Cari Tutorial Yang Anda Butuhkan Disini

Segala tutorial cara hosting dan tentang website ada disini

Tutorial Convert SSL Certificate ke Format SSL Lain

Format SSL yang dibeli biasanya adalah CRT. Kendalanya, jika anda menggunakan sistem yang membutuhkan format SSL yang berbeda, maka anda perlu melakukan convert ssl certificate nya ke format yang sesuai.

Untuk melakukan convert ssl certificate anda bisa menggunakan website berikut

Sebelumnya SSL yang merupakan akronim dari Socket Secure Layer adalah enkripsi yang bekerja untuk mengamankan lalu lintas data di website kita. Kemudian, bagaimana fungsi dan cara kerjanya di website kita?.

Setelah menggunakan SSL, data pada website anda tidak akan bisa dibaca oleh pihak luar. Karena, data pada website kita tersebut sudah dienkripsi SSL. Jadi, apabila kemungkinan terburuknya data pada sebuah website tertentu dicuri, peretas tersebut tidak akan bisa membaca data yang dicuri.

 

https://www.sslshopper.com/ssl-converter.html

 


Berikut informasi tentang berbagai macam format SSL,

Format PEM

PEM certificates biasanya memiliki ekstensi seperti .pem, .crt, .cer, and .key. Dienkripsi menggunakan Base64 ASCII dan isinya seperti ini “—–BEGIN CERTIFICATE—–” dan “—–END CERTIFICATE—–” . Apache biasanya menggunakan format ini. Beberapa file bagian PEM certificates crt, ca, key kadang dibundle menjadi satu bagian, atau terpisah jadi beberapa file.

 


Format DER

DER format lebih simpel jika dibandingkan dengan format ASCII PEM. Biasanya terdiri dari file berekstensi .der atau .cer. Semua tipe certificates dan private keys bisa di encode menjadi format DER. Format ini biasanya digunakan untuk aplikasi/webserver berbasis Java.

 


Format PKCS#7/P7B

Format PKCS#7 atau P7B biasanya dienkripsi menggunakan Base64 ASCII dan memiliki ekstesi .p7b atau .p7c. Certificates P7B isinya seperti ini “—–BEGIN PKCS7—–” dan “—–END PKCS7—–” . File P7B hanya terdiri dari certificates dan chain certificates tanpa private key. Platform Microsoft Windows dan Java Tomcat menggunakan ekstensi ssl ini.

 


Format PKCS#12/PFX

Format PKCS#12 atau PFX memiliki ciri semua certificates dan private key dijadikan satu file yang dienkripsi. File PFX berekstensi .pfx dsan .p12 biasa digunakan untuk perangkat berbasis Windows.


Saat anda melakukan konversi dari PFX ke PEM, hasilnya berupa satu file berisi semua certificates dan private key. Anda perlu membukanya dengan text editor biasa/notepad dan salin semua certificate dan private key (termasuk BEGIN/END) ke beberapa file .cer dan .key


Apakah artikel di atas cukup membantu kamu?

Leave a Comment