Plesk

VestaCP

Webuzo

Wordpress Toko Online

Wordpress Company Profile

CodeIgniter

Laravel

Prestashop

Joomla

Drupal

Nextcloud

Moodle

Open Cart

Cari tutorial

Tutorial Backup Data Website Melalui Softacolous pada cPanel

Hai Sob! Apakah Sobat sedang mencari cara gimana caranya melakukan backup data website melalui softacolous pada cPanel? Tenang aja Sob, Jagoan Hosting punya solusinya.

Sebelum masuk ke step-step kita perlu mengetahui apa itu backup dan mengapa perlu dilakukannya backup. Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini :

Berikut adalah cara back up data website melalui softacolous pada web hosting web hosting, yuk kita simak bersama-sama :


STEP 1: Login ke cPanel dengan cara masuk ke contohdomain.com/cPanel.

Tampilan login cPanel


STEP 2: Pilih ” softacolous Apps Installer ” pada kategori ” Software ”.

klik softaculous apps installer


STEP 3: Untuk membuat back up data dari website Sobat . Sobat harus terlebih dahulu mencari aplikasi ( CMS ) yang diinstal di dalam halaman Softaculous. Untuk melihat CMS apa saja yang sudah di install di softacolous klik pada tombol “All Instalations” di sudut kanan atas layar.

klik all installation


STEP 4: Pada halaman berikutnya, akan ada semua aplikasi yang telah terinstall pada melalui softacolous . Kemudian pilih CMS yang ingin di back up dan klik tombol “Backup” yang ada di sebelahnya.

klik ikon backup


STEP 5: Pastikan centang pada bagian “Backup Directory” dan “Backup Database” untuk memastikan Softaculous akan backup website Sobat sepenuhnya. Kemudian tekan tombol “Backup Instalasi” di bagian bawah halaman.

klik backup instalasi


STEP 6: Tunggu beberapa menit untuk hingga proses back up selesai. Selama proses back up sedang berlangsung jangan menutup atau me-refresh halaman ini. Setelah proses back up selesai akan di tandai dengan seperti gambar di bawah ini .

backups success


STEP 7: Untuk mendownload hasil back up , silahkan klik link ” backups ”. Setelah itu akan muncul halaman hasil back up seperti gambar di bawah ini . Dan untuk mendownload hasil back up klik tombol ”download”.

klik ikon download


Demikian "Tutorial Backup Data Website Melalui Softacolous pada cpanel" untuk menghindari kehilangan data website Sobat, Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sob! Kalau Sobat Jagoan masih bingung dengan tutorial di atas, Sobat Jagoan bisa menghubungi admin Jagoan Hosting lewat Live Chat ataupun Open Tiket ya Sob! Semangat Sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment





Ada yang baru sob! Tempat buat kamu diskusi & tanya jawab di Forum JagoanHosting

Cek langsung TKP!