Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Follow Up untuk Tingkatkan Pelayanan Cepat Tanggap

Customer Assistance merupakan bagian penting khususnya dalam jalinan antar pelanggan dalam suatu perusahaan. Bisa dikatakan customer Assistance sebagai pandangan pertama pelanggan ketika berhubungan dengan suatu perusahaan. Harapannya customer assistance dapat mewujudkan komunikasi yang baik antar pelanggan dan sebagai perwakilan suatu brand perusahaan itu sendiri. Khususnya pada bagian selling.

Pada bagian selling perlu kamu perhatikan khususnya pada bagian follow-up atau menghubungi pelanggan sebagai tahapan closing sebuah selling. Lalu apa saja hal baik yang mempengaruhi sebuah penjualan dari follow-up itu sendiri?

1. Pelanggan senantiasa kembali padamu!

Ketika kamu melakukan follow-up dengan customer dan menanyakan tentang bagaimana pengalaman mereka menggunakan paket kami? Dan menunujukan bahwa kamu peduli dengan mereka. Cara ini akan membawa mereka kembali kepada kamu, karena jarang sekali suatu perusahaan memberikan cara follow up untuk meningkatkan komunikasi keduanya.

2. Mencegah berkurangnya pelanggan yang pergi

Jika kami termasuk dalam pelanggan yang kurang senang, entah mereka akan memberitahumu atau tidak, kemudian kamu lakukan kontak feedback tentang apa yang mereka rasakan. Tentunya mereka akan mempertimbangkan untuk melakukan pembelian ulang kepada perusahaamu. Mengabaikan pelanggan akan menununjukkan bahwa perusahaan hanya ada ketika pelanggan melakukan order kepada kamu.

3. Menawarkan pendapat pelanggan

Ketika kamu berusaha meningkatkan pelayanan di dalam perusahaan maka kamu perlu mengumpulka feedback yang datangnya bisa dari luar, untuk itu fungsi follow-up perlu kamu gunakan di dalam tahap ini. Karena pendapat pelanggan juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

4. Follow Up yang tepat

  • Hindari melakukan follow-up terhadap pelanggan secara terus – menerus, buat sebuah jadwal yang teratur agar pelanggan tidak merasa terganggu.
  • Jika pelanggan melakukan kontak kembali kepada kamu, pastikan untuk lakukan balasan kurang lebih 24 jam pada hari itu. Ini akan menunjukkan seberapa kamu memperhatikan mereka.
  • Pertimbangkan tentang hadiah – hadiah kecil yang mungkin saja bisa kamu berikan sebagai tambahan ekstra untuk follow up kamu. Ucapkan maaf apabila ada pengalaman yang buruk, ucapkan terimakasih agar pelanggan senang dan bahagia.

5. Selalu ucapkan Terimakasih

Bagaimanapun jenis follow-up yang kamu lakukan dengan pelanggan, dan entah berakhir seperti apa, selalu akhiri dengan kata terimakasih. Mungkin kata – kata tersebut sangat sepele. Namun “Terima Kasih” menjadi bagian dari apresiasi untuk pelanggan atas kesediaan mereka meluangkan waktu untuk kamu.

SM Team

  • Nadia Veronica

    Proses Deposit & WD tercepat hanya di METROQQ
    Permainan fair tanpa Bot, Tanpa Admin 100% Player Vs Player

    Dapatkan Bonus Menarik Setiap Harinya
    • Bonus Turnover 0.3 – 0.5% (Dibagikan setiap hari Senin)
    • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)

  • Nadia Veronica

    Proses Deposit & WD tercepat hanya di METROQQ
    Permainan fair tanpa Bot, Tanpa Admin 100% Player Vs Player

    Dapatkan Bonus Menarik Setiap Harinya
    • Bonus Turnover 0.3 – 0.5% (Dibagikan setiap hari Senin)
    • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)

    PIN BBM: 2BE32842