Cara Redirect htaccess Untuk Akses tanpa WWW ke WWW

Cloud VPS
Admin Tutorial
Latest posts by Admin Tutorial (see all)

Pengantar

Halo Sobat! Dalam mengakses domain, biasanya terdapat beberapa client ingin menambahkan www ke dalam domainnya.Untuk menambahkannya menggunakan htaccess sehingga domain terdirect secara otomatis ke www. Nah, untuk membuat agar otomatis redirect ke www kamu harus membuat Script htaccess.

Apa Sebetulnya .htaccess Ini?

Expand

.htaccess adalah file konfigurasi untuk digunakan pada server web yang menjalankan perangkat lunak Apache Web Server. Ketika file .htaccess ditempatkan dalam direktori yang pada gilirannya ‘dimuat melalui Server Web Apache’, maka file .htaccess terdeteksi dan dijalankan oleh perangkat lunak Apache Web Server.

File .htaccess ini dapat digunakan untuk mengubah konfigurasi perangkat lunak Server Web Apache untuk mengaktifkan / menonaktifkan fungsi dan fitur tambahan yang ditawarkan perangkat lunak Server Web Apache. Fasilitas ini termasuk fungsi pengalihan dasar, misalnya jika file 404 tidak ditemukan kesalahan terjadi, atau untuk fungsi yang lebih canggih seperti perlindungan kata sandi konten atau pencegahan hot link gambar.

Mengapa htaccess perlu diubah sewaktu-waktu?

Expand

Karena arahan dari .htaccess berlaku untuk seluruh server web, dalam artian bahwa apabila kita ingin menentukan arahan baru/fitur baru di web yang sedang kita kembangkan, maka kita juga harus mengganti beberapa isi file htaccess yang sehubungan dengan fiturnya.

Untuk langkah membuat script htaccess, simak yang berikut ini ya sob:


1. Login Ke cPanel Hosting

Login ke Cpanel lewat member area Jagoan Hosting, jika kurang jelas bisa simak tutorial ini  ya > Tutorial login ke Cpanel member area Jagoan Hosting.

Cara Redirect htaccess Untuk Akses tanpa WWW ke WWW

2. Masuk Ke “File Manager”

Pada menu Files, pilih File Manager atau isikan File pada Search  Bar nanti akan  muncul seperti ini


3. Aktifkan “Show Hidden Files” Apabila Belum Dicentang

Selanjutnya diarahkan ke dalam file manager. Jika file .htaccess tidak ditemukan di file manager maka perlu di setting terlebih dahulu dengan klik Settings , kemudian centang Show Hidden Files, dan klik “Save”

Cara Redirect htaccess Untuk Akses tanpa WWW ke WWW
Tampilan File Manager
Membuat Script htaccess
Tampilkan atribut hidden supaya file tersembunyi bisa tampak

4. Search For “.htaccess” Di Kolom Pencarian

Setelah berhasil mensetting, cari .htaccess di kolom pencarian. Selanjutnya klik button “Go”

Membuat Script htaccess
Search file htaccess

  • File “.htaccess” tidak ada?

Jika .htaccess tidak muncul didalam file directory setelah dicari, maka kamu harus membuat file baru dengan nama file .htaccess. Terlebih dahulu

masuk kedalam folder public_html dan pilih menu File, selanjutnya isikan nama new file name dengan .htaccess. Kemudian klik button “Create New File”

Membuat Script htaccess
Buat nama file baru htaccess

Setelah berhasil membuat file baru, maka akan terlihat di dalam folder public_html . Kemudian isikan script dengan menggunakan menu Edit untuk menambahkannya.

Membuat Script htaccess
Edit file htaccess yang sudah ada

5. Edit File “.htaccess”

Akan terdapat pemberitahuan untuk edit .htaccess, kemudian klik “Edit

Membuat Script htaccess
Perintah Edit htaccess

6. Masukkan Isi Kode Dibawah Ini

Selanjutnya masukkan code / script ke dalam file .htaccess, lalu klik button “Save Change

Code :

RewriteEngine on

RewriteCond %{HTTP_HOST} ^daffakids.online [NC]

RewriteRule ^(.*)$ https://www.daffakids.online/$1 [L,R=301,NC]

Membuat Script htaccess
Pilih Save Changes untuk menyimpan perubahan

(Jika menggunakan https, pastikan SSL sudah terinstall, apabila belum terinstall SSL maka bisa menggunakan code berikut untuk barisan code ke 3)

RewriteRule ^(.*)$ https://www.daffakids.online/$1 [L,R=301,NC]


7. Cek Melalui Browser

Terakhir, cek mengggunakan browser Kamu. Apakah sudah terdirect otomatis ke www atau belum. Jika sudah terlihat seperti dibawah ini, maka Kamu sudah berhasil redirect ke www.

Membuat Script htaccess
Coba dicek menggunakan browser

Penutup

Penting untuk Kamu perhatikan ya Sob, jika pada direktori file tidak terlihat mungkin atributnya sedang berada dalam kondisi hidden. Sehingga sangat perlu untuk ditampilkan dengan status terlihat.

Nah, kalau misalkan Kamu masih menemui kesulitan dengan tutorial di atas, Kamu bisa mencoba untuk menghubungi teman-teman Jagoan Hosting untuk mendapatkan bantuan lewat Live Chat ataupun Open Ticket ya! Yuk mari!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 2.5 / 5. Dari total vote 13

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Related Posts
Tutorial Login Ke SSH Secara Otomatis

Kamu ingin melakukan login SSH secara otomatis? Gak perlu bingung karena kamu bisa ikutin tutorial di bawah ini untuk melakukan Read more

Tutorial Install Open Cart melalui Softaculous

Kamu sedang bingung masalah proses instalasi OpenCart? Gak perlu bingung, Sob. Ikutin yuk tutorial kali ini tentang gimana caranya install Read more

Tutorial penggunaan cPHulk bawaan dari WHM/Cpanel

Hai, Sob, tahukah kamu, kamu bisa menggunakan cPHulk dari WHM/cPanel kamu, loh! Wah, kita pelajari bareng yuk tutorialnya. Eits, tapi Read more

Informasi Menu pada FTP Session Control di cPanel

Hai, Sobat Jagoan! Apa sobat sudah tau apa itu FTP Session Control? nih, Sob FTP Session Control bisa dibilang alat Read more