Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_REFUSED di Chrome

Sultan Geraldo
Follow me on
Latest posts by Sultan Geraldo (see all)

ERR_CONNECTION_REFUSED adalah kesalahan yang muncul apabila koneksi pada browser ditolak oleh server.  Error ERR_CONNECTION_REFUSED ini biasanya ditandai dengan pesan bertuliskan “This site can’t be reached” pada layar device kamu. Pernah mengalaminya, kan?

Nah, ada beberapa faktor yang menyebabkan kesalahan ini terjadi, namun faktor utamanya karena penolakan server. Lalu bagaimana cara mengatasi ERR_CONNECTION_REFUSED pada Windows? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_REFUSED di Chrome

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai solusi error ERR_CONNECTION_REFUSED di Chrome mu.

Cara 1. Memeriksa Apakah Web sedang Up atau Down

Lakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap website atau domain yang ingin dibuka, apakah dalam keadaan live atau down. Bisa jadi error ERR_CONNECTION_REFUSED muncul karena situsnya sedang down, bukan karena masalah pada browser atau koneksi mu.

Kamu bisa menggunakan aplikasi web bernama Down for everyone or just me untuk membantumu memeriksa sebuah situs live atau down. Aplikasi ini bisa diakses di https://downforeveryoneorjustme.com/

Setelah itu akan keluar hasilnya seperti ini:

  • YouTube Status
  • Is YouTube down right now?
  • It’s just you. youtube.com is up

Jika hasilnya youtube.com is up, artinya tidak ada masalah pada situs tersebut, Sob. Jadi bisa kita simpulkan kalau masalahnya ada pada kita. Maka lanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara 2. Memperbarui DHCP dan IP Windows

Lakukan pembaharuan IP dan DHCP pada komputer mu dengan cara:

  • Buka command prompt dengan akses administrator
  • Ketik perintah: ipconfig/renew
  • Tekan enter

Saat proses pembaruan IP dan DHCP berlangsung, koneksi internetmu akan terputus sementara, setelah itu akan terhubung kembali secara otomatis. Jika koneksi internetmu sudah terhubung kembali, buka lagi Google Chrome dan akses domain yang tidak bisa dibuka tadi. Kali ini kamu sudah menggunakan IP baru.

Cara 3. Flush DNS Resolver Cache

Sistem operasi biasanya melakukan caching terhadap IP address dan DNS untuk mempercepat akses ke hostname yang diakses sebelumnya. Oleh karena itu, cache lama pada sebuah host menyebabkan komputer berhenti berkomunikasi dengan host setiap kali IP atau DNS berubah.

Ini biasanya terjadi ketika situs web dipindahkan ke hosting baru. Browser Google Chrome akan terus meminta alamat IP dari host lama, yang mengakibatkan kesalahan ERR_CONNECTION_REFUSED.

Untuk mengatasinya, kamu harus terlebih dahulu mengosongkan cache lama agar browser dapat berkomunikasi dengan alamat yang benar. Untungnya Windows memiliki fitur bernama Flush DNS. Berikut cara menggunakannya:

  • Buka command prompt dengan akses administrator
  • Ketik perintah berikut: ipconfig /flushdns
  • Tekan enter
  • Tunggu sebentar
  • Jika berhasil maka akan muncul pesan Successfully flushed the DNS Resolver Cache

Cara 4. Reset Modem atau WiFi Router

Saat bertemu dengan error ERR_CONNECTION_REFUSED di Google Chrome, coba reset modem yang kamu gunakan, atau jika menggunakan WiFi hotspot, coba reset routernya. Silakan reset modem sesuai dengan jenis yang digunakan.

Jika menggunakan WiFi router, kamu bisa meresetnya dengan cara:

  • Matikan router dengan tekan tombol power, tahan selama 10 detik, setelah itu lepas
  • Tunggu hingga 10 detik
  • Lalu hidupkan lagi
  • Setelah me-reset modem atau router, coba buka kembali Google Chrome dan akses domain yang tadi error

Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_REFUSED di FileZilla

Setelah mempelajari beberapa cara mengatasi ERR_CONNECTION_REFUSED di Chrome, sekarang kita akan mempelajari cara mengatasi ERR_CONNECTION_REFUSED pada FileZilla.

Cara 1. Mengganti Port FTP dari 21 ke 22

Connection refused pada ERR_CONNECTION_REFUSED artinya ada masalah dengan koneksi yang ditolak. Hal ini mungkin karena menggunakan port yang salah saat menghubungkan ke server menggunakan FileZilla.

Jika server membutuhkan atau menggunakan SFTP sebagai syarat koneksi, kamu perlu mengubah port FTP dari 21 ke port 22. Untuk mengubahnya, tulis saja port 22 sebelum membuat koneksi.

Cara 2. Menonaktifkan Antivirus dan Firewall

Salah satu penyebab error ERR_CONNECTION_REFUSED adalah karena firewall dan antivirus yang aktif pada komputer mencegah FileZilla untuk membuat koneksi. Oleh karena itu, nonaktifkan sementara firewall dan antivirus di komputer kamu.

Berikut cara yang bisa dilakukan pada Windows:

  • Tekan tombol Windows di keyboard mu, lalu ketik Control Panel
  • Klik System and Security lalu cari Windows Defender Firewall

  • Pada bagian kiri, klik Turn Windows Defender Firewall on or off

  • Klik Turn off Windows Firewall pada lokasi public dan private

Selanjutnya cara menonaktifkan firewall pada Mac antara lain:

  • Klik menu Apple pada bagian alat kiri atas, kemudian pilih System Preferences
  • Klik Security & Privacy

  • Pilih menu Firewall, lalu klik Turn Off Firewall

Untuk menonaktifkan antivirus, kamu bisa menggunakan cara-cara yang biasa digunakan sesuai dengan antivirus mu.

Cara 3. Menggunakan FTP Hostname

Error ERR_CONNECTION_REFUSED bisa terjadi karena salah menulis hostname. Kamu dapat mengubah hostname dengan menambahkan ftp. sebelum hostname FTP sehingga koneksi bisa tersambung.

Misalnya alamat domain mu adalah websitecontoh.com. Maka tambahkan ftp. Sebelum itu, sehingga menjadi ftp.websitecontoh.com.

Cara 4. Melihat Berapa Jumlah User dalam Satu Koneksi

Jika error ERR_CONNECTION_REFUSED belum dapat diatasi dengan 3 metode sebelumnya, kamu bisa mencoba untuk memeriksa jumlah pengguna yang saat ini menggunakan koneksi dan memutuskan koneksi. Namun, untuk mengikuti metode ini, kamu perlu memastikan bahwa layanan hosting mu mendukung fitur FTP Connection

Server FTP membatasi jumlah pengguna aktif secara bersamaan. Jika penggunaan koneksi penuh, pengguna baru tidak akan dapat terhubung dan akan menerima pesan error. 

Dalam hal ini, pengguna baru harus menunggu pengguna lain untuk keluar dari koneksi. Ini dilakukan guna mencegah penggunaan sumber daya yang berlebihan (biasanya terjadi pada shared hosting).

Kamu bisa melakukan pemeriksaan berapa banyak pengguna yang saat ini terhubung melalui cPanel. Login ke cPanel dan buka FTP connections. Fitur FTP connections memungkinkan mu untuk melihat berapa banyak pengguna yang menggunakan koneksi FTP sama. Kamu juga dapat memutuskan koneksinya melalui halaman tersebut.

Cara 5. Merubah Setting FileZilla Network Configuration Wizard

Lakukan edit konfigurasi  jaringan FileZilla untuk memperbaiki masalah ERR_CONNECTION_REFUSED yang disebabkan oleh kesalahan server. Akses Network Configuration Manager dengan cara berikut:

  • Buka FileZilla lalu pada menu bar klik Edit, pilih Network configuration wizard

  • Klik Next pada halaman Firewall and router configuration wizard

  • Pilih Passive (recommended) sebagai mode transfer default, kemudian centang Allow fallback to another transfer mode on failure, klik Next untuk melanjutkan

  • Pilih Use the server’s external IP address instead, lalu klik Next

Setelah itu, pada jendela konfigurasi External IP address. Pilih Get external IP address from the following URL:

Jika kolom tidak ada isinya, masukkan nilai defaultnya yaitu http://ip.filezilla-project.org/ip.php

  • Untuk memastikan semua konfigurasi berjalan dengan lancar, kamu bisa klik Test.

FileZilla akan mencoba terhubung ke probe.filezillaproject.org dan menjalankan beberapa tes sederhana. Jika kamu tidak mendapatkan error selama tes berlangsung, coba sambungkan kembali ke hosting mu. Seharusnya koneksi mu sudah terhubung dengan baik.

Namun, jika kamu masih mendapatkan ERR_CONNECTION_REFUSED, kamu bisa menghubungi Customer Support layanan hosting mu guna mendapat petunjuk pemecahan masalah.

 

Nah, Sob itu dia penjelasan dari Jagoan Hosting mengenai cara memperbaiki ERR_CONNECTION_REFUSED pada Chrome atau FileZilla. Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi, kan? 

Beberapa kesalahan pada browser bisa terjadi karena koneksi yang buruk dari provider. Nah, berbicara mengenai provider, serahkan saja semuanya kepada Jagoan Hosting, Sob! Didukung dengan adanya infrastruktur terbaik, kamu bisa mendapatkan layanannya hanya mulai Rp9.000 saja perbulan. Cek di sini ya!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 1 / 5. Dari total vote 1

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?