Tutorial PrestaShop – Optimasi Toko Online Prestashop

Admin Tutorial

Hai, Sob, buat kamu yang memiliki website toko online, kamu bisa mengembangkan toko online kamu lewat PrestaShop loh! Wah, gimana tuh caranya? Yuk, kita belajar bareng cara mengoptimalisasi PrestaShop kamu.

Eits, sekarang kita simak dulu, Yuk, Apa sih hal dasar yang harus kita lakukan untuk mengembangkan toko online kamu? Cek infonya di bawah ini:

Oke, Sob, sekarang kita langsung aja belajar gimana caranya mengoptimalkan kinerja PrestaShop kamu, berikut ini:


Pengaturan Optimalisasi Kinerja Dasar untuk PrestaShop 1.7

Smarty Tab

Pertama, Buka PrestaShop admin kalian lalu akses menu Advanced Parameters > Performance Lalu cari bagian Smarty.

Advanced Parameters Menu

Untuk mengkonfigurasi smarty yaitu dengan cara :

  • Template Compilation : Never recompile template files, pilih opsi ini untuk mempercepat toko online kamu, tapi kamu perlu memastikan bahwa kamu sudah puas dengan desain kamu saat ini.
  • Cache : Yes , Aktifkan cache untuk mengurangi penundaan setelah kamu selesai menyesuaikan tema kamu
  • Clear Cache : Clear cache every time something has been modified, hapus chace setiap kali sesuatu telah dimodifikasi.

CCC (Combine, Compress and Cache)

Sesuai namanya, CCC memungkinkan data yang ditransfer dari server agar di-“Compress, Combine, Cache” dulu agar toko online bisa diakses dengan lebih cepat. Maka fitur CCC harus diaktifkan.

Advance Parameters Menu

Pertama login ke halaman admin Prestashop kamu, lalu akses menu Advanced Parameter > Performance lalu cari bagian CCC(Combine, Compress, Cache).

  • Aktifkan tab Smart chace for CSS menjadi "yes"
  • Aktifkan tab Smart chace for JavaScript menjadi "yes"

CDN (Content Delivery Network)

Menyiapkan CDN sangat penting untuk situs web, ini memungkinkan untuk mengurangi jarak antara server dan pengunjung kamu, kamu dapat menggunakan layanan seperti MetaCDN atau Max CDN dan mengisi informasi layanan media kamu di PrestaShop.

Advanced Parameters


Caching System

Prestashop sudah menyediakan beberapa opsi System Cache seperti MemCached, XCache, atau File System (default). MemCached adalah yang paling populer di antaranya.

Teknik ini telah digunakan sejak lama oleh Wikipedia dan Twitter untuk menyelesaikan berbagai masalah cache data berukuran besar dengan sistem penyimpanan cache yang terdistribusi ke memory.

Namun, untuk mengaktifkannya kamu harus pasang dulu ekstensi di server kamu. Sehingga beberapa provider mungkin tidak mendukung teknik ini. Sebagai alternatif, kamu bisa aktifkan XCache atau File System sebagai system cache default milik Prestashop di mana dia tidak membutuhkan aktifasi server-side extention apapun.

Kamu bisa aktifkan salah satunya dengan cara :

  • Pertama login ke halaman admin prestashop kamu, lalu akses menu Advance Parameter > Performance lalu cari bagian Caching.
  • Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengganti parameter dengan "yes", lalu kamu dapat memilih salah satu dari opsi yang disediakan.

Performance Menu


Removed unused modules

Prestashop 1.7 standar dilengkapi dengan lebih dari 500 fitur dan modul . Ada begitu banyak modul yang tidak akan kamu gunakan di toko kamu. Kamu disarankan untuk menonaktifkan dan menghapus modul ini agar tidak memuatnya dan kamu harus menggunakan google analytics untuk melacak lalu lintas dan konversi situs kamu dan menonaktifkan statistik toko.

Kamu dapat mengakses mengklik Modules ingin mengakes fitur ini.

Select Modules


Images Optimization

Gambar adalah sesuatu yang paling penting yang harus ada dalam sebuah website apalagi dalam website e Commerce , untuk optimalisasi gambar supaya loading menjadi lebih, berikut beberapa caranya.

  • Pertama login ke halaman admin prestashop lalu akses menu Design > Image Setting
  • Jangan gunakan HTML untuk merubah ukuran gambar - karena browser akan membutuhkan waktu untuk mengatur ulang gambar dan akan terlihat lebih buruk dari gambar aslinya.
  • Selalu optimasi gambar kamu dengan menggunakan compressjpeg.com atau Smush it untuk mengurangi file size dari foto kamu
  • Jangan terlalu banyak memasukkan gambar dalam satu artikel, cobalah untuk memisakkan menjadi beberapa halaman apabila kamu ingin memasukkan banyak gambar.

Image Settings


Check Your Prestashop Website Speed

Kamu dapat menggunakan beberapa tools yang berguna dibawah untuk memeriksa kecepatan situs kamu

  • Kraken.io : Meriview gambar yang ada pada situs web kamu agar dapat memuat lebih cepat.
  • Pingdom : Membantu kamu untuk peduli terkait dengan server, network atau database.
  • PageSpeed : Ini menunjukkan apakah halaman web kamu bekerja dengan baik atau tidak.

Oke, Sob, Itu dia tips dan trik buat kamu agar toko online kamu bisa optimal. Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 3.4 / 5. Dari total vote 5

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment