Pengantar

Haloo Sob! error “503 valid rcpt command must precede data” ini merupakan masalah  yang sering ditemui pada program email, khususnya pada Microsoft Outlook. Masalah error 503 ini sering kali terjadi karena ada beberapa penyebab dan di tutorial kali ini beberapa cara yang bisa anda kamu gunakan untuk mengatasi eror “503 valid rcpt command must precede data”. Kalau kamu bingung cara setting di Outlook kamu bisa langsung cek Tutorial Setting Outlook.

Prasyarat

  1. Memiliki email yang terhubung dengan Outlook
  2. Mendapatkan email bounce “503 valid rcpt command must precede data” ketika pengiriman di outlook

Mengatasi Error “503 valid RCPT Command Must Precede DATA” pada Outlook

1. Apostrop

Penyebab eror ini ada karakter non alphabet. Jadi kamu perlu tinggal mengganti dan hapus setiap apostrop (tanda kutip single) atau karakter non-alfabet lain dari nama account email  supaya email program anda bisa berjalan dengan lancar lagi seperti semula.

2. VPN

Kalau kamu menggunakan VPN ketika melakukan pengiriman dan penerimaan melalui outlook, kamu bisa putus koneksi VPN yang kamu gunakan terlebih dahulu dan mencoba kirim terima email kembali pada outlook

3. Full Mailbox

Bisa kamu pastikan mailbox di dalam outlook tidak penuh (melebihi quota). Kamu bisa menghilangkan tanda check pada setting ini di dalam Outlook buka Tools > Account Setting > More Settings > Advanced > Uncheck “leave a copy of this message on the server.” Dengan menghilangkan tanda check ini maka setelah program email selesai mendownload seluruh email, maka data email yang ada di server akan dihapus, Jadi tidak melebihi kuota akun email kamu. 

4. SMTP Port

Jika kamu menggunakan SMTP port 25, problem ini dimungkinkan karena port 25 diblock oleh ISP untuk mencegah adanya pengiriman spam email yang biasanya menggunakan port 25. Nah, kamu bisagunakan port 27 sebagai pengganti port 25 untuk email keluar.

5. Server Authentication 

Setup email keluar kamu menggunakan outgoing server authentication untuk mengirim email dengan login menggunakan alamat email dan password email kamu. Pada Outlook, kamu bisa buka Tools > Account Settings > More Settings > Advanced dan ubah outgoing server ke ‘Auto.’ Kemudian, buka kembali ke More Settings > Outgoing Server check kotak “My outgoing server uses the same authentication as my incoming server”. Apabila kamu memilih “remember your password” maka Anda tidak perlu mengetik password setiap kali Anda mengirim email.

6. Sender Matching

Bisa kamu pastikan mengirim email menggunakan alamat email kamu yang sama dengan yang akan dilihat nanti oleh penerima email. Jadi disarankan tidak mengisi data alamat email “from” yang berbeda dengan alamat email yang Anda gunakan untuk outgoing mail settings.

7. Outlook PST Files

Eror ini bisa juga disebabkan karena ada file yang corrupt atau rusak pada bagian file outlook PST.  PST adalah semacam mail archive yang ada didalam outlook. Jadi kamu bisa melakukan perbaikan pada satu file atau beberapa file yang ada didalamnya.

8. Mail Screening

Kalau mengggunakan langkah-langkah di atas masih belum juga berhasil, solusi terakhir cek apakah Anda menggunakan program mail screening, misalnya Mail Washer atau program anti virus yang ada fasilitas mail screening. Coba nonaktifkan mail screening yang digunakan dan coba melakukan pengiriman email kembali.

Penutup

Wah! ternyata mudah yah, sekarang permasalahan outlook kamu sudah bisa teratasi. Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 5 / 5. Dari total vote 2

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?