Setting Firewall Pada Cloudflare

Latest posts by Eka Zahara (see all)

Firewall adalah sebuah sistem keamanan yang akan memantau lalu lintas data masuk maupun keluar. Dengan adanya sistem ini akan membentuk sebuah filter yang akan melindungi program atau server dari serangan yang berasal dari luar. Cara kerjanya adalah dengan menambahkan aturan-aturan firewall seperti IP, port, protokol, dan semacamnya yang diizinkan untuk masuk atau tidak.

Dengan fungsi dari firewall yang mengontrol lalu lintas masuk dan keluar membuat sistem keamanan ini akan sangat berguna untuk keamanan website kamu. Salah satu bentuk penggunaannya adalah untuk website portal berita atau semacamnya yang rentan untuk terkena buzzer traffic atau bot. Jadi untuk kamu yang memiliki website portal berita dan semacamnya, sistem ini akan sangat berguna. Salah satu platform yang menyediakan sistem firewall adalah pada Cloudflare. 

Sebelum beranjak ke langkah-langkah settingnya, kamu harus memahami apa saja yang harus disiapkan :

  • Website dan domain aktif
  • Akun Cloudflare, jika belum memiliki kamu bisa melakukan pendaftaran Cloudflare terlebih dahulu
  • Akses member area

Setelah memastikan hal-hal berikut sudah disiapkan, kamu bisa melanjutkan ke langkah-langkahnya. Mari simak langkah-langkah di bawah ini :

Login ke Akun Cloudflare

Pertama, pastikan kamu sudah memiliki akun cloudflare terlebih dahulu. Setelah itu lanjutkan dengan login ke halaman cloudflare.

Tambahkan Domain

Pastikan domain sudah ditambahkan ke akun cloudflaremu. Jika belum ditambahkan kamu perlu melakukan penambahan domain melalui menu Add Site. Ikuti panduan Menambahkan Domain pada Cloudflare.

Ubah Nameserver Domain

Setelah menambahkan domain pastikan kamu sudah mengubah nameserver dari domain yang kamu gunakan menuju ke nameserver yang diberikan oleh cloudflare.

Masuk ke menu Domains >> pilih nama domain >> Mengelola Nameservers

Untuk lebih lengkapnya ikuti panduan Konfigurasi Nameserver berikut ini.

Konfigurasi Firewall

Selanjutnya kamu akan melanjutkan ke proses konfigurasi firewall dengan masuk ke menu Security >> WAF >> Create Firewall Rule

Buat rule firewall baru yang kamu butuhkan. Pada cloudflare menyediakan beberapa jenis rule firewall seperti kategori Negara, IP, hostname, dan sebagainya. Yang mungkin akan banyak digunakan adalah IP dan hostname. Pada kali ini kita akan mencoba dengan jenis rule firewall Negara dan IP.

Pada kolom Field pilih Country untuk rule negara atau IP Source Address untuk IP.

 

Saat ini kamu sudah berhasil menambahkan rule firewall untuk mengamankan domainmu. Dengan ini kamu sudah satu langkah lebih baik dalam melakukan keamanan preventif untuk websitemu. Jika kamu memiliki pertanyaan atau ada yang ditanyakan, kamu bisa menghubungi tim support melalui tiket atau chat di member area ya, sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 5 / 5. Dari total vote 1

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?