Admin Tutorial

Hai Sob! Apakah Sobat mencari tau gimana caranya setting keamanan cPanel Sobat? Santai aja sob, Jagoan Hosting punya solusinya.

Tapi sebelumnya untuk lebih lengkapnya, apakah sobat sudah tau apa sebenarnya cPanel itu? Yuk mari kita cek dulu, pengertian dari cPanel itu apa ya sob?

Untuk melakukan peningkatan keamanan cpanel Sobat, Sobat perlu melakukan beberapa hal berikut :

  1. Disabled Single Sign On
  2. Melakukan Setting pada Contact information
  3. Melakukan Setting pada User manager

Nah, kalau begitu langsung aja, kita bahas selengkapnya mengenai 3 cara tersebut pada artikel di bawah ini :


1. Disabled Single Sign On

Nah, fungsi dari Single Sign On sendiri  dinonaktifkan ketika Sobat Jagoan ingin memberikan akses CPanel kepada pihak ketiga (misal Web Developer / Tekhnisi dari Sobat Jagoan) , tanpa mereka perlu mengakses ke managemen billing (member area) Sobat.

Langsung saja ikuti panduan dibawah ini ya Sob!


STEP 1: Untuk dapat menonaktifkan Single On, Sobat perlu Masuk ke Member Area kamu dulu Sob!


STEP 2: Selanjutnya, Sobat bisa masuk ke klik nama Sobat yang berada di sebelah Kanan Atas , dan selanjutnya silahkan pilih menu Security Settings.


STEP 3:  Selanjutnya, Sobat bisa cek status Single Sign-On saat ini. Jika status nya dalam kondisi ON, maka bisa Sobat nonaktifkan.

Catatan: Fitur Single Sign On ini berfungsi secara universal ke seluruh akun hosting / layanan yang ada pada member area ya Sob! Jadi jika Sobat Jagoan mempunyai akun hosting lebih dari 1, maka otomatis keseluruhan akun hosting Sobat dapat diakses kepada pihak ketiga yang udah Sobat berikan akses loginnya Sob!


2. Melakukan Setting pada Contact Information

STEP 1: Sobat bisa merubah contact information di cpanel Sobat dengan klik pada menu Contact Information tampilannya akan seperti berikut:


STEP 2: Sobat bisa memasukkan email dan data data di dalam menu tersebut, contoh tampilan menu-nya akan seperti berikut.

isikan email dan data

Tetapi yang Sobat perlu perhatikan adalah email di dalam menu tersebut, karena jika terdapat update di cpanel Sobat. Sobat akan mendapatkan informasi ini melalui email tersebut.


3. Melakukan Setting pada User Manager

STEP 1: Selanjutnya adalah melakukan manage user manager, Sobat bisa melakukan search user manager dan tampilan menu-nya akan seperti berikut.

Buka menu User Manager


STEP 2: Dan isi dalam menu tersebut adalah manage user yang ada di hosting Sobat, seperti account email, account ftp dan lain lainnya. Dan sobat bisa mengatur hal tersebut pada menu ini.

Tampilan user manage


4. Membagikan Login Cpanel ke Pihak Ke-3

Saat ini menu user manager tidak bisa kamu gunakan untuk mereset password cpanel sob dan sudah tidak ada menunya lagi. Jadi disarankan untuk kamu Login Cpanel lewat Member Area aja ya,

Jika memang login cpanel diperlukan karena akan diberikan ke pihak ketiga misalnya Programmer, Designer, atau pihak-pihak yang berkenan, kamu bisa Open Ticket ya sob untuk request login cpanelnya...


STEP 1: Untuk mulai membuat tiket, pertama kamu masuk dulu ke Member Area JagoanHosting


STEP 2: Lalu silahkan pilih menu drop-down Bantuan dan pilih Buat Tiket sesuai petunjuk pada gambar.

Buat Tiket


STEP 3. Kemudian pilih bagian masalah pada pilihan Support - Umum -> Bantuan Support Lainnya


STEP 4: Lalu isi data tiket dengan meminta informasi login cpanel untuk diberikan ke pihak ke-3, jika sudah selesai klik tombol Submit.


STEP 5: Kemudian akan muncul notifikasi bahwa tiket anda sudah berhasil terkirim.


Demikian dari Jagoan Hosting mengenai Tutorial Setting Keamanan CPanel. Cepat-cepat lakukan setting pengubahan ya sob, agar akun cPanelmu jadi lebih aman! Kalau Sobat Jagoan masih bingung dengan tutorial di atas, Sobat Jagoan bisa menghubungi admin Jagoan Hosting lewat Live Chat ataupun Open Tiket ya Sob! Semangat Sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 5 / 5. Dari total vote 1

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

2 Comments

  1. […] Tutorial Mengubah Password dan Setting Keamanan CPanel […]

  2. […] bisa meningkatkan setting keamanan cPanel kamu dan mengganti password website […]

Leave a Comment