Cara Aktivasi atau Instalasi Free SSL pada cPanel

Pengantar

Halo Sob, Bagi Sobat yang menggunakan fasilitas web dan hosting untuk mengunggah data, foto, portfolio dan sebagainya, akan sangat baik jika Sobat juga melakukan aktivasi SSL. Namun  sebelumnya, apasih SSL itu?

Lalu, mengapa perlu mengaktivasi SSL? Alasannya sederhana, karena pengiriman, pengunggahan dan penerimaan data merupakan fase yang sangat krusial.

Mengapa krusial? Karena proses tersebut bisa melibatkan ketidaktanggungjawaban para hacker, pencuri data, dan sebagainya. Itulah mengapa SSL cukup berperan penting. Nah kalau Sobat belum paham apa itu SSL dan cara mengaktifkannya, simak tutorialnya sampai selesai ya!

Tutorial Video

Cara Aktivasi SSL Pada cPanel Dan Instalasinya

Jagoan Hosting sudah menyediakan fitur free SSL pada semua layanan hostingnya. Secara default fitur free SSL ini akan otomatis aktif dalam waktu maksimalnya 2 x 24 jam. Karena sistem Jagoan Hosting yang akan otomatis melakukan instalasi pada pukul 12.00 dan 00.00. Namun apabila Sobat ingin mempercepat proses instalasi Sobat bisa mengikuti langkah berikut :


1. Masuk Ke cPanel Hosting

Kalau misalkan Kamu belum tahu caranya masuk ke Cpanel, Kamu bisa baca tutorial berikut ini > Tutorial Login Cpanel Lewat Member Area


2. Masuk Ke Menu SSL/TLS Status

Antarmuka Utama dari Cpanel


 

3. Cek Status SSL Domain

Pada halaman tersebut akan muncul list domain-domain termasuk subdomain Sobat beserta status Aktivasi SSL didalamnya. Apabila statusnya merah berarti belum aktif dan apabila sudah berwarna hijau berarti sudah aktif.

List domain/subdomain


4. Aktifkan SSL Domain

Untuk mengaktifkan SSL yang masih merah silahkan centang di sebelah kiri Domain atau Sub-Domain

Centang domain/subdomain yang ingin diaktifkan SSLnya

Centang domain


5. Jalankan "Run Auto SSL" 

Langsung klik aja Run Auto SSL, nantinya proses aktivasi SSL juga akan rampung pada proses ini.

Klik tombol Run AutoSSL


Penutup

Setelah itu tunggu masa instalasi dan validasi SSLnya kurang lebih 8 jam.

Apabila lebih dari 8 jam SSL Sobat belum aktif, silahkan periksa kembali pada menu tersebut, akan ada keterangan statusnya. Apabila instalasinya gagal maka akan dijelaskan pada halaman tersebut penyebab kegagalan instalasinya.

Nah, Sobat juga bisa dong hubungi kakak-kakak Jagoan Hosting di Live Chat ataupun Open Tiket, nanti Sobat bakalan dibantu sampai selesai Sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 3.6 / 5. Dari total vote 23

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Sultan Geraldo
Follow me on
Latest posts by Sultan Geraldo (see all)