dari address bar lagi. Kesalahan 404 Not Found mungkin muncul karena beberapa alasan meskipun tidak ada masalah sebenarnya, jadi kadang, refresh saja malah akan membuat halaman yang Kamu maksud muncul lagi, Sob.

  2. Periksa kesalahan di URL. Sering kali kesalahan 404 Tidak Ditemukan muncul karena URL salah diketik atau tautan yang diklik pada titik ke URL yang salah. Kamu coba saja sob untuk pindah satu tingkat direktori di URL sampai Kamu menemukan sesuatu. Misalnya nih ya, jika www.web.com/a/b/c.htm memberi Kamu kesalahan 404 Not Found, pindah ke www.web.com/a/b/. Jika Kamu tidak mendapatkan apa pun di halaman tersebut, langsung saja dicoba pindah ke www.web.com/a/. Halaman tersebut akan mengarahkan Kamu menuju apa yang Kamu cari atau setidaknya memastikan bahwa halamannya memang sudah benar-benar hilang atau dihapus.


  3. Cari halaman dari mesin pencari Google. Ada kemungkinan bahwa Kamu hanya memiliki URL yang sepenuhnya salah, sehingga pencarian Google atau Bing yang cepat akan membawa Kamu ke tempat yang Kamu inginkan. Jika Kamu menemukan halaman yang Kamu cari, bookmark saja langsung sebagai halaman favorit Kamu untuk menghindari kesalahan HTTP 404 di masa mendatang.


  4. Bersihkan tembolok peramban (cache dan history) Kamu, jika Kamu memiliki indikasi bahwa pesan 404 Not Found mungkin saja hanya terjadi di komputermu sendiri Sob. Misalnya, jika Kamu dapat menjangkau URL dari ponsel Kamu tetapi tidak dari tablet Kamu, mengosongkan cache di browser tablet Kamu mungkin membantu.


  5. Ubah server DNS yang digunakan oleh komputer Kamu, tetapi biasanya hanya jika seluruh situs web memberi Kamu kesalahan 404, terutama jika situs web tersedia bagi mereka di jaringan lain. Biasanya, beda internet provider, beda juga DNS nya Sob.


Akhirnya, jika semuanya gagal, ya sudah, hubungi situs web secara langsung. Bisa saja lewat line telepon, whatsapp, atau seperti yang dilakukan Jagoan Hosting, Sob yakni dengan Live Chat atau Open Ticket.

Jika mereka telah menghapus halaman mereka maka kesalahan 404 harusnya pemilik website juga bersedia memberikan informasi di halaman website utamanya.

 

KESULITAN ?
1. Tanyakan segera ke forum.jagoanhosting.com ada banyak sobat jagoan yang siap bantu kamu!

2. Kamu bisa pakai Cloudweeb salah satu partner Jagoanhosting untuk bantu kamu kelola seluruh kebutuhan support website, sehingga kamu bisa duduk manis masalah selesai. Yuk segera gunakan layanan VIP Support JH

 

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 2.1 / 5. Dari total vote 8

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment





Masih bingung? coba tanya di forum Jagoan Hosting

Cek langsung TKP!