Admin Tutorial

Domain tentu menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi untuk kamu yang memiliki website. Secara sederhana, domain adalah nama yang didaftarkan sebagai pengganti alamat IP yang merupakan identitas website di internet. Selain istilah domain, website juga tidak lepas dari subdomain yang merupakan bagian dari domain itu sendiri. 

Apa yang dimaksud dengan subdomain? Simak pembahasannya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Subdomain?

Pada dasarnya, nama dari subdomain telah menjelaskan pengertian dari salah satu elemen website ini. Subdomain adalah sub dari sebuah domain. Dengan kata lain, subdomain adalah bagian dari domain yang terpecah menjadi beberapa bagian. 

Misalnya, terdapat sebuah URL dengan alamat where.younge.net dengan where sebagai subdomain, younge sebagai domain, dan net sebagai ekstensi dari domain itu sendiri. Lantas, apa sebenarnya fungsi subdomain?

Fungsi subdomain yang paling utama adalah membuka sejumlah laman dengan menggunakan domain yang sama. Berikut fungsi detail dari subdomain adalah:

  • Membuat website dengan beberapa kategori/produk tertentu
  • Membuat website dengan beberapa tampilan berbeda sesuai kebutuhan
  • Membuat website untuk daerah atau wilayah berbeda (berdasarkan daerah atau negara)
  • Membuat website dengan beberapa pilihan bahasa

 

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu subdomain. Pada intinya, subdomain adalah bagian dari sebuah domain yang berfungsi untuk membuat sejumlah halaman lain dalam domain sama.