Cari tutorial

Tutorial Install Laravel di cPanel Jagoan Hosting

Hai Sob!

Buat kamu semua para developer yang lagi kepo gimana sih cara Upload Aplikasi Laravel ke Hosting? Nah, tutorial kali ini cocok banget buat kamu pantengin, Sob. Eits, tapi buat kamu yang masih penasaran juga sebenernya Laravel itu apa sih? Temukan jawabannya, di sini :

STEP 1: Akses dulu member.jagoanhosting.com dan login cpanel sesuai panduan DISINI


STEP 2: Pilih menu Terminal pada kolom Advanced. Perlu kamu ketahui fitur terminal / SSH hanya tersedia pada layanan hosting kami tertentu saja untuk kebutuhan developer.


STEP 3: Kemudian masuk kedalam folder domain kamu dan disana sudah terinstall otomatis composer


STEP 4: Lalu ketikan perintah composer create-project --prefer-dist laravel/laravel pada terminal untuk memulai menginstall laravel.


STEP 5: Tunggu beberapa saat Sob. Jika instalasi laravel sudah berhasil di hosting kamu, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.


STEP 6: Karena default sistem cPanel memanggil folder public_html, maka kita harus hapus terlebih dahulu folder tersebut dengan command rm -R public_html. Setelah itu buat symlink untuk mengarahkan public_html ke folder public milik Laravel. Adapun commandnya adalah ln -s laravel/public public_html. Sehingga nantinya untuk akses domain kamu akan mengarah langsung ke folder public milik Laravel tersebut.


 

Install Laravel Menggunakan Softaculous di cPanel

STEP 1: Akses member.jagoanhosting.com kemudian login cPanel sesuai panduan DISINI Sob.


STEP 2: Pilih menu Softaculous Apps Installer pada kolom Software.


STEP 3: Ketikan Laravel pada kolom search dan klik Laravel pada kolom Frameworks.


STEP 4: Kemudian klik button Install Now.


STEP 5: Pilih protokol yang kamu gunakan Sob, jika pada domain kamu sudah terpasang SSL, kamu dapat memilih https, jika tidak terpasang maka kamu hanya dapat menggunakan http. Lalu pilih domain yang kamu akan gunakan dan klik button Install.


STEP 6: Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa laravel telah terpasang pada domain kamu.

 


Mudah banget kan Sob cara instal laravel di hosting kamu?
Jika kamu menemui kesulitan ketika setting laravel, jangan ragu untuk menghubungi tim support kece nya Jagoan Hosting via livechat atau open tiket ya Sob. Selamat mencoba!

Kamu wajib baca artikel ini juga Sob!

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!