Cari tutorial

Tutorial Mengatasi Laporan Malware pada Account Hosting Anda

Halo Sob! Jadi member Jagoan Hosting dan menggunakan jasa Jagoan Hosting untuk website Kamu, nantinya akan juga berpotensi untuk diserang malware terutama kalau misalkan website Kamu sudah mulai ramai nih.

Nah setelah Kamu menerima email berisi informasi bahwa di dalam akun shared hosting Kamu terdapat malware dengan informasi list malware yang ada di dalam informasi tersebut. Kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk melakukan pembersihan terkait malware dan mengatasi laporan malware tersebut.

Berikut adalah Tutorial mengatasi laporan malware pada account hosting Kamu:


STEP 1. Login ke cpanel lewat namadomainkamu/Cpanel ataupun lewat member area.


STEP 2. Masuk ke file manager.


STEP 3. Cari file malware yang informasi letak file malware terdapat pada email notice yang Anda terima.

mengatasi laporan malware

Letak malware

mengatasi laporan malware

Lokasi folder dari malware


STEP 4. Pastikan dahulu isi file tersebut dengan cara klik view pada malware terkait, sebab pada beberapa kasus ada beberapa malware yang menyusup di dalam file script web jadi dalam 1 file terdapat 2 script yakni script web dan script malware.

Ciri-ciri umum pada file malware ini biasanya menggunakan script yang terenkripsi “base64 encryption” yang dalam istilah sederhana berisi kata / huruf yang acak sehingga format script seperti menggunakan bahasa yang aneh, berikut contoh isi dari file malware.

mengatasi laporan malware

Tampilan script yang 'random' dan tak bisa dibaca


Setelah yakni bahwa tidak ada file konten web di dalamnya, maka hapus file malware tersebut dengan cara klik delete di file manager dengan mencentang opsi “Skip the trash and permanently delete the files” supaya file di delete secara permanen.

Nah, Kalau masih kesulitan Kamu bisa hubungi teman-teman Jagoan Hosting untuk informasi lewat Live Chat dan Open Ticket. Yuk Ah!

Kamu wajib baca artikel ini juga Sob!

Leave a Comment





Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!