Admin Tutorial
Latest posts by Admin Tutorial (see all)

Halo, Sob! kamu pernah ngalamin Error Establishing a Database Connection pada web hosting kamu? Gak perlu bingung, Sob karena kita bakal belajar bareng gimana cara mengatasinya.

Umm, tapi apa sih sebenrnya yang memicu error ini terjadi? Simak pembahasannya berikut ini:

Nah, langsung aja, yuk, Sob kita bahas bareng tutorialnya disini:


Step 1. Yang pertama harus kamu lakukan, pastikan terlebih dahulu jika kuota disk akun kamu tidak melebihi batas, kamu bisa cek dengan cara login ke cPanel kamu, kemudian lihat pada bagian statistic seperti gambar di bawah ini:

error estabilished database

Statistic Disk Usage

Atau kamu bisa juga melakukan pengecekan melalui menu Disk Usage, kamu akan menemukan informasi terkait pemakain disk di akun cPanel kamu.

error estabilished database

Disk Usage Menu

error estabilished database

Disk Usage Menu

Apabila disk penuh, maka kamu bisa melakukan open ticket ke support untuk meminta bantuan menambahkan kuota kamu sementara atau kamu bisa melakukan upgrade paket.

Akan tetapi jika disk tidak penuh, kamu bisa mengikuti tahap nomer 2 yaitu terkait mereset password database.


Step 2. Setelah kamu yakin sudah melakukan pengecekan pada STEP 1 dan tidak ada kendala, maka tahap kedua adalah mereset password database. Sering kali kendala Error Establishing a Database Connection dikarenakan tidak cocok untuk password database yang ada di akun cPanel kamu, dengan yang ada pada konfigurasi website kamu.

Konfigurasi yang dicontohkan adalah menggunakan wordpress dimana letak konfigurasinya berada pada file wp-config.php

  1. Login ke cPanel kamu kemudian masuk ke menu File Manager, setelah itu masuk ke folder public_html dan kamu akan menemukan file wp-config.php

  2. Klik tombol View

error estabilished database

folder public_html > file wp-config.php

  1. Kemudian copy password database kamu, pada bagian berikut:

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'username_database_anda');

/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', '[email protected]');

Yang perlu di ingat, yang dicopy adalah yang ada di antara tanda petik satu (‘). Jadi tanda petik satu jangan ikut di copy

  1. Setelah di copy, silahkan kamu masuk ke menu MySQL Databases di akun cPanel kamu

error estabilished database

Masuk akun MySQL

  1. Cari pada bagian Current Users di bagian paling bawah dan sesuaikan username yang ada di file wp-config dengan informasi yang tertera

error estabilished database

current users

  1. Kemudian klik tombol kunci/Change Passwords dan isikan password yang sudah kamu copy sebelumnya. Setelah di copy jangan lupa untuk di klik Change Password

error estabilished database

change password

 

Secara otomatis password akan terupdate dan sesuai dengan konfigurasi website kamu, kemudian kamu coba akses kembali website kamu.

Sering kali pada tahap nomer 2 isi untuk Error Establishing a Database Connection akan terselesaikan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan masih terjadi error.

Apabila masih terjadi error anda bisa mengikuti tahap nomer 3 yaitu terkait melakukan update versi PHP.


STEP 3. Apabila pada tahap nomer 2 belum terselesaikan, silahkan coba untuk melakukan pengecekan modul MySQL serta mencoba melakukan update versi PHP. kamu bisa masuk ke menu Select PHP version

error estabilished database

cek modul MySQL

Setelah kamu masuk ke menu tersebut, akan muncul informasi versi PHP serta modul yang sudah diaktifkan. Jadi yang perlu kamu pastikan adalah modul MySQL dan MySQLi sudah tercentang (aktif) jika sudah tapi masih error maka silahkan dicoba untuk mengganti versi PHP.

Apabila versi php sudah tinggi misal 5.6 , kamu bisa coba diganti ke versi 5.3 dan begitu juga sebaliknya serta apabila masih menggunakan versi native, maka silahkan dicoba untuk mengganti ke versi 5.6.

Contoh seperti pada gambar di bawah ini:

error estabilished database

Change Version

Apabila tahap nomer 3 sudah diganti maka silahkan dicek kembali website kamu. Dan sering kali kendala Error Establishing a Database Connection akan terselesaikan dengan mengikuti panduan di atas.

Jika kendala tersebut belum terselesaikan dengan mengikuti panduan tersebut silahkan anda open ticket ke support, karena ada indikasi jika servis MySQL yang mengalami hung atau mati.


Wah, ternyata kamu sangat disarankan untuk melakukan cek disk kuota kamu, Sob, agar tidak terjadi hal hal seperti ini. Oke, simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 5 / 5. Dari total vote 1

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment