Admin Tutorial
Latest posts by Admin Tutorial (see all)

Kadang kamu suka gak sadar kalau shared hosting kamu bisa terkena hacking, malware maupun laporan phising.Wah, ngeri ya, Sob, nah terus apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini? Tenang, Sob, kita akan belajar bareng untuk mengatasinya.

Umm, tapi kok bisa sih hal ini bisa terjadi seperti ini? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini:

Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya, simak terus, yuk :


STEP 1 : Mengaktifkan maintenance mode

Apabila kamu menggunakan CMS seperti wordpress, ataupun joomla, kamu bisa menggunakan cara berikut ini Mengubah website kamu menjadi maintenance mode


STEP 2 : Mengganti password

Kamu perlu Mengganti password cpanel dan Mengganti password website kamu. Karena seringkali salah satu celah yang digunakan hacker adalah dari lemahnya password yang kamu gunakan, Jadi perlu diganti segera.


STEP 3 : Membersihkan hacking

Setelah kamu mengganti password, kamu perlu memeriksa file file pada hosting kamu. Langkah sangat berguna untuk mengetahui secara dini file file yang menjadi penyebab hack, kamu bisa mengikuti langkah Membersihkan hacking pada account hosting kamu


STEP 4 : Menindaklanjuti laporan malware

Apabila kamu mendapatkan informasi dari kami akan adanya malware pada account hosting kamu, kamu dapat mengikuti panduan berikut ini menindaklanjuti laporan malware pada account hosting kamu


STEP 5 : Melakukan scan malware

Setelah kamu melakukan pemeriksaan file, kamu perlu meyakinkan bahwa hosting kamu telah bersih dengan melakukan Melakukan scan malware pada hosting kamu dari cpanel. Hal ini karena fitur scan kadang tidak dapat memeriksa file yang tersembunyi, sehingga scan malware dilakukan setelah melakukan pemeriksaan file.

Untuk semakin meningkatkan security, kamu perlu menambahkan plugin security


STEP 6 : Melakukan scan komputer
Selanjutnya, apabila semua sudah dilakukan, kamu perlu mengamankan komputer kamu, karena beberapa case hack disebabkan karena pada proses upload. komputer yang telah terinfeksi virus akan mengupload file virus juga menggunakan ftp. Berikut petunjuk yang dapat kamu gunakan untuk Mengamankan Komputer dari Malware


STEP 7 : Melakukan restore apabila cara yang diatas tidak menyelesaikan masalah

Opsi ini digunakan apabila cara yang sudah dilakukan diatas tidak dapat menyelesaikan masalah. Biasanya karena hacker selain mengupload file hacking juga menghapus data, sehingga untuk mengembalikan websitenya peerlu dilakukan restore account hosting kamu. Setelah dilakukan restore, kamu harus mengulangi mulai dari cara pertama hingga keenam untuk memastikan website kamu terbebas dari hack.


STEP 8 : Update semua program ke latest version

Setelah semua dilakukuan, untuk menjaga keamanan, cara yang perlu dilakukan adalah melakukan patch dengan mengpdate semua bagian CMS yang ada update. Jika wordpress misalnya, akan ada update berkala pada plugin dan themesnya. Ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga kemanan website kamu.


Oke, Sob itu dia tips trik untuk memperbaiki website kamu dari hacking dan malware. Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!


Udahlah ngapain pusing mikirin website di hack. Biarin kita aja yang selesaiin, kamu klik aja nih http://bit.ly/supportcloudweeb lalu pilih menu Fix Error Website, kalian udah bisa tinggal main game deh.

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 3 / 5. Dari total vote 4

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment