Cara Mematikan Antimalware Service Executable

Sultan Geraldo
Follow me on
Latest posts by Sultan Geraldo (see all)

Antimalware Service Executable adalah software antivirus bawaan yang dijalankan oleh Windows Defender. Namun, software ini dianggap memakan banyak memori RAM dan CPU. sehingga, banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan malware tersebut.

Nah, jika kamu salah satu orang yang resah dan ingin tahu bagaimana cara mematikan Antimalware Service Executable, maka kamu berada di tempat yang tepat. Yuk simak tutorialnya dalam artikel berikut ini.

Mengapa Antimalware Service Executable Memakan Banyak RAM?

Saat Antimalware Service Executable sedang berjalan, program ini memindai seluruh sistem komputer untuk mendeteksi malware sehingga menghabiskan banyak CPU atau memori. 

Seperti kebanyakan program antivirus, Windows Defender berjalan di latar belakang, selain itu, program ini memindai file yang sedang berjalan dan memperbarui informasi tentang malware secara teratur. Proses update ini dapat meningkatkan utilisasi CPU. 

Secara umum, Windows Defender sebenarnya berjalan di latar belakang dan menjalankan pemindaian saat komputer dalam keadaan diam dan tidak digunakan. Namun, tidak menutup kemungkinan program dapat berjalan, misalnya saat komputer mu melakukan pembaruan secara otomatis.

Namun jangan khawatir, semua proses tersebut adalah hal yang normal, karena tujuan dari pemrosesan program adalah untuk memperkuat sistem keamanan komputer.

Antimalware Service Executable bisa dinonaktifkan

Kamu bisa saja menonaktifkan Windows Defender, tetapi sebaiknya jangan. Karena Windows Defender sangat berguna untuk memperkuat sistem keamanan komputer mu. Kecuali kamu memiliki antivirus lain yang terupdate sehingga akan memberatkan komputer mu jika dua program antivirus berjalan secara bersamaan.

Kamu bisa menonaktifkannya dengan cara membuka aplikasi Windows Defender Security kemudian klik Virus & Protection lalu Virus & Threat Protection Settings. Setelah itu disable Real-time protection dengan membuatnya menjadi Off.

Cara tersebut akan membuat Windows Defender nonaktif untuk sementara waktu. Jika komputer tidak terdeteksi menginstall atau melakukan pembaruan pada antivirus, maka program tersebut akan kembali aktif secara otomatis.

Cara Menonaktifkan Antimalware Service Executable

Salah satu cara mengatasi Antimalware Service Executable memakan RAM adalah dengan menonaktifkannya. Caranya ialah sebagai berikut.

Cara 1. Gunakan aplikasi “Proses Hacker”

Buka https://processhacker.sourceforge.io/downloads.php untuk mendownload aplikasi proses Hacker, setelah itu install aplikasi.

Jika aplikasi sudah terinstal, ketik MSMP pada kolom search, maka akan muncul proses MsMpEng.exe, lalu klik kanan dan pilih Terminate.

Cara 2. Tambahkan Antimalware Service Executable pada list Windows Defender

Buka Windows Security, lalu klik Virus & threat protection. Scroll dan cari menu Exclusion, setelah itu pilih Add or remove exclusion

Klik Add an Exclusion, ketik MsMpEng.exe (merupakan nama executable dari Antimalware Service Executable) pada kolom Enter process name lalu klik Add.

Cara 3. Atur kembali Windows Defender schedule

Tekan tombol Windows pada keyboard mu, lalu ketik Task Schedule. Klik dua kali pada Task Scheduler Library, pilih Microsoft lalu klik Windows, cari Folder Windows Defender dan klik dua kali.

Setelah muncul halaman seperti di bawah, hapus centang di opsi “Run with highest privileges” klik OK, kemudian tutup semua jendela dan restart.

Cara 4. Jika akibat dari aplikasi pihak ketiga

Biasanya ada kasus tertentu saat pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga misalnya OneDrive atau saat bermain games. Kamu dapat mengatasinya dengan klik kanan taskbar dan pilih task manager, temukan aplikasi pihak ketiga tersebut misal onedrive.exe.

Selanjutnya kamu tinggal mengikuti langkah pada Cara 2. Namun kamu harus mengganti MsMpEng.exe menjadi aplikasi pihak ketiga tersebut.

 

Itu dia Sob penjelasan mengenai apa itu Antimalware Service Executable dan bagaimana cara mematikannya agar tidak memakan banyak RAM. Nah, sekarang kamu sudah memahaminya bukan? Yuk jangan lupa simak tips dan tutorial lebih lengkap di Jagoan Hosting!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 5 / 5. Dari total vote 1

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?