Tips Memilih Layanan VPS Indonesia untuk Website Anda

VPS bisa dibilang menjadi salah satu komponen pendukung kesuksesan dari website bisnis Anda. Memilih layanan VPS memang terlihat gampang – gampang susah. Mudah memang jika kita hanya mencari harga murah dan order langsung VPS Indonesia. Tapi apa jadinya jika VPS yang kita beli mengalami banyak kendala yang bisa membuat kerugian terhadap bisnis kita di kemudian hari. Ini akan merepotkan bukan? Maka dari itu, kita perlu bersikap bijak dalam memilih layanan yang memang akan menjadi pendukung kesuksesan bisnis kita. Pengetahuan sebelum memilih layanan VPS itu yang seperti apa? Ini dia beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

1. Ketahui apa kebutuhan website Anda

Sebelum mula memilih dan membeli VPS yang digunakan website Anda, ketahuilah terlebih dahulu kebutuhan website Anda. VPS yang dibeli untuk e-commerce dan VPS yang digunakan untuk sebuah company profile tentu sangat berbeda kebutuhan. Ini juga terjadi saat VPS yang Anda beli digunakan untuk memonitoring. Dari space dan bandwith juga sudah berbeda dari keduanya. Ini yang bisa Anda jadikan acuan nantinya dalam memilih paket VPS yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi bukan hanya VPS murah yang Anda cari, tapi kualitasnya juga yang Anda butuhkan.

2. Teknologi yang digunakan

Jika Anda ingin membeli sebuah VPS Indonesia, pastikan layanan VPS yang ditawarkan menggunakan teknologi terbaru, sehingga website Anda tidak tertinggal untuk semakin berkembang. Teknologi baru yang dimiliki bukan tanpa alasan adalah untuk memudahkan Anda dalam memanage website Anda. Salah satu teknologi yang harus ada adalah adanya fitur untuk melakukan monitoring terhadap CPU, RAM, Disk Space dan juga Inode. meskipun website Anda hanya digunakan untuk company profil, tapi jangan sepelekan masalah teknologi yang harus ada dalam VPS Anda.

Cek Konten Lainnya:
Rekomendasi 15 Situs Download Font Gratis, Keren & Estetik!

3. Berapa besar traffic yang Anda butuhkan

Website dengan pengunjung hampir 2000 orang perhari tidak mungkin hanya membutuhkan memory sebesar 256. Ini yang harus Anda ketahui terlebih dahulu dari website Anda, digunakan sebagai apa nantinya. Software pendukung juga harus mampu mensupport kebutuhan yang Anda miliki. Maka sebelum membeli, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan Customer Support dari provider penyedia VPS Indonesia tersebut, untuk mendapatkan pengetahuan tentang VPS yang ingin Anda beli.

4. Kualitas hardware yang digunakan

Hardware menjadi salah satu pendukung terciptanya sebuah layanan yang baik. Hardware yang mumpuni akan membantu kinerja VPS Anda menjadi semakin canggih. Beberapa contoh hardware terbaik yang bisa Anda gunakan adalah adanya server berteknologi canggih seperti SUPERMICRO, prosesor yang digunakan, SSD Storage, hingga kapasitas memory yang besar. Ini harus menjadi perhatian bagi Anda sebelum membeli layanan VPS Indonesia di suatu provider web hosting.

5. Ketersediaan fasilitas backup

Layanan VPS terbaik saat ini memang sudah mudah untuk kita temui dan kita miliki, tetapi apakah Anda yakin jika semua layanan tersebut memberikan satu fitur yang pasti Anda butuhkan, yaitu fasilitas backup data. Pilihlah penyedia layanan VPS yang menawarkan adanya fasilitas backup tersebut. Ini akan memudahkan Anda dalam memaksimalkan kinerja website dan bisnis Anda.

6. Lihat layanan support yang disediakan

Apakah layanan VPS yang Anda pilih sudah dilengkapi dengan layanan support yang terbaik? Pastikan sebelum membeli VPS, layanan support di tempat tersebut sudah berkomitmen dan bersedia melayani Anda selama 24 jam dalam seminggu penuh. Ini bukan masalah waktu yang diberikan, namun tidak ada yang bisa mengira Anda akan membutuhkan mereka disaat seperti apa. Ini artinya layanan support yang ditawarkan memang harus bersedia memberikan solusi untuk semua masalah Anda. Jika Anda ragu layanan support tersebut memang memberikan yang terbaik atau tidak, cobalah untuk berkomunikasi dengan CS di provider tersebut. Kecepatan dan keramahan dari Customer Support bisa kita jadikan penilaian pertama sebelum menilai layanan support selanjutnya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Deep Web? Situs Web Tersembunyi & Faktanya

Mencari provider VPS terbaik yang menyediakan layanan support handal memang tidak mudah. Sebagian provider di Indonesia memang tidak menyediakan jasa manage VPS. Untuk itu, bagi anda yang sudah siap menggunakan VPS, bersiap-siaplah juga untuk mencari pihak ke-3 untuk menangani permasalahan di VPS anda nantinya

7. Keamanan data

Selain dari segi infrastruktur pendukung hingga layanan support yang diberikan, itu tidak akan berarti banyak, ketika layanan VPS pilihan Anda tidak mampu memberikan kemanan data. Yang Anda butuhkan adalah sebuah layanan cloud VPS yang memang benar – benar aman, salah satu caranya adalah dengan memisahkan antara satu layanan virtual server yang memang benar – benar terpisah antara satu dengan yang lainnya. Sebelum memilih cobalah terlebih dahulu tanyakan kepada Customer Support penyedia layanan tersebut mengenai kebutuhan Anda ini.

8. Harga

Kebutuhan Anda terhadap dukungan website tentu saja harus maksimal dan juga bisa meminimalkan harga. VPS dengan harga murah memang terlihat tidak memiliki kualitas yang baik dan mendukung kinerja website Anda, tetapi apakah harga mahal akan membuat Anda benar – benar yakin jika VPS tersebut memang yang terbaik. Pilihlah VPS Indonesia yang tidak hanya bermain dengan harga, tetapi juga mampu membuktikan kualitas produk dan layanannya. Sudah banyak dari web hosting yang saat ini menyediakan VPS murah, namun tidak sedikitpun melalaikan kualitas produknya.

Lalu bagaimana? Sudahkan Anda yakin dengan layanan VPS yang ingin Anda pilih?

CTA-1

Baca juga:

Kapan Website Anda Butuh VPS?

Dedicated Hosting

Serba-serbi Virtual Private Server (VPS)

Cara Membuat Akses SSH VPS Anda Lebih Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Tutorial Ubuntu: Cara Instal Virtualmin dengan Webmin, LAMP, BIND, dan PostFix di Ubuntu 16.04
Tahukah Anda, jika banyak tutorial ubuntu. Salah satunya seperti instalasi virtulmin yang wajib dilakukan jika Anda menggunakan Ubuntu.…
cara cek plagiarisme
Read More
15 Cara Cek Plagiarisme Online yang Gratis, Akurat & Mudah!
Saat diharuskan untuk memastikan orisinalitas sebuah tulisan, tentu kamu perlu memahami bagaimana cara cek plagiarisme, bukan? Apalagi kini…