Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Halo Sob! Tentu kamu seringkali dengar kan bahwa saat ini banyak kasus peretasan pada sebuah website oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Nah bagi kamu para pemilik website pastinya tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan? 

Oleh karena itu, kamu harus memberikan keamanan pada website sebaik mungkin. Bagaimana caranya? Salah satunya kamu bisa menggunakan ModSecurity di cPanel hosting kamu. Langsung saja simak manfaat dan cara menggunakannya di bawah ini!

Prasyarat

  1. Memiliki akses ke member area dan cPanel.
  2. Sudah memiliki domain aktif yang akan menggunakan ModSecurity.

Manfaat ModSecurity

ModSecurity merupakan salah satu firewall khusus bagi Apache dan Nginx, yang sifatnya open source. Dengan menggunakan ModSecurity nantinya akan mendeteksi dan mencegah apabila terdapat serangan terhadap website.

Cara Menggunakan ModSecurity

Jangan khawatir Sob, bagi kamu yang ingin menggunakan ModSecurity biasanya sudah secara otomatis tersedia di cPanel. Oleh karena itu kamu hanya perlu mengikuti langkah - langkahnya berikut ini. 

Langkah 1, Menemukan ModSecurity

Langkah pertama adalah menemukan ModSecurity nya. Caranya masuk ke member area hosting kamu dan login ke cPanel. Selanjutnya cari menu bernama Security, dan pilih ModSecurity. 

Langkah 2, Mengaktifkan ModSecurity

Setelah menemukannya, buka pada ModSecurity tersebut. Nantinya akan tampil seperti gambar di bawah ini. Di halaman tersebut terdapat beberapa domain dan subdomain milik kamu Sob. Sekarang kamu tinggal pilih mana yang akan kamu aktifkan dengan ModSecurity. Caranya dengan memilih button On di bagian kanan.

Jika sudah berhasil diaktifkan, di bagian kanan atas layar akan muncul pesan seperti berikut.

Langkah 3, Menonaktifkan ModSecurity

Selain dapat diaktifkan, kamu juga bisa menonaktifkannya loh Sob. Caranya mudah sekali, pilih domain atau subdomain yang akan kamu matikan lalu pilih button Off di bagian kanan.

Apabila sudah berhasil dinonaktifkan, nanti akan muncul pesan seperti di bawah ini.

Mengaktifkan dan Menonaktifkan ModSecurity Untuk Semua Domain

Jika di langkah sebelumnya kamu melakukan hanya untuk satu domain atau subdomain, kali ini kamu juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkannya sekaligus Sob.

Mengaktifkan ModSecurity Semua Domain

Pada bagian atas layar cari tulisan Configure All Domains, yang dibawahnya terdapat button Enabled, dan klik pada button tersebut. Jika berhasil, maka ModSecurity akan aktif di semua domain kamu.

Menonaktifkan ModSecurity Semua Domain

Jika untuk mengaktifkan memilih button Enabled, maka untuk menonaktifkan kamu bisa memilih button Disabled seperti di bawah ini. Setelahnya semua domain kamu akan ternonaktifkan ModSecurity nya.

Penutup

Itu dia Sob, cara menggunakan firewall ModSecurity lewat cPanel untuk keamanan website kamu. Mudah banget kan, tidak perlu instalasi atau apapun itu kamu sudah bisa langsung memakainya. Selamat mencoba Sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 2 / 5. Dari total vote 1

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?