Plesk

VestaCP

Webuzo

Wordpress Toko Online

Wordpress Company Profile

CodeIgniter

Laravel

Prestashop

Joomla

Drupal

Nextcloud

Moodle

Open Cart

Cari tutorial

Cara Melakukan Ping dan Tracert Menggunakan CMD

Hae Sob, sebagai pengguna internet barangkali Kamu sudah terbiasa dengan istilah PING ataupun Trace ya. Secara teknis, PING adalah perintah pertama yang muncul dalam pikiran ketika menghadapi masalah jangkauan jaringan.

Ini juga perintah pertama yang perlu dikeluarkan ketika ada kebutuhan untuk mencari tahu apakah suatu host tertentu "hidup" atau tidak.

Di sisi lain, Trace sifatnya lebih seperti investigasi dan memeriksa apakah kondisi internet maupun jaringan berada dalam situasi yang baik. Nah untuk melakukannya di CMD Kamu perlu memahami dua fungsi dasarnya ya Sob

Command ping dan tracert berguna untuk mengecek koneksi dari internet yang digunakan agar bisa terhubung ke server atau tidak. Untuk Windows, Kamu bisa masuk ke menu Start, lalu Kamu ketikkan command prompt. Ketika sudah masuk maka Kamu bisa mulai ping dan tracert domain murah Kamu.

Untuk ping gunakan perintah: “ping domainanda.com” (tanpa tanda petik). Untuk domain bisa juga diganti menjadi IP server.


Ping

Hasil koneksi dengan server

Screenshot di atas menunjukkan bahwa dari koneksi yang digunakan bisa terhubung dengan server. Untuk hasil selain hal tersebut (ex: error timeout, host not found.) maka silahkan hubungi tim support Jagoan Hosting untuk bantuan penanganan. Untuk tracert ini digunakan untuk melihat jalur network yang dilewati dari sisi pengakses hingga ke server.


Berikut ini adalah contoh PING dan berbagai macam balasannya

apabila mencoba ping 8.8.8.8 (dns google), Ping dikatakan lancar apabila ia sudah mendapat umpan balik. Namun terdapat berbagai macam case dan balasannya, seperti :


Reply

Reply from 8.8.8.8 bytes=32 time 127 ms TTL=46

Apabila Kamu mencoba test PING ke alamat DNS yang kita tuju, pesan balasannya Reply from 8.8.8.8 bytes=32 time 166 ms TTL=46, artinya ada balasan dari host yg kita ping, 8.8.8.8 (dns google), disini google melakukan feedback (umpan balik) untuk memastikan dua perangkat lancar/ tersambung, dan dapat saling terhubung.

Ping

Hasil PING dari CMD yang mendapat reply


Request Timed Out

Perangkatan yg melakukan pengiriman mengenal adanya jaringan, tetapi tidak menemukan alamat tujuan atau dalam waktu yang diberikan untuk melakukan ping sudah habis (time out)

Maksud tidak menemukan alamat tujuan, alamat nya memang tidak ada ataupun alamat yang dituju tidak sampai.


Ping

Reply timed out berarti tak mendapat balasan, ciye!


 Destination Host Unreachable

Biasa disebabkan oleh kerusakan fisik pada user yg melakukan ping atau alamat jaringan yg dituju dihalangi oreh firewall. Kerusakan fisik nya antara lain yaitu pada NIC, dan bisa karena Firewall dalam keadaan ON.

Ping

Kalau unreachable, bisa kena blok atau belum bayar internetnya


TTL Expired in Transit.

Pada jaringan komputer, data yang dikirim ataupun diterima memiliki TTL (Time To Live) atau waktu yang ditentukan oleh jaringan untuk tetap berada pada sebuah jaringan.

Jika kita melakukan perintah ping sebuah IP address dan keluar hasil TTL Expired in Transit menandakan paket data melebihi waktu yang telah ditentukan. Data yang dikirim tidak sampai pada tujuan, namun berputar hingga masa tenggang keberadaan pada jaringan habis sebelum mencapai tujuan.


Unknown Host

Alamat IP atau nama host tidak berada pada jaringan atau tujuan nama host tidak dapat diselesaikan.


Error code 65, 10043 and 10050, transmit failed
disable untuk ping agar diijinkan untuk menerima ICMP echo dan ECHO Reply Packets.


Hardware Error
Ketika mengetik ping, muncul Hardware Error.


Destination net unreachable

Pesan ini menunjukkan bahwa pesan IP sebelumnya tidak dapat disampaikan ke tujuannya. Hal ini mungkin terjadi karena router sepanjang jalur tidak memiliki didefinisikan rute ke tujuan. Juga, jika mesin tujuan tidak dapat berbicara protokol yang tepat, jenis pesan os akan dikembalikan. Alternatif. Akhirnya tuan rumah bisa kembali pesan ini jika tujuan port TCP atau UDP tertutup.


Echo Reply
Pesan ini digunakan untuk merespon ping ketika sistem masih hidup


Source Quench
Ketika sistem paket menerima terlalu cepat untuk memproses mereka dalam antrian masuk, hal itu mungkin mengirim kembali pesan Quench Sumber memberitahu pengirim melambat


Redirect
Pesan ini dikirim oleh router untuk mengindikasikan bahwa lalu lintas bisa diarahkan ke router lain. Yang dapat memberikan lalu lintas ke tempat tujuan secara efisien


Echo
Jenis pesan ini digunakan untuk mengirim ping untuk menentukan system berjalan


Time Exceeded
Pesan ini menunjukkan bahwa jumlah hop maksimum dalam Time-To-Live bidang header IP yang telah terlampaui


Parameter problem
Pesan ini dikirim oleh sebuah sistem sebagai tanggapan terhadap paket IP dengan parameter yang buruk di salah satu kolom


Timestamp
Jenis pesan ini mencakup waktu pada mesin pengirim, dan meminta waktu pada komputer tujuan


Timestamp Reply
Setelah menerima pesan, sistem akan merespons dengan waktu sendiri termasuk dalam timestamp replay


Timestamp Request
Pesan ini dapat digunakan oleh sebuah host untuk menentukan jaringan yang sudah di koneksikan


Information reply
Pesan ini berisi jawaban atas suatu pesan permintaan informsi tentang alamat IP jaringan


TRACERT :

Tracert adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat.
Untuk linux command yang digunakan hampir sama hanya untuk trace diganti dengan command traceroute (ex: traceroute domain.com)

gunakan perintah “tracert domainanda.com” (tanpa tanda petik).

Ping

ketik 'tracert namadomainkamu.com'

Untuk melakukan kedua kegiatan baik untuk PING ataupun trace domain, usahakan bahwa koneksi internet Kamu sedang dalam kondisi bagus ya. Karena misalkan koneksi Kamu butut, dan Kamu coba melakukan ping domain ya sama aja gondrong, Bro!

Kalau Sobat Jagoan masih bingung dengan tutorial di atas, Sobat Jagoan bisa menghubungi admin Jagoan Hosting lewat Live Chat ataupun Open Tiket ya Sob! Sekut!


Jangan nyerah gitu dong, sini kita bantu mecahin masalahnya pakai Cloudweeb! Klik aja http://bit.ly/supportcloudweeb

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 4 / 5. Dari total vote 2

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment





Ada yang baru sob! Tempat buat kamu diskusi & tanya jawab di Forum JagoanHosting

Cek langsung TKP!