Membuat deskripsi produk tidak semudah membalikkan telapak tangan, Banyak persiapan yang dibutuhkan agar deskripsi produk maksimal dan dapat meningkatkan penjualan. Kualitas deskripsi produk dapat mempengaruhi penjualan, Karena deskripsi menjadi salah satu hal yang membuat keputusan pembelian.

Deskripsi produk menjadi poin terpenting dalam Penjualan, Deskripsi produk berfungsi untuk menggambarkan suatu proposisi nilai produk kepada pelanggan potensial. Sebuah deskripsi produk yang menarik biasanya berisi informasi mengenai fitur, manfaat hingga solusi dalam pemecahan masalah, dll.

Semakin kuat fantasi yang dihasilkan pelanggan setelah membaca deskripsi produk, Maka semakin besar kemungkinan mereka akan membelinya. Nah berikut beberapa cara membuat deskripsi produk yang baik yang dapat meningkatkan penjualan. 

Pahami Product Knowledge

Memahami semua tentang produk menjadi hal utama dalam menulis deskripsi produk, Ketika kamu sudah memahami semua hal tentang produk, Maka kamu bisa membuat deskripsi yang lebih maksimal.

Jika kamu masih belum memahami betul tentang product knowledge, Kamu bisa mulai mencoba untuk mempelajari tentang produknya. Kamu bisa memahami product knowledge dengan teknik 5W 1H.

Berikut cara memahami product knowledge untuk membuat deskripsi produk yang maksimal :

  • Siapa target audince produk ini? Produk ini ditujukan untuk siapa, Disini kamu harus menentukan audiens dari target pasar kamu. Target pasar harus tepat agar penjualan produk bisa maksimal. Kamu bisa mamahami tentang Marketing Mix untuk cara menentukan target pasar.
  • Apa saja dasar produk ini? Kamu bisa menentukan detail atribut dasar dari produk seperti dimensi, bahan, fitur dan fungsi dari produk.
  • Di mana seseorang akan menggunakan produk ini? Dimana produk tersebut dapat digunakan, Penggunaan di dalam atau luar ruangan. 
  • Kapan seseorang harus menggunakan produk? Waktu bisa menjadi salahsatu hal yang mempengaruhi penjualan, Kamu harus dapat menentukan kapan produk tersebut bisa digunakan dan dalam jangka waktu berapa lama.
  • Mengapa produk ini lebih baik daripada produk lainnya? Ketahui apa yang menjadi nilai plus produk kamu dibanding produk kompetitor lainnya. Jelaskan tentang fitur dan manfaat yang lebih daripada pesaing.
  • Bagaimana cara kerja produk? Tidak semua produk harus mencantumkan cara kerja produk, Tapi jika produk kamu dalam penggunaanya cukup sulit, maka cara kerja produk harus dimiliki.

Kombinasi 5W 1H dapat membantu kamu dalam menyusun deskripsi produk yang maksimal, Pertanyaan-pertanyaan tersebut bagus untuk digunakan sebagai template deskripsi produk ketika kamu menginginkan deskripsi produk terbaik.

Tentukan format terbaik untuk menggambarkan produk

Bagaimana membuat deskripsi produk yang maksimal? Jawabannya adalah dengan menentukan format terbaik untuk menggambarkan produk. Format deskripsi produk sendiri sama halnya dengan Formula/rumus untuk menghasilkan deskripsi produk.

Misalnya, Menggunakan formula sederhana di bawah ini : 

[Paragraf Prosa] + [Pargraf/Poin Spesifikasi, Manfaat  atau Fitur Produk] = [Deskripsi Produk]

Kamu juga bisa menambahkan beberapa formula di bawah ini untuk menysusun format deskripsi produk :

Dengan menggunakan formula tersebut kamu bisa menyusun sebuah deskripsi produk yang maksimal. Ingat jika menuliskan hanya poin-poin penting bukan cara terbaik untuk menceritakan kisah suatu produk dan meyakinkan pembeli untuk membeli produk.

Dengan menulis satu paragraf (tiga atau lebih kalimat) tentang produk, Kamu dapat mempengaruhi dan mengatur agar calon pembeli menyadari mengapa mereka membutuhkan produk tersebut.

Buat deskripsi produk yang pendek dan menarik

Menyusun Deskripsi Produk
Menyusun Deskripsi Produk

Jangan membuat deskripsi produk yang panjang, Hal tersebut dapat membuat calon pembeli kebingungan karena banyak membaca. Maka dari itu sebaiknya deskripsi produk dibuat pendek dan menarik.

Kamu bisa menerapkan teknik copywriting dalam menyusun deskripsi produk. Copywriting tersebut akan membantu kamu dalam menulis deskripsi yang maksimal agar dapat meningkatkan penjualan. 

Cukup tuliskan deskripsi produk sesuai dengan format deskripsi yang sudah kamu tentukan sebelumnya, Kamu tinggal menysusun dan menempatkan paragraf copywriting pada deskripsi produk kamu.

Jangan takut untuk menyombongkan diri

Adakalanya kamu harus menuliskan deskripsi produk yang menyombongkan diri, Menyembongkan disini berarti deskripsi produk yang kamu buat lebih mengunggulkan produk kamu dibanding produk lainnya. Buatlah seolah-olah produkmu lah yang terbaik di pasaran.

Jadikan nilai plus produk kamu sebagai senjata dalam menyombongkan diri. Jelaskan dengan lebih baik dalam paragraf deskripsi produk secara singkat dengan memasukkan informasi detail yang membuktikan mengapa produk kamu lebih baik daripada yang lain.

Ingat! Dalam menyombongkan produk, Pastikan jika deskripsi yang kamu buat sesuai dengan keadaan produk kamu. Kamu boleh melebih-lebihkan tentang kelebihan produk kamu, Karena itu sah-sah saja. Tapi dalam membuat deskripsi produk, Kejujuran menjadi nilai kunci.

Membuat Deskripsi produk yang Unik

Apakah kamu mengenal pelanggan dengan cukup baik sehingga mereka tidak akan membaca deskripsi produk? Apakah semua pelanggan kamu suka membaca deskripsi? Yang perlu kamu ketahui tidak semua audiens menginginkan deskripsi produk dalam bentuk paragraf.

Teks tidak selalu cara terbaik untuk menggambarkan produk kamu. Gambar memiliki bobot dan lebih diingat oleh pelanggan. Jika memungkinkan, pamerkan produk kamu dalam visual yang menjelaskan dengan tepat apa fungsinya.

Hal ini menjadi pekerjaan kamu untuk menentukan apakah deskripsi produk kamu berbentuk paragraf atau konten visual seperti gambat, icon atau sejenisnya. Carilah konten yang paling penting bagi mereka, dan temukan cara visual yang menarik untuk mendapatkan semua informasi yang relevan bagi pelanggan.

Membuat Deskripsi Produk
Membuat Deskripsi Produk

Jika kamu lihat contoh deskripsi produk diatas, Tidak ada paragraf yang panjang untuk menjelaskan mengenai produk. Deskripsi seperti ini biasanya dilakukan oleh brand yang sudah besar. Namun jika kamu yakin membuat deskripsi seperti itu walaupun brand begitu besar tidak ada masalah.

Deskripsi Teknis untuk Meningkatkan Kepercayaan

Jika Anda memiliki produk yang lebih teknis, jangan takut untuk memasukkan deskripsi teknis pada deskripsi produk produk. Deskripsi tentang teknis sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan.

Buktikan kepada pelanggan kamu keahlian produk merek kamu di industri dengan memberikan semua detail yang mungkin perlu pelanggan ketahui bahkan sebelum mereka harus bertanya. Deskripsi teknis bisa berupa fitur, spesifikasi dan informasi teknis produk lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai tips membuat deskripsi produk yang maksimal untuk meningkatkan penjualan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like