Admin Tutorial
Latest posts by Admin Tutorial (see all)
PERHATIAN Dokumentasi ini sudah usang, lihat dokumentasi terbaru disini

Apa itu VPS X

VPS X merupakan mesin virtualisasi (VM) berbasis linux yang berjalan diatas server fisik dengan  menggunakan teknologi virtuozzo openvz. Setiap VPS X yang kamu gunakan terisolasi dengan VPS X lain dan berjalan secara mandiri diatas infrastruktur cloud Jagoanhosting.com

PS : Kenali perbedaan antara OpenVZ dan KVM disini

Detail Spesifikasi Paket 

Berikut adalah detail paket VPS X :

Nama PaketCPU dan RAMVariasi Processor
X13 vCPU dan 3 GB RAMIntel(R) Xeon(R) CPU E5-2620 v3 @ 2.40GHz
Intel(R) Xeon(R) CPU E5-2620 v2 @ 2.10GHz
Intel(R) Xeon(R) Silver 4214 CPU @ 2.20GHz
X26 vCPU dan 4 GB RAMIntel(R) Xeon(R) CPU E5-2620 v3 @ 2.40GHz
Intel(R) Xeon(R) CPU E5-2620 v2 @ 2.10GHz
Intel(R) Xeon(R) Silver 4214 CPU @ 2.20GHz
X39 vCPU dan 12 GB RAMIntel(R) Xeon(R) CPU E5-2620 v3 @ 2.40GHz
Intel(R) Xeon(R) CPU E5-2620 v2 @ 2.10GHz
Intel(R) Xeon(R) Silver 4214 CPU @ 2.20GHz

 

  • VPS X adalah mesin virtualisasi (VM) yang mengalokasikan resource, seperti CPU, RAM dan Storage dari server fisik.
  • vCPU adalah prosesor virtual yang merepresentasikan satu hyperthread dalam core processor. Prosesor multicore terkini sudah memiliki beberapa vCPU.

Hyperthread yang dialokasikan ke VPS X bersifat share dengan VPS X yang lain. Hal yang sangat jarang terjadi dan perlu diketahui adalah saat terjadi suatu anomali yang mengakibatkan penggunaan resourcenya berlebih, bisa mempengaruhi kinerja VPS X lain dalam satu server fisik. Kamu tidak perlu khawatir karena setiap pembagian resource telah diatur secara optimal oleh tim kami.

Justru yang akan terjadi kamu mendapatkan keuntungan dari share hyperthread, dimana VPS X-mu bisa mendapatkan akses penuh ke hyperthread CPU fisik dikondisi aktivitas normal atau istilahnya adalah overselling.


Ketersediaan Regional

Saat ini VPS X sudah tersedia di multi regional, yaitu Indonesia dan Singapura. Memilih lokasi lokal atau singapura, itu sesuai keinginan kamu. Keduanya hanya beda tipis perihal latency.

Ada dua studi kasus sebagai gambaran :

  1. Gunakan regional singapura jika ada kebutuhan interaksi dengan aplikasi atau server lain yang basisnya diluar seperti eropa atau amerika. Sebaliknya regional indonesia saja sudah bisa memenuhi kebutuhan kamu.
  2. Kamu bisa gunakan kedua regional dengan dua VPSX yang berbeda untuk mendapatkan High Availability, jadi bisa active backup antar kedua VPSX.

Lokasi datacenter VPS X Jagoanhosting.com :

  • ID1-4: Surabaya, Indonesia.
  • SGP1: Singapura.
  • US1: Coming Soon.
  • UK1, UK2: Coming Soon.

Fitur

XCube

XCube, yakni kumpulan template VPS, siap dipilih & diinstall sesuai kebutuhan. Tak perlu install satu-persatu, XCube diciptakan untuk mempercepat proses setup.

Ada tiga pilihan utama ketika mau menggunakan XCube diantaranya VPS Apps, OS+Panel dan OS Only :

VPS Apps

VPS Apps

Pilihan fitur ini akan secara otomatis menginstall aplikasi populer seperti wordpress atau code igniter, diatas varian distro linux ubuntu atau centos.

Tips : Setelah memilih, cek dulu dengan klik Details untuk melihat secara lengkap apa yang akan terinstall dan cara pakainya.

Contoh Studi kasus : 

Kamu punya sebuah blog wordpress di sharedhosting, yang secara resource sudah kepenuhan. Lalu kamu mau VPS X ini untuk menghost sebuah blog tersebut dengan memilih template VPS Apps WordPress (Centos atau Ubuntu).

 

OS + Panel

Os + Panel

Fitur ini cocok digunakan jika kamu terbiasa menggunakan panel hosting seperti cPanel. Tapi ingat ini masih belum termasuk lisensinya ya. Setelah menyelesaikan order, kamu perlu beli lisensi cPanel dulu sebelum bisa digunakan.

Tips : Setelah memilih, cek dulu dengan klik Details untuk melihat secara lengkap apa yang akan terinstall dan cara pakainya.

 

OS Only

Os only

Fitur ini umum dipilih oleh kamu yang sudah biasa mengelola VPS, ada tiga pilihan distro yaitu Debian, Centos dan Ubuntu.

Tips : Gunakan varian 64bit untuk mendapatkan dukungan penuh terhadap OS yang terinstall

 

VNC Console

VNC Console tersedia di member area untuk pengelolaan VPS X. VNC dapat berfungsi sebagai backdoor ketika SSH tidak bisa digunakan.

Kamu bisa menggunakan tutorial cara menggunakan VNC Console

 

SSH Key Management

SSH Key Management untuk akses VPS X tanpa password. Melalui fitur ini memungkinkan untuk berbagi akses tanpa harus mengetahui apa password VPSnya.

Untuk menggunakan fitur ini kamu bisa menggunakan tutorial cara menggunakan SSH Key Management

 

Firewall

Fitur firewall yang secara otomatis menutup seluruh pintu dan mengaktifkan port-port standar. Custom setting juga tersedia untuk konfigurasi port sesuai kebutuhan.

 

Fitur yang akan segera hadir

Berikut ini adalah fitur - fitur baru yang akan hadir di VPS X :

  • XCube Marketplace - Platform untuk para customer agar bisa membuat Cube mereka sendiri dan menjualnya untuk customer kami yang lain.
  • Total Isolation Access - VPN akses agar sebuah device pengakses terisolir sepenuhnya, tak bisa akses keluar jaringan maupun diakses dari luar jaringan.
  • SMASH - Fitur untuk monitoring dan auto restart service yang tiba-tiba mati
  • VPS Turbo Booster - Tombol darurat ketika VPS muncul tanda-tanda mau sekarat
  • S.A.T.P.A.M - Super Advance Threat Prevention & Action Management
  • Multi Region - Jangkauan user lebih luas dengan pilihan server dari berbagai datacenter belahan dunia.

 

Limitasi

  • VPS X adalah server virtual dengan virtualisasi pada tingkat OS (Operating System) yang berbasis pada kernel Linux. Sehingga tidak bisa install sistem operasi selain linux semisal windows.
  • Ada beberapa limitasi network VPS X untuk mencegah tindakan jahat, contohnya seperti serangan reflected DDoS. Kami tahu limitasi ini mempengaruhi fungsi VPS sehingga tidak bisa digunakan untuk Router atau gateway VPN.
  • Secara default tidak ada batasan pemakaian bandwith VPS X, kecuali untuk paket X1 yang terbatas hingga 1 TB.

Resource maksimal yang bisa kamu digunakan sesuai dengan detail spesifikasi paket VPS X . Pilihan paket tersebut merupakan pilihan resource paling optimal ketika menggunakan VPS. Jika kamu membutuhkan resource diatas 9 vCPU, 12 GB RAM dan 120 GB Storage artinya sudah saatnya kamu beralih ke server fisik.

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 3 / 5. Dari total vote 2

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?